Terapi Pijat Refleksi Jaringan Saraf di Telapak Kaki

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 Oktober 2021
Terapi Pijat Refleksi Jaringan Saraf di Telapak KakiTerapi Pijat Refleksi Jaringan Saraf di Telapak Kaki

“Pijat refleksi jaringan saraf pada kaki memang banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Sebut saja membantu mengurangi pegal dan meringankan nyeri. Meski begitu, tetap ada kondisi yang sebaiknya tidak melakukan refleksi pada kaki, misalnya untuk pengidap asam urat.”

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu memberikan sedikit waktu untuk memperhatikan kesehatan kakimu? Bukan, bukan adanya masalah kesehatan pada anggota gerak tubuh, tetapi lebih mengarah pada perannya dalam mengurangi rasa sakit pada bagian tubuh lainnya? 

Ujung saraf di kaki terkait dengan organ dan sistem internal di seluruh tubuh. Merangsang bagian ini melalui refleksologi dapat mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh semua jenis penyakit, termasuk yang spesifik pada kaki dan penyakit di seluruh tubuh.

Pijat refleksi berakar pada tradisi Asia dan diperkenalkan ke Amerika Serikat pada awal 1900-an. Ketika digunakan untuk merawat kaki, itu dapat membantu melepaskan banyak kondisi yang disebabkan oleh jaringan saraf ekstra.

Baca juga: 6 Manfaat Pijat Refleksi bagi Kesehatan

Pijat Refleksi Telapak Kaki

Jaringan ekstra pada kaki dapat menjadi penyebab munculnya cedera atau penyakit kronis. Jadi, melakukan penekanan atau refleksi di atasnya dapat membantu mengurangi rasa sakit, mencegah tubuh mengeluarkan jaringan saraf tambahan, dan meningkatkan sirkulasi di area tersebut.

Kamu perlu tahu bahwa kaki manusia adalah rumah bagi sekitar 7.000 ujung saraf yang semuanya sesuai dengan area tubuh tertentu, termasuk organ dan tulang belakang. Melalui penargetan pada ujung saraf tersebut, ahli refleksologi dapat meningkatkan aliran darah, getah bening, dan saraf ke area tertentu.

Beberapa terapis pijat menggabungkan refleksologi ke dalam praktik mereka, tetapi bukan tidak mungkin mereka akan memberikan perawatan yang jauh lebih luas untuk meningkatkan kesehatan jaringan di seluruh tubuh, daripada hanya berfokus pada jalur saraf.

Baca juga: 5 Titik Tubuh yang Perlu Ditekan saat Sakit Kepala

Zona Pijat Refleksi pada Kaki Kanan dan Kiri

Titik refleksi pada kaki kanan maupun kiri bisa diibaratkan seperti sebuah peta yang menunjukkan gambaran semua organ tubuh. Namun, secara garis besarnya, hanya ada empat zona titik refleksi pada kaki kanan atau kiri, yaitu: 

  1. Kepala

Titik refleksi kaki untuk meringankan sakit kepala bisa ditemukan pada bagian ujung kaki, mulai dari jari-jari kaki hingga menuju ke batas lengkung jari. Kamu hanya perlu memberikan tekanan pada lokasi tersebut untuk membantu meringankan sakit kepala karena meningkatnya peredaran darah menuju ke bagian leher. 

  1. Dada

Titik refleksi untuk organ ini berada pada bagian bawah jari kaki hingga menuju ke bagian tengah telapak kaki. Jika kamu melakukan penekanan yang tepat pada titik yang benar, manfaatnya bisa terasa hingga ke jantung dan paru-paru. 

Baca juga: Apakah Benar Nyeri Otot Dapat Disembuhkan dengan Pijat?

  1. Perut

Sementara itu, titik refleksi pada bagian tengah kaki akan memberikan dampak pada organ yang berada di area perut. Melakukan refleksi pada bagian ini akan memberikan efek pada pankreas, ginjal, dan berbagai organ dalam saluran pencernaan. 

  1. Panggul

Zona terakhir adalah area panggul, yang bisa kamu rasakan dengan memijat pada area tumit. Apabila kamu memiliki masalah pada pinggang atau area yang terdekat, kamu bisa melakukan refleksi pada kaki bagian tumit. 

Namun, tidak ada salahnya juga kamu bertanya pada dokter bagaimana penanganan medis yang bisa dilakukan untuk membantu meredakan gejala dan keluhan yang kamu alami. Agar lebih mudah, kamu bisa download dan pakai aplikasi Halodoc. Kapan saja, kamu bisa chat dengan dokter spesialis dan mendapatkan pengobatan langsung. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

The Durango Herald. Diakses pada 2021. Reflexology unlocks pain relief by treating nerves in the feet.

Healthline. Diakses pada 2021. 3 Massages for Pressure Points on Feet.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan