Tingkatkan Percaya Diri, Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Insecure

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 November 2022

“Insecure atau meragukan kemampuan diri sendiri tak jarang membuat rasa percaya diri menurun. Kamu bisa mengatasinya dengan tidak menyalahkan diri sendiri, melakukan hal yang kamu suka, dan bicara dengan teman dekat.”

Tingkatkan Percaya Diri, Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi InsecureTingkatkan Percaya Diri, Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Insecure

Halodoc, Jakarta – Meragukan kemampuan diri sendiri alias insecure memang bisa terjadi pada semua orang. Faktor penyebabnya juga bisa dibilang beragam, misalnya kamu merasa tidak secantik atau setampan orang lain, atau merasa kalau semua hal yang kamu lakukan masih tidak cukup baik daripada orang lain. 

Cara Mengatasi Insecure untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

Meski wajar terjadi, kamu sebaiknya tidak membiarkan perasaan insecure terlalu menguasai diri. Sebab, bukan tidak mungkin hal tersebut akan membuat kamu merasa stres, tertekan, dan meragu untuk mulai melakukan sesuatu.

Insecure juga bisa kembali datang pada saat-saat yang mungkin tidak terduga. Bahkan, perasaan ini bukan tidak mungkin akan sulit menghilang. Akan tetapi, kamu tetap bisa mencegahnya sehingga bisa menjalani hari seperti sedia kala. Berikut beberapa cara mengatasi insecure yang bisa kamu coba:

1. Tidak menyalahkan diri sendiri

Melawan berbagai pikiran negatif yang terkadang menguasai kepala memang tidak mudah, terlebih kalau kamu baru saja melakukan kesalahan yang cukup fatal. Cemas berlebihan pasti tidak dihindari, yang berujung pada sering menyalahkan diri sendiri. 

Sebenarnya, hal ini tidak lantas membuat apa yang sudah terjadi bisa ditarik kembali. Sebaliknya, kamu perlu menyadari bahwa dirimu hanya manusia biasa yang tidak lepas dari salah dan lupa. Kondisi tersebut juga bisa terjadi pada orang lain, hanya saja saat itu kamulah yang sedang mengalaminya. 

Supaya beban di kepala lebih berkurang, tidak ada salahnya menuliskan semua kecemasan dan ketakutan yang kamu rasakan. Alih-alih terus mengeluh dan menyesal, lebih baik kamu mencari solusi terbaik sehingga tidak lagi melakukan kesalahan serupa.

2. Melakukan hobi

Cara mengatasi insecure juga bisa dilakukan dengan meluangkan waktu untuk jalan-jalan keluar, berlibur ke destinasi impian, mencoba berbagai hal baru yang sebelumnya belum pernah kamu lakukan, dan menggeluti hobi di saat senggang. 

Kecemasan dan meragu atas kemampuan diri sebenarnya bisa dikurangi dengan menciptakan rasa bahagia. Namun, kamu perlu tahu bahagia itu tidak dicari, tetapi kamu yang membuatnya sendiri.

3. Beri apresiasi untuk diri sendiri

Jangan lupa untuk memberikan apresiasi kepada diri sendiri atas semua pencapaian yang berhasil kamu lakukan. Meski tidak besar, setidaknya kamu sudah mencoba dan berjuang sesuai dengan kemampuan. Dengan begitu, kamu bisa lebih percaya diri dan ingin terus mencoba menjadi lebih baik lagi. 

4. Bicarakan pada orang terdekat

Selain menulis jurnal, membicarakan apa yang kamu rasakan dengan orang terdekat juga bisa menjadi cara mengatasi insecure yang layak dicoba. Tak hanya mengurangi rasa cemas dan kekhawatiran berlebihan, berbicara dengan orang-orang terdekat akan membuat kamu merasa bahwa masih ada orang yang peduli.

Pernah mendengar dunning-Kruger effect atau rasa percaya diri yang berlebihan? Baca selengkapnya di artikel ini: “Mengenal Dunning-Kruger Effect: Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya“.

5. Bersosialisasi dengan orang baru

Bukan tidak mungkin kamu merasa cemas ketika harus menghadapi orang atau berada di lingkungan baru. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba bersosialisasi secara perlahan. Misalnya, kamu memperkenalkan diri kepada orang baru ketika sedang berada di suatu acara. 

Selain itu, kamu juga bisa berbincang dengan rekan kerja untuk bisa mengenal dan memahami karakter mereka lebih dekat. Tak hanya membuat kamu lebih percaya diri dan mengatasi ketakutan sendiri, bersosialisasi juga bisa memperluas relasi kamu. 

Sudah tahu mengenai inferiority complex yang membuat seseorang merasa tidak memiliki kemampuan sebanding dengan orang lain? Baca selengkapnya di artikel ini: “Mengenal Inferiority Complex: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya“.

Itu tadi beberapa cara mengatasi insecure yang tidak ada salahnya kamu coba setiap kali merasa ragu dengan kemampuan diri sendiri. Jika kamu membutuhkan bantuan ahli, tidak ada salahnya untuk booking psikolog di rumah sakit di Halodoc. Namun, pastikan kamu sudah download Halodoc di ponselmu, ya!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2022. The 3 Most Common Causes of Insecurity and How to Beat Them.
Psycalive. Diakses pada 2022. How to Overcome Insecurity: Why Am I So Insecure?
Healthline. Diakses pada 2022. How to Stop Being Insecure and Build Self-Esteem.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan