Biar Fit, Perlukah Minum Suplemen Saat Puasa?

Biar Fit, Perlukah Minum Suplemen Saat Puasa?

Halodoc, Jakarta – Bagi orang yang menjalankan ibadah puasa, mereka mengalami perubahan waktu makan. Sepanjang hari, yang menjalankan puasa tidak mengonsumsi minuman dan makanan. Jika kamu tidak mengonsumsi makanan sahur dengan baik, kamu berpotensi untuk mengalami kekurangan nutrisi. Lalu apakah selama menjalani ibadah puasa, seseorang perlu mengonsumsi suplemen agar kesehatan tubuh tetap terjaga?

Baca Juga: Ini Panduan Berpuasa Bagi Pengidap Maag

Konsumsi suplemen diperlukan oleh orang-orang yang membutuhkan nutrisi serta gizi lebih untuk kesehatannya seperti ibu hamil, wanita menyusui, anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan orang yang berada pada pola makan tertentu.

Namun, dalam keadaan berpuasa, asupan tambahan atau suplemen diperlukan sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu memerhatikan kandungan nutrisi dan gizi dari makanan yang kamu konsumsi ketika berbuka dan sahur sepertinya kamu tidak memerlukan untuk konsumsi suplemen ketika berpuasa.

Tidak ada salahnya untuk berdiskusi pada dokter gizi mengenai asupan nutrisi dan gizi yang kamu konsumsi selama berpuasa. Suplemen dapat membantu tubuh menjalankan fungsinya dengan baik. Selain itu, suplemen dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan mental.

Baca juga: Tips Memenuhi Nutrisi Saat Berpuasa bagi Ibu Hamil

Perhatikan beberapa hal ini jika kamu tetap ingin mengonsumsi suplemen ketika menjalani ibadah puasa:

1. Efektivitas. Perhatikan seberapa efektivitas suplemen ini bekerja pada tubuh kamu.

2. Kualitas Suplemen. Perhatikan kualitas dari suplemen yang dikonsumsi. Hal ini diperlukan untuk menjamin bahan-bahan yang digunakan sebagai bahan dasar suplemen adalah bahan alami dan baik untuk kesehatan kamu.

3. Efek Samping. Tidak ada salahnya untuk mengetahui efek samping yang akan terjadi ketika kamu mengonsumsi suplemen untuk asupan tambahan nutrisi dan gizi. Banyak suplemen yang menyebabkan efek samping atau berbahaya ketika kamu tidak memerhatikan aturan konsumsi.

Tidak Perlu Suplemen, Ini Cara Pemenuhan Gizi ketika Puasa

Kamu bisa melakukan cara ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi selama bulan puasa tanpa suplemen, yaitu sebagai berikut:

1. Konsumsi 4 Sehat 5 Sempurna

Pola makan 4 sehat 5 sempurna meliputi kelima unsur nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin dan gizi. Pastikan lima unsur nutrisi ini ada di dalam menu berbuka atau sahur.

2. Mengonsumsi Makanan Kaya Nutrisi

Penuhi asupan nutrisi kamu dengan mengonsumsi daging, buah, dan sayur-sayuran. Selain tidak memiliki efek samping, konsumsi makanan sehat ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Makan dalam Porsi yang Sesuai saat Sahur atau Berbuka

Sebaiknya perhatikan porsi makan kamu. Jangan lupa untuk makan dengan porsi yang sesuai. Sebaiknya jangan makan terlalu sedikit atau terlalu banyak. Kondisi ini dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman pada perut.

4. Minum Air Putih yang Cukup

Perhatikan kebutuhan cairan dalam tubuh. Penuhi asupan cairan tubuh dengan konsumsi air putih 8 gelas sehari. Caranya, konsumsi air 3 pada saat berbuka, 2 gelas sebelum tidur dan 3 gelas saat sahur. Kamu juga bisa menambahkan asupan cairan dengan mengonsumsi makanan berkuah atau mengonsumsi buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi.

Memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi ketika puasa nyatanya bisa membantu untuk menjaga kesehatan tubuh kamu. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kebutuhan gizi dan nutrisi selama puasa. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Jumlah Kebutuhan Zat Gizi yang Dibutuhkan oleh Tubuh Manusia