• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tiba-Tiba Mual? Ini Pengobatan Alami yang Bisa Dilakukan

Tiba-Tiba Mual? Ini Pengobatan Alami yang Bisa Dilakukan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta – Mual selalu identik dengan pengalaman tidak menyenangkan, karena menghadirkan sensasi tidak nyaman di perut dan kepala yang sering disertai dengan muntah. Padahal, mual merupakan salah satu mekanisme pertahanan diri, ketika ada sesuatu hal yang tidak nyaman di perut, atau hal-hal lain seperti mabuk kendaraan, stres, dan gugup.

Ibarat rasa lapar yang memberitahu kamu untuk segera makan karena tubuh membutuhkan makanan, pada beberapa kondisi mual juga merupakan sinyal yang diberikan tubuh untuk segera mengosongkan perut karena ada hal-hal yang dapat mengganggu. Itulah sebabnya kamu terkadang merasa lega dan lebih nyaman setelah muntah, bukan?

Baca juga: Mual Setelah Makan, Kenapa?

Pada beberapa kasus, mual juga dapat menjadi tanda adanya berbagai penyakit yang dampaknya bisa menimbulkan komplikasi parah, jika dibiarkan dan tidak ditangani. Jika kamu mengalami mual dan muntah dengan frekuensi yang terlalu sering, segera download aplikasi Halodoc dan lakukan diskusi dengan dokter chat, atau buat janji dengan dokter di rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Namun terkadang, mual juga dapat muncul tiba-tiba ketika gugup atau stres, seperti saat akan melakukan wawancara kerja. Jika dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk muntah, satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah menahan dan mengurangi mual yang muncul.

Nah, untuk mengurangi dan mengatasi mual, ada beberapa cara mudah nan alami yang bisa kamu lakukan, lho. Berikut beberapa pengobatan alami untuk mual yang sepertinya bisa kamu coba ketika mual menyerang:

1. Minum Air Jahe

Bahan alami terampuh untuk mengusir mual adalah jahe. Zat bernama gingerol dalam rempah ini dapat meredam serotonin, yaitu neurokimia utama yang dapat memicu mual. Keampuhan jahe tak hanya menyingkirkan mual akibat pusing atau gangguan pencernaan saja, tetapi juga mual yang diakibatkan oleh morning sickness pada ibu hamil.

Baca juga: Mual Saat Hamil? Atasi dengan Cara Ini!

Untuk mengatasi mual, rebuslah seruas jahe yang telah dimemarkan dalam 2 gelas air hingga mendidih dan wangi. Lalu diamkan hingga hangat dan minumlah. Jika ingin lebih nikmat, kamu bisa tambahkan gula merah sebagai pemanis.

2. Melihat ke Kejauhan

Salah satu faktor yang dapat memicu timbulnya rasa mual adalah hilangnya titik rujukan eksternal saat tubuh bergerak. Itulah sebabnya orang sering merasa mual saat membaca di dalam mobil atau kapal yang sedang melaju. 

Oleh karena itu, cara lain yang cukup mudah dilakukan untuk mengatasi mual adalah melihat ke kejauhan. Lihat dan fokuslah pada suatu objek yang jauh selama beberapa saat, seperti langit atau pohon di kejauhan. Mual yang kamu rasakan akan berangsur membaik dalam beberapa menit saja. 

Baca juga: Mual Setelah Berolahraga? Ini 4 Penyebab dan Cara Mengatasinya

3. Coba Pengobatan Akupresur

Mirip dengan akupunktur, akupresur merupakan teknik pengobatan tradisional dari Tiongkok. Bedanya, pengobatan akupresur tidak menggunakan jarum. Manfaat pengobatan ini telah dipercaya sejak lama, dalam meningkatkan sirkulasi darah, merangsang sistem saraf, dan membuat tubuh lebih relaks.

Itulah sebabnya akupresur bisa menjadi solusi efektif bagi mual, terutama yang disebabkan oleh stres. Dalam pelaksanaannya, akupresur dilakukan dengan cara memberikan tekanan pada bagian tubuh tertentu. Tekanan tersebut bisa diberikan dengan menggunakan siku, tangan, atau alat bantu khusus.

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. 3 Surprising Natural Cures for Nausea, According to a Doctor.