07 October 2017

Mual Saat Hamil? Atasi dengan Cara Ini!

Mual Saat Hamil, Atasi dengan Cara Ini!

Halodoc, Jakarta Kehamilan sering kali identik dengan rasa mual dihampir setiap harinya. Bahkan ketika mencium bau yang menyengat, seperti bau parfum atau bau makanan tertentu, rasa mual itu pun tanpa dibuat-buat muncul begitu saja. Dalam ilmu kedokteran, inilah yang disebut dengan “Hiperemesis Gravidarum”. Sebenarnya apa yang menyebabkan rasa mual itu terjadi? Rasa mual tergolong hal yang umum dialami hampir semua ibu hamil di awal masa kehamilannya, terutama minggu pertama hingga bulan ketiga. Hanya kurang dari 20% saja orang di dunia yang tidak mengalami rasa mual ini. Penyebab utamanya yakni perubahan hormon dan tanda berkembangnya janin yang dikandung.

Walaupun tidak ada obat untuk menghilangkan mual saat hamil, namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan calon ibu untuk setidaknya meringankan rasa mual yang mengganggu tersebut. Cara menghilangkan mual saat hamil yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

1.  Makan Permen
Cara paling mudah menghilangkan mual saat hamil adalah mengunyah permen. Permen-permen yaang mengandung mint atau jahe menjadi favorit banyak ibu hamil. Seperti halnya jahe, mint memberikan rasa dingin dan segar sehingga meredakan rasa mual yang melanda. Meski khasiatnya cepat, namun menghilangkan mual saat hamil dengan permen dijamin aman tanpa efek samping.
2.  Konsumsi Makanan Sedikit Tawar
Bagi kebanyakan ibu hamil, makanan yang kaya akan bumbu justru lebih merangsang rasa mual. Maka untuk menghilangkan mual saat hamil, cobalah ganti dengan makanan yang sedikit lebih tawar seperti nasi merah, sayur-sayuran, roti panggang tanpa selai, atau yogurt.

3.  Banyak Minum Air Putih
Air putih mengambil peran penting bagi ibu hamil yang pada dasarnya harus selalu terhidrasi dengan sempurna, terlebih untuk menghilangkan mual saat hamil. Sebab, tubuh ibu hamil yang dehidrasi rentan ‘mengundang’ rasa mual. Cobalah minum sekitar 6 sampai 8 gelas air sehari. Tetapi, bila kamu terlalu sering merasakan mual dan muntah, kamu bisa mengganti air putih dengan minuman olahraga yang mengandung glukosa, garam, atau potassium untuk mengembalikan elektrolit yang hilang.

4.  Berada di Ruangan Sejuk
Selain faktor makanan dan minuman, lingkungan sekitar juga bisa memengaruhi rasa mual, lho. Mengingat ibu hamil cenderung lebih mudah merasa kepanasan, dan saat kepanasan,  rasa mual pun otomatis semakin meningkat. Untuk itu, usahakan semua ruangan yang menjadi tempatmu beraktivitas selalu sejuk. Pasang AC atau kipas angin akan cukup membantu kenyamananmu hingga terhindar dari rasa mual tersebut.

5.  Menggosok Gigi
Trik menghilangkan mual saat hamil yang terakhir adalah menggosok gigi. Terkadang rasa mual juga datang dari sisa makanan yang masih tertinggal di mulut. Oleh karena itu, kamu bisa menghilangkan mual saat hamil dengan menggosok gigi dan berkumur menggunakan obat kumur khusus. Gosok gigi secara menyeluruh dilanjutkan berkumur juga akan mencegah bau yang dapat mual tersebut.


Itulah kelima cara menghilangkan mual saat hamil yang bisa kamu coba agar hari-harimu di trimester pertama kehamilan bisa berjalan dengan lancar dan juga nyaman. Untuk tips menjaga kesehatan selama hamil lainnya, kamu bisa diskusikan langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan tanpa harus ke rumah sakit, namun hanya melalui aplikasi Halodoc! Selain kamu bisa menikmati fitur Contact Doctor, Halodoc juga memudahkanmu dalam membeli obat-obatan melalui smartphone dengan layanan Pharmacy Delivery. Tunggu apa lagi? Download aplikasi Halodoc sekarang juga di Google Play dan App Store.

BACA JUGA: Ingin Ibu & Bayi Sehat? Ini 6 Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil