Termasuk Penyebab Artritis Gout, Apa Itu Uric Acid?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 Desember 2020
Termasuk Penyebab Artritis Gout, Apa Itu Uric Acid?Termasuk Penyebab Artritis Gout, Apa Itu Uric Acid?

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu, setiap kali kamu mengonsumsi suatu makanan, tubuh menyerap kandungan yang baik, seperti protein dan vitamin, lalu membuang limbahnya. Nah, salah satu produk limbah tersebut adalah asam urat atau uric acid.

Uric acid terbentuk saat tubuh kamu memecah purin, yang terkandung dalam beberapa makanan, tapi juga bisa muncul saat sel mati dan terurai. Sebagian besar uric acid keluar dari tubuh melalui urine, dan sebagian lagi melalui feses. Namun, bila kamu memiliki kadar uric acid yang tinggi, hal itu bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, termasuk artritis gout atau penyakit asam urat. Berikut ulasannya.

Penyebab Kadar Uric Acid Tinggi dalam Tubuh

Kadar uric acid yang tinggi, atau hiperurisemia adalah kelebihan asam urat dalam darah. Kondisi tersebut sering saat terjadi ketika ginjal kamu tidak membuang asam urat secara efisien. 

Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab pembuangan asam urat tersebut terganggu, antara lain mengonsumsi makanan yang kaya lemak, minyak, dan gula, memiliki berat badan berlebih, mengidap diabetes, dan minum obat diuretik tertentu, serta mengonsumsi alkohol terlalu banyak.

Sementara penyebab lainnya yang kurang umum adalah mengonsumsi banyak makanan yang mengandung purin atau tubuh terlalu banyak memproduksi asam urat. Berikut ini faktor yang bisa meningkatkan kadar asam urat atau uric acid menjadi tinggi:

  • Obat diuretik (penghilang retensi air).
  • Minum terlalu banyak alkohol.
  • Genetik.
  • Hipotiroidisme (tiroid yang kurang aktif).
  • Obat penekan sistem imun.
  • Niacin atau vitamin B3.
  • Obesitas.
  • Psoriasis.
  • Mengonsumsi makanan tinggi purin, seperti hati, daging buruan, teri, sarden, saus, kacang dan kacang polong kering, jamur, dan lain-lain.
  • Insufisiensi ginjal (ketidakmampuan ginjal untuk menyaring limbah).
  • Sindrom lisis tumor (pelepasan sel ke dalam darah yang cepat yang disebabkan oleh kanker tertentu atau kemoterapi untuk kanker tersebut).

Bagaimana Uric Acid Menyebabkan Penyakit Asam Urat?

Secara umum, kadar asam urat atau uric acid bisa dikatakan tinggi bila lebih dari 6 mg/dL untuk wanita, dan lebih dari 7 mg/dL untuk pria. Kadar asam urat yang tinggi bisa menjadi pertanda banyak kondisi, termasuk penyakit asam urat. 

Penyakit asam urat adalah bentuk arthritis ketika kristal dari asam urat terbentuk di persendian dan menyebabkan rasa sakit yang hebat. Ketika mengidap penyakit tersebut, kamu bisa merasakan rasa sakitnya di pergelangan kaki, kaki, tangan, lutut, dan pergelangan tangan. Penyakit tersebut bisa menyebabkan area tubuh yang terpengaruh membengkak, memerah, dan terasa tidak nyaman, serta bisa membatasi ruang gerak kamu.

Baca juga: Ketahui Tahapan Penyakit Asam Urat yang Perlu Diwaspadai

Kapan Harus ke Dokter?

Memiliki kadar asam urat yang tinggi sebenarnya bukanlah penyakit atau kondisi yang perlu dirawat bila tidak menimbulkan gejala. Namun, hal itu bisa menjadi pertanda penyakit asam urat.

Bila kamu mengalami gejala penyakit asam urat, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk memastikan diagnosis dan mendapatkan pengobatan yang tepat. Sekarang, kamu bisa berobat ke dokter tanpa perlu antre dengan buat janji melalui aplikasi Halodoc, lho.

Baca juga: Jangan Diamkan, Ini 5 Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati

Agar bisa terhindar dari penyakit asam urat yang menyakitkan, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan:

  • Menurunkan berat badan bila memiliki berat badan berlebih.
  • Perhatikan jenis makanan yang kamu konsumsi. Batasi asupan sirup jagung, fruktosa, jeroan, daging merah, ikan dan minuman beralkohol.

Baca juga: Adakah Obat Alami untuk Mengatasi Penyakit Asam Urat?

Itulah penjelasan mengenai uric acid yang bisa menjadi pertanda penyakit asam urat. Jangan lupa download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. High uric acid level.
WebMD. Diakses pada 2020. What is a Uric Acid Blood Test?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. High Uric Acid Level


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan