• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tetap Berkarya, Ini 3 Selebriti yang Mengidap Lupus

Tetap Berkarya, Ini 3 Selebriti yang Mengidap Lupus

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Ketika tubuh seseorang dalam keadaan yang optimal, tentunya sistem imun tubuh melindungi tubuh dari segala macam infeksi yang mungkin menyerang. Namun, kondisi ini akan berbeda pada orang yang memiliki gangguan kesehatan autoimun. Ada berbagai macam kondisi penyakit autoimun, salah satunya adalah penyakit lupus.

Baca juga: Kenali Fakta Mengenai Penyakit Lupus

Penyakit lupus merupakan penyakit autoimun yang bersifat kronis dan dapat menyebabkan peradangan pada beberapa bagian tubuh pengidapnya, seperti kulit, sendi, ginjal, serta otak. Meskipun penyakit ini tidak dapat disembuhkan, tapi kamu jangan khawatir, melakukan pengobatan dapat dilakukan untuk menurunkan risiko munculnya gejala maupun kondisi kambuhan agar kamu tetap beraktivitas. Buktinya, beberapa selebriti yang mengidap penyakit lupus, masih mampu berkarya hingga hari ini!

Kenali Gejala Lupus

Penyakit lupus sering dikaitkan dengan faktor riwayat genetik dan lingkungan. Gejala yang muncul terkadang sulit dideteksi karena penyakit lupus memiliki gejala yang umum terjadi pada penyakit lain. Melansir Lupus Foundation of America, meskipun kondisi ini dapat terjadi pada wanita maupun pria, 90 persen pengidap lupus berjenis kelamin wanita.

Lupus rentan dialami oleh wanita yang memiliki rentang usia 14 hingga 45 tahun. Gejala yang dialami oleh pengidap lupus terhadap kondisi ini tidak ada yang serupa. Gejala dan tanda penyakit lupus dapat terjadi secara tiba-tiba atau berkembang secara perlahan.

Umumnya, pengidap lupus mengalami ruam kemerahan di sekitar wajah, khususnya bagian kedua pipi yang melewati bagian tulang hidung. Ruam kemerahan yang muncul umumnya menyerupai kupu-kupu. Selain itu, ruam kemerahan yang muncul dapat terjadi pada bagian lengan, kaki, dan dada. Kondisi ini bisa bertambah parah ketika pengidap terpapar sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat sebabkan luka lepuh pada bagian kulit yang mengalami ruam.

Dilansir dari Web MD, gangguan pada sendi juga dialami oleh pengidap penyakit lupus. Umumnya, ada beberapa bagian sendi yang mengalami kerap mengalami nyeri hingga pembengkakan. Lakukan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi Halodoc untuk memastikan penyebab gangguan sendi yang dialami. Kamu bisa bertanya langsung dengan dokter mengenai kondisi kesehatanmu.

Baca juga: 3 Jenis Penyakit Lupus, Apa Saja?

Inilah Selebriti yang Mengidap Penyakit Lupus

Meskipun lupus tidak dapat dicegah dan disembuhkan, penyakit ini bisa diturunkan gejala dan risiko kondisi yang bertambah parah. Penggunaan obat, menjalankan pola hidup sehat, dan mengelola tingkat stres menjadi beberapa cara yang bisa dilakukan. Buktinya, beberapa selebriti yang mengidap lupus masih bisa berkarya hingga hari ini. Berikut ini beberapa selebriti yang memiliki penyakit lupus.

1. Selena Gomez

Melansir Health, tahun 2014, Selena Gomez mengabarkan pada publik bahwa dirinya sedang berada di bawah pengobatan untuk mengatasi penyakit lupus yang ia alami.

2. Toni Braxton

Toni Braxton didiagnosis mengalami penyakit lupus sejak tahun 2008. Pada tahun 2011, Toni Braxton menuliskan pesan dalam halaman status media sosialnya bahwa pengobatan lupus yang ia jalani menyebabkan ia mengalami kenaikan berat badan. Namun, ia tak putus semangat dan tetap menjalankan perawatan dengan baik.

3. Cori Broadus

Cori Broadus dikenal sebagai salah satu putri dari Snoop Dogg. Cori Broadus mengalami gejala lupus, seperti gangguan pada kulit, rambut yang rontok, dan penurunan berat badan secara drastis, ketika ia menginjak usia 6 tahun pada 2005. Hingga hari ini, Cori masih menjalankan aktivitas seperti biasa dengan menjalankan pengobatan secara teratur.

Baca juga: Benarkah Lupus adalah Penyakit Menular?

Itulah selebriti yang mengidap penyakit lupus dan masih berkarya hingga hari ini. Sebaiknya jangan ragu untuk segera lakukan pemeriksaan jika kamu mengalami gejala penyakit lupus, agar kondisi ini dapat ditangani dengan baik dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Referensi:
Lupus Foundation of America. Diakses pada 2020. Lupus
Web MD. Diakses pada 2020. What Are the Symptoms of Lupus
Health. Diakses pada 2020. 9 Celebrities with Lupus
Very Well Health. Diakses pada 2020. Famous People with Lupus Disease