• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tertawa Baik untuk Kesehatan? Ini Faktanya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tertawa Baik untuk Kesehatan? Ini Faktanya

Tertawa Baik untuk Kesehatan? Ini Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani : 27 November 2020
Tertawa Baik untuk Kesehatan? Ini FaktanyaTertawa Baik untuk Kesehatan? Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta - Kenyataannya, tertawa memang merupakan obat yang paling mujarab. Ia bekerja dengan cara memicu perubahan fisik dan emosional yang sehat dalam tubuh. Tertawa jelas mampu memperkuat sistem kekebalan, meningkatkan suasana hati, mengurangi rasa sakit, dan melindungimu dari efek stres yang merusak.

Tidak ada yang bekerja lebih cepat atau lebih untuk mengembalikan keseimbangan pikiran dan tubuh selain tertawa. Humor akan meringankan beban, menghubungkanmu dengan orang lain, membuatmu tetap membumi, dan selalu fokus. Ini juga membantu kamu melepaskan amarah dan memaafkan lebih cepat.

Anak-anak atau remaja mungkin biasa tertawa ratusan kali sehari, tetapi sebagai orang dewasa, hidup cenderung lebih serius dan lebih jarang tertawa. Padahal, kamu bisa mencari lebih banyak kesempatan untuk tertawa demi meningkatkan kesehatan emosional. Ingat, tertawa juga cara terbaik untuk memperkuat hubungan, dan ia bahkan bisa membuat kamu lebih panjang umur. 

Baca juga: Tertawa Bisa Bantu Atasi Cemas karena Corona, Ini Faktanya

Manfaat Tertawa untuk Kesehatan

Berikut adalah manfaat tertawa untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui:

Manfaat Tertawa untuk Jangka Pendek

Tertawa memiliki efek jangka pendek yang baik. Ketika kamu mulai tertawa, itu tidak hanya meringankan beban secara mental, tetapi juga menyebabkan perubahan fisik dalam tubuh. Manfaatnya antara lain: 

  • Merangsang Banyak Organ. Tertawa meningkatkan asupan udara kaya oksigen, menstimulasi jantung, paru-paru, dan otot, serta meningkatkan endorfin yang dilepaskan oleh otak.
  • Mengaktifkan dan Menghilangkan Respon Stres. Tawa yang menggelikan muncul dan kemudian mendinginkan respons stres, dan itu dapat meningkatkan dan kemudian menurunkan detak jantung dan tekanan darah. Alhasil, kamu akan merasakan perasaan yang baik dan santai.
  • Meredakan Ketegangan. Tertawa juga dapat merangsang sirkulasi dan membantu relaksasi otot, yang keduanya dapat membantu mengurangi beberapa gejala fisik stres.

Manfaat Tertawa Jangka Panjang

Tertawa juga sangat baik untuk jangka panjang, misalnya: 

  • Meningkatkan Sistem Imun. Pikiran negatif terwujud dalam reaksi kimia yang dapat memengaruhi tubuh dengan membawa lebih banyak stres ke dalam sistem tubuh dan menurunkan kekebalan. Sebaliknya, pikiran positif sebenarnya dapat melepaskan neuropeptida yang membantu melawan stres dan penyakit yang berpotensi lebih serius.
  • Meredakan Nyeri. Tertawa dapat meredakan rasa sakit dengan menyebabkan tubuh memproduksi obat penghilang rasa sakit alami sendiri.
  • Meningkatkan Kepuasan Pribadi. Tertawa juga dapat membuat kamu lebih mudah menghadapi situasi sulit. Ini juga membantu kamu terhubung dengan orang lain.
  • Meningkatkan Suasana Hati. Banyak orang mengalami depresi, terkadang karena penyakit kronis. Dengan banyak tertawa, ini akan dapat membantu mengurangi depresi dan kecemasan serta membuatnya merasa lebih bahagia.

Baca juga: Yang Terjadi pada Otak saat Tertawa

Cara Supaya Lebih Banyak Tertawa

Tertawa adalah bagian alami dari kehidupan, misalnya bayi mulai tersenyum selama minggu-minggu pertama kehidupan dan tertawa terbahak-bahak dalam beberapa bulan setelah dilahirkan. Jika kamu tidak tumbuh dalam keluarga yang biasa mendengar tawa, kamu juga bahkan dapat belajar tertawa di semua tahap kehidupan.

Mulailah dengan menyisihkan waktu khusus untuk mencari humor. Masukkan humor dan tawa ke dalam jalinan hidup dan kamu akan mendapatkan banyak manfaatnya. 

Berikut beberapa cara untuk bisa lebih banyak tertawa: 

  • Tersenyum. Tersenyum adalah awal dari tawa, dan seperti tawa senyum juga menular. Saat kamu melihat seseorang atau melihat sesuatu yang sedikit menyenangkan, berlatihlah tersenyum. Alih-alih melihat ponsel, lihat dan tersenyumlah pada orang yang kamu lewati di jalan, orang yang menyajikan makanan di restoran, atau rekan kerja yang berbagi lift denganmu. Selain itu, perhatikan efeknya pada orang lain.
  • Hitung Berkah yang Kamu Dapatkan. Buat daftar mengenai tindakan sederhana yang memberikan aspek positif dalam hidup. Cara ini bisa menjauhkanmu dari pikiran negatif yang menghalangi humor dan tawa. Jangan lupa bersyukur akan semua hal yang kamu miliki.
  • Habiskan Waktu dengan Orang-Orang yang Menyenangkan. Mereka adalah orang-orang yang mudah tertawa, baik pada diri mereka sendiri maupun pada absurditas hidup, dan yang secara rutin menemukan humor dalam aktivitas sehari-hari. Ingat, tertawa itu menular. Meskipun kamu awalnya bukan periang dan humoris, kamu tetap bisa tertawa jika berada disekeliling orang-orang yang menyenangkan. 

Baca juga: Nonton Film Komedi Ternyata Bisa Menghilangkan Stres

Namun, jika kamu ingin tahu lebih banyak cara untuk meningkatkan kesehatan mental selain dengan tertawa, kamu bisa tanyakan pada psikolog di Halodoc. Psikolog akan selalu siaga memberikan saran kesehatan mental yang kamu butuhkan.

Referensi:
Community Reach Center. Diakses pada 2020. How Laughter is Impacting your Physical and Mental Health.
Help Guide. Diakses pada 2020. Laughter is the Best Medicine.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Stress Relief from Laughter? It's No Joke.