Terdiagnosis Penyakit Pulpa, Apa yang Perlu Dilakukan?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Maret 2021
Terdiagnosis Penyakit Pulpa, Apa yang Perlu Dilakukan?Terdiagnosis Penyakit Pulpa, Apa yang Perlu Dilakukan?

Halodoc, Jakarta - Penyakit pulpa terjadi ketika ada gangguan pada jaringan pulpa gigi. Jaringan tersebut merupakan desain kompleks dari pembuluh darah dan saraf yang membantu menjaga kesehatan gigi di dalam. Jenis penyakit pulpa secara umum ada tiga, yaitu pulpitis, nekrosis pulpa, dan degenerasi pulpa.

Ketiga penyakit pulpa tersebut tentu tidak bisa dianggap remeh, apalagi diabaikan. Sebab, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Namun, apa yang perlu dilakukan jika didiagnosis penyakit pulpa? Yuk, simak pembahasannya!

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat Bawa Anak ke Dokter Gigi

Ini yang Perlu Dilakukan Jika Didiagnosis Penyakit Pulpa

Pulpitis adalah kondisi peradangan pada pulpa dan jaringan periradikuler yang mengelilingi akar gigi. Kondisi peradangan ini dapat berupa akut atau kronis, dan dengan atau tanpa gejala. Penyebabnya adalah rusaknya lapisan enamel dan dentin pelindung pulpa. 

Saat lapisan tersebut rusak, bakteri dapat masuk dengan mudah dan menyebabkan pembengkakan. Namun, pulpitis tidak hanya disebabkan oleh bakteri, tapi bisa terjadi akibat trauma atau cedera pada gigi atau rahang yang membuka rongga pulpa dan mengakibatkan bakteri masuk.

Beberapa penyebab pulpitis adalah:

  • Infeksi bakteri.
  • Cedera saat operasi gigi dan mulut.
  • Trauma pada gigi, misalnya akibat abrasi gigi atau bruxism.
  • Kecacatan bentuk gigi.
  • Sering mengonsumsi makanan manis, dan terlalu panas atau dingin.
  • Kurang menjaga kebersihan gigi.

Pulpitis yang tidak segera ditangani dapat berkembang menjadi nekrosis pulpa, yaitu kondisi saat jaringan pulpa di dalam gigi mati. Jika sudah berkembang menjadi nekrosis pulpa, artinya kerusakan gigi sudah sangat parah dan tidak bisa ditambal lagi. 

Sementara itu, degenerasi pulpa adalah kondisi yang disebabkan oleh iritasi pada gigi sejak usia muda, yang persisten. Itulah sebabnya degenerasi pulpa biasanya terjadi pada orang dewasa atau lanjut usia. Pada beberapa kasus, degenerasi pulpa bisa berkaitan dengan infeksi atau karies gigi. 

Penyakit pulpa, baik itu pulpitis, nekrosis, atau degenerasi pulpa, perlu perawatan di dokter gigi. Jadi, jika kamu didiagnosis penyakit pulpa, bicarakan dengan dokter gigi lebih lanjut, tentang perawatan yang bisa dilakukan. Jenis perawatan yang bisa diberikan tergantung pada keparahan kondisi.

Baca juga: Jangan Diabaikan, Ini Tanda Harus Segera Periksa Gigi

Beberapa perawatan yang dapat diambil untuk pulpitis adalah:

  • Mengangkat karies yang ada, meletakkan pelindung pulpa yang cocok, dan restorasi permanen.
  • Untuk pulpitis yang parah, biasanya diperlukan perawatan saluran akar atau operasi cabut gigi.

Pada kasus nekrosis pulpa, perawatan saluran akar juga bisa dilakukan. Perawatan lainnya bisa berupa penghapusan pulpa atau penggantian gigi. Sementara itu, untuk degenerasi pulpa, perawatan yang dapat diberikan akan tergantung pada kondisi yang dialami, berdasarkan pengamatan dokter.

Jadi, jika kamu mengalami masalah gigi, atau merasa mengalami gejala penyakit pulpa, sebaiknya periksakan diri ke dokter gigi. Agar lebih mudah, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter gigi di rumah sakit

Baca juga: Begini Cara Jaga Kesehatan Mulut dan Gigi Si Kecil

Bisakah Penyakit Pulpa Dicegah?

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit pulpa seperti pulpitis, nekrosis, atau degenerasi, yaitu:

  • Merawat dan menjaga kebersihan gigi dan mulut. 
  • Kurangi konsumsi makanan atau minuman manis yang bisa merusak gigi.
  • Hindari konsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin.
  • Jangan menyikat gigi terlalu keras.
  • Hindari kebiasaan menggemeretakkan, menggesek, atau mengerat gigi, untuk mencegah iritasi atau cedera pada gigi.

Selain itu, penting juga untuk rutin memeriksakan diri ke dokter gigi, setidaknya dua kali dalam setahun. Dengan begitu, berbagai masalah gigi dan mulut bisa terdeteksi sedini mungkin, dan bisa dilakukan tindakan pencegahan agar masalah tersebut tidak semakin parah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What You Need to Know About Your Tooth Pulp.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What to Know About Pulpitis.
Dental Health Society. Diakses pada 2021. Dental Pulp Necrosis.
Healthline. Diakses pada 2021. Pulp Necrosis.
Dictio. Diakses pada 2021. Apa yang Dimaksud dengan Degenerasi Pulpa?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan