• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Terlalu Lama Duduk Bisa Sebabkan Nyeri Punggung

Terlalu Lama Duduk Bisa Sebabkan Nyeri Punggung

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat masa pandemi akibat virus corona ini, banyak orang yang harus bekerja dari rumah atau work from home. Setiap hari, waktu banyak dihabiskan dengan selalu bersiap di depan laptop. Pada saat bersamaan, tubuh kamu lebih banyak dalam posisi duduk selama berjam-jam yang dapat menyebabkan nyeri punggung.

Maka dari itu, kamu harus tahu apa hal yang menyebabkan seseorang dapat merasakan nyeri punggung karena duduk terlalu lama. Selain itu, alangkah lebih baik lagi jika mengetahui posisi duduk yang baik agar nyeri punggung dapat dihindari. Untuk mengetahui lebih jelasnya terkait hal tersebut, simak pembahasannya berikut!

Baca juga: 7 Kebiasaan Pemicu Nyeri Punggung Bawah

Nyeri Punggung Akibat Terlalu Lama Duduk

Penyebab paling umum dari nyeri punggung bagian bawah adalah stres pada postur tubuh. Gangguan ini sering disebabkan oleh posisi tidur yang salah, membungkuk terlalu lama, mengangkat beban yang berat, hingga berdiri dengan posisi yang buruk. Meski begitu, tekanan pada punggung dapat mencapai 90 persen saat seseorang dalam posisi duduk. Terlebih lagi jika kamu duduk dalam waktu yang lama.

Saat seseorang duduk, bukan hanya punggung saja yang terbebani, tetapi juga leher dan tulang belakang. Terlebih lagi jika seseorang duduk dengan posisi yang salah, ketegangan dan ketidakseimbangan pada punggung dan leher dapat terjadi. Hal ini dapat terjadi saat kamu duduk terlalu lama di tempat kerja, di dalam mobil, dan bahkan di rumah.

Saat seseorang duduk dalam waktu yang lama, fleksor pinggul berada dalam posisi yang lebih pendek. Hal tersebut dapat mencegah glute untuk aktif dan menyebabkan paha belakang terlalu banyak mendapat beban. Sehingga, seseorang dapat mengalami kemiringan panggul anterior yang dapat menyebabkan nyeri punggung bawah, mekanika gerakan yang buruk, hingga penghambatan timbal balik.

Jika kamu mempunyai keluhan lainnya tentang nyeri punggung, dokter dari Halodoc dapat membantumu. Hal yang dapat kamu lakukan cukup dengan download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari. 

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Penyebab Sakit Punggung dan Tips Mengatasinya

Posisi Duduk yang Meningkatkan Risiko Nyeri Punggung

Salah satu faktor yang biasanya kurang diperhatikan oleh orang saat terlalu lama duduk adalah ergonomi yang buruk. Arti dari ergonomi sendiri adalah interaksi antara tubuh dengan lingkungan kerja. Ergonomi yang buruk meningkatkan risiko peregangan pada punggung dan cedera muskuloskeletal lainnya. Maka dari itu, ketahui beberapa posisi duduk yang harus dihindari:

  1. Posisi Tubuh dari Punggung ke Bawah Condong ke Depan

Postur duduk seperti ini dapat memberikan banyak tekanan pada punggung bagian bawah. Ketika terlalu banyak tekanan yang terjadi, cakram intervertebralis yang merupakan bagian tulang belakang untuk bantalan terganggu. Akhirnya, rasa sakit dapat muncul karena gangguan tersebut.

  1. Posisi Kepala Maju

Setiap posisi kepala yang salah akan menyebabkan ketegangan pada otot-otot yang menopang leher dan punggung bagian atas. Semakin jauh kamu mencondongkan kepala ke depan dan terlebih lagi dalam waktu yang lama, bagian leher dan punggung semakin kuat mempertahankan posisi tersebut. Pada akhirnya, rasa nyeri punggung dapat terjadi karena terlalu lama menopang posisi kepala yang maju.

  1. Terlalu Condong ke Depan

Saat posisi tubuh terlalu condong ke depan, tulang belakang tidak mendapatkan dukungan dari tubuh. Posisi ini dapat menyebabkan ketegangan otot dalam jangka panjang. Akhirnya, nyeri punggung dapat terasa jika posisinya tidak berubah.

Baca juga: Awas, Ini Penyebab dan Jenis Sakit Punggung yang Perlu Diketahui

Itulah pembahasan lebih lengkap terkait posisi duduk yang terlalu lama dapat menyebabkan nyeri punggung. Seseorang yang duduk tanpa berubah posisi atau berdiri sejenak membuat tulang-tulang menjadi kaku dan nyeri dapat timbul. Selain itu, kesibukan yang terjadi juga dapat membuat lupa untuk mengonsumsi air putih yang dapat meredam rasa nyeri mungkin timbul.

Referensi:
Start Standing. Diakses pada 2020. How Sitting Causes Back Pain.
Easy Posture Brands. Diakses pada 2020. Lower Back Pain When Sitting - Here Are 7 Bad Habits to Avoid.