Tips Mengelola Kesehatan Mental Kucing Kesayangan

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   23 September 2021
Tips Mengelola Kesehatan Mental Kucing KesayanganTips Mengelola Kesehatan Mental Kucing Kesayangan

“Mengelola kesehatan mental kucing kesayangan sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisiknya. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu menjaga kesehatan mental kucing. Mulai dari memahami kepribadian mereka, hingga menghindari pemberian hukuman.”

Halodoc, Jakarta – Banyak pemilik kucing yang hanya fokus pada kesehatan fisik hewan kesayangannya saja. Padahal, kesehatan mental kucing juga perlu diperhatikan, lho. Sama halnya seperti manusia, masalah kesehatan mental pada kucing juga bisa berakibat buruk. 

Jadi, sebagai pemilik kucing yang bertanggung jawab, kamu perlu mengetahui cara mengelola kesehatan mental kucing dengan baik. Bagaimana caranya? Yuk simak lebih lanjut!

Baca juga: Catat, Ini 4 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Cara Menjaga Kesehatan Mental Kucing

Menjaga kesehatan mental kucing sama pentingnya dengan memerhatikan asupan makanan, vaksinasi, dan perawatan fisik. Berikut ini tips untuk membuat mental hewan kesayangan kamu selalu terjaga:

  1. Posisikan Diri sebagai Orangtua

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika mengadopsi kucing adalah, posisikan diri kamu sebagai orangtua mereka. Bagai orangtua ke anak, kamu akan memerhatikan semua kebutuhannya, membuatnya nyaman, dan menghujaninya dengan cinta. 

Kucing yang merasa dicintai penuh oleh pemiliknya akan merasa nyaman dan aman. Ia jadi merasa seperti punya orangtua yang selalu melindungi dan menyayanginya. Ini akan membuatnya bahagia dan tidak mudah stres.

  1. Kenali Kepribadian Kucing

Setiap kucing memiliki kepribadian yang berbeda. Ini biasanya menjadi jelas ketika kamu mempelajari pola perilaku mereka. Sangat penting untuk memahami kucing kesayangan kamu dengan baik. Ini dapat membantu mengeratkan koneksi atau ikatan batin yang terjalin antara kamu dan kucing. 

Setelah mengetahui kepribadian kucing, kamu mungkin jadi tahu kapan mereka butuh waktu untuk sendiri. Sama halnya seperti manusia, kucing juga bisa merasa ingin sendirian sesekali, dan kembali bersama kamu saat merasa sudah membaik. 

Baca juga: Mengenal Fakta Menarik Seputar Kucing Ragdoll

  1. Biarkan Kucing Berburu Sesekali

Meski menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah, kucing pada dasarnya adalah predator alami di alam liar. Jadi, pahamilah bahwa mereka punya kebutuhan untuk berburu dan mengintai mangsa, sebagai naluri dasar mereka. 

Biarkanlah kucing berburu sesekali, atau bermain kejar-kejaran. Ini akan membantu menjaga kesehatan mental kucing. Kebosanan bisa menyebabkan masalah perilaku dan berat badan. Jadi, cobalah untuk memperkenalkan aktivitas baru kepada kucing untuk membuatnya aktif.

  1. Biarkan Kucing Bersosialisasi

Setiap hewan perlu memiliki interaksi sosial di antara jenisnya. Berinteraksi secara sosial dengan kucing lain adalah hal yang perlu dijaga. Namun, kamu juga perlu hati-hati agar kucing tidak jadi terlalu terikat dengan kucing lain.

Sebab, jika ini terjadi, suasana hati kucing akan dipengaruhi oleh kucing lain dan ini bisa merepotkan. Interaksi sosial dengan kucing lain selama seminggu sekali sudah cukup untuk membuat kucing puas secara sosial.

  1. Hindari Memberi Hukuman

Setiap kucing memiliki perilaku aneh yang terkadang dapat menyebabkan pemiliknya kesal dan frustrasi. Penting untuk mengetahui mengapa kucing melakukan hal-hal tertentu yang menurut kamu aneh. 

Ketika kamu menemukan penyebab masalah, atasi masalah dengan tepat dan bijaksana. Penting untuk membuat langkah yang benar saat mendisiplinkan kucing. Menghukum kucing sering kali memiliki efek negatif karena dapat membuat mereka merasa tidak aman dan takut.

Baca juga: 8 Cara yang Bisa Dilakukan agar Kucing Cepat Gemuk

Jadi, jangan pernah menghukum kucing tanpa mengetahui penyebab sebenarnya. Ini dapat memperburuk situasi dan seringkali dapat menyebabkan fobia. 

Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental kucing kesayangan. Bila butuh saran lebih lanjut, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter hewan, kapan dan di mana saja.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Homeo Animal. Diakses pada 2021. 10 Tips to Keep Your Cat Mentally & Physically Healthy.
Cat Care of Vinings. Diakses pada 2021. Cracking the Code: Simple Tips to Improve Feline Mental Health.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan