Mengenal Fakta Menarik Seputar Kucing Ragdoll

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   06 September 2021
Mengenal Fakta Menarik Seputar Kucing RagdollMengenal Fakta Menarik Seputar Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll adalah jenis kucing berukuran besar yang memiliki bulu cantik dan mata biru yang indah. Dengan kepribadian yang mirip anjing, Ragdoll bisa menjadi teman yang ramah, setia, dan menyenangkan untuk diajak bermain.

Halodoc, Jakarta – Bila kamu belum tahu seperti apa itu kucing ragdoll, jenis kucing ini bisa digambarkan dalam tiga kata: besar, cantik, dan ramah. Memiliki bulu yang halus dengan panjang  yang sedang mirip dengan kucing Persia atau Anggora, tubuh yang cukup besar, dan kepribadian yang ramah seperti anak anjing, kucing ragdoll cukup populer di antara para penggemar kucing.

Bagi kamu yang juga penyuka kucing, ragdoll bisa menjadi jenis kucing yang menarik dan menyenangkan untuk dipelihara. Namun, sebelum kamu memeliharanya, ada baiknya kamu mengetahui dulu berbagai fakta mengenai kucing ini di sini.  

Baca juga: Ketahui 4 Jenis Kucing yang Paling Menggemaskan

Apa Itu Kucing Ragdoll?

Berikut ini beberapa fakta yang mungkin akan membuat kamu jatuh cinta dan semakin tertarik dengan kucing ragdoll:

  1. Mereka Semua Memiliki Mata Biru yang Indah

Selain bulunya yang mewah dan tubuhnya yang besar, kucing Ragdoll juga dikenal dengan mata birunya yang cerah. Meskipun bentuk mata kucing Ragdoll bisa berbeda-beda, tetapi semua ras murni jenis kucing ini memiliki mata biru! Jadi, bila kamu menemukan kucing Ragdoll dengan mata bernuansa hijau atau kuning, mungkin saja ia campuran.

  1. Termasuk Ras Kucing Baru

Ann Baker, seorang peternak yang tinggal di California selama tahun 1960-an, adalah orang yang menciptakan kucing Ragdoll. Baker mengambil seekor kucing betina berbulu putih panjang dan mengawinkannya dengan kucing berbulu panjang lainnya. Anak kucing yang dihasilkan dari perkawinan dua kucing tersebut adalah nenek moyang dari ras Ragdoll. Dengan memilih kucing berciri-ciri seperti kepribadian yang ramah dan bulu yang panjang dan mewah, Baker akhirnya menghasilkan kucing besar dan lembut yang digemari hari ini. Namun, tidak ada yang tahu pasti ras kucing mana yang digunakan Baker untuk membuat Ragdoll.

  1. Termasuk Ras Kucing yang Besar

Kucing Ragdoll adalah salah satu ras kucing domestik terbesar. Menurut Cat Fanciers’ Association (CFA), Ragdoll jantan biasanya memiliki berat antara 7 dan 9 kilogram, dan betina antara 4,5 dan 7 kilogram. Dengan berat tersebut, Ragdoll mengalahkan kucing kelas berat lainnya seperti Maine Coon, yang beratnya bisa mencapai 8 kilogram, dan Kucing Hutan Norwegia, yang beratnya bisa mencapai 7 kilogram.

  1. Suka Digendong

Ragdoll bertumbuh dengan persahabatan dengan manusia, dan tidak seperti beberapa kucing lainnya, Ragdoll suka digendong. Faktanya, ras kucing ini dinamakan Ragdoll bukan tanpa alasan. Kucing yang jinak dan ramah ini akan menjadi lemas dan terkulai seperti boneka kain (ragdoll) ketika mereka digendong. Sangat menggemaskan, bukan?

  1. Kucing yang Pendiam

Fakta menarik lainnya tentang apa itu Ragdoll adalah kucing ini ramah, tetapi mereka juga pendiam. Berkat sifatnya yang satu ini, Realtor menyebut Ragdoll sebagai salah satu ras kucing terbaik untuk tinggal di apartemen. Namun, sifat pendiam ini juga memiliki kekurangan, karena Ragdoll mungkin tidak mengeong bila sedang stres atau sakit. Jadi, pastikan kamu merawatnya dengan seksama, ya.

  1. Punya Kepribadian Seperti Anjing

Beberapa kucing memiliki kepribadian yang mirip dengan anjing, Ragdoll adalah salah satunya. Ragdoll mengambil sifat-sifat terbaik dari anjing, seperti kesetiaan dan keceriaan. Kucing ini sangat setia pada keluarga mereka dan senang berada di dekat manusia mereka.

Ragdolls bahkan akan menunggu dengan sabar di luar pintu sampai pemiliknya datang dan bermain dengan mereka. Beberapa juga menunggu pemiliknya pulang dan menyambut dengan penuh semangat.

Mereka suka bermain permainan kucing pada umumnya, tetapi juga bisa memainkan permainan lempar tangkap. Ragdoll juga cenderung membawa mainan favorit mereka dengan gigi mereka, berlari seperti anak anjing yang puas.

Baca juga: 6 Ras Kucing yang Bersahabat dengan Anjing

  1. Ragdolls Baru Dewasa Sepenuhnya pada Usia 4 Tahun

Ragdolls dikenal sebagai kucing yang ‘terlambat dewasa’. Mereka mencapai ukuran maksimal atau ukuran dewasa lebih lambat dari kebanyakan kucing, yaitu sekitar usia 4 tahun. Selama waktu tersebut, kucing ini bisa terus bertumbuh besar, beberapa bahkan diketahui terus bertumbuh sampai usia 5 tahun.

  1. Berumur Panjang

Apa itu Ragdolls dikenal sebagai salah satu ras kucing yang hidup paling lama. Kucing ini umumnya bisa hidup hingga sekitar 15–20 tahun. Perlu diingat bahwa ini hanya berlaku untuk kucing yang dipelihara di dalam ruangan. Bila kamu sering mengeluarkan kucing, risiko mereka terpapar berbagai penyakit yang berpotensi mengancam jiwa tinggi, sehingga bisa menurunkan rata-rata umurnya.

Baca juga: Mengenal 9 Karakteristik Unik dari Kucing Himalaya

Itulah fakta seputar kucing Ragdoll yang menarik untuk diketahui. Bila kucing peliharaan kamu sakit, coba bicarakan saja dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter hewan bisa memberikan saran yang tepat untuk mengatasi masalah kesehatan hewan peliharaan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Ragdoll Love. Diakses pada 2021. Ragdoll Cat Facts – 12 Things You Probably Didn’t Know About Ragdolls.
Mental Floss. Diakses pada 2021. 7 Facts About Ragdoll Cats.
Pawsome Couture. Diakses pada 2021. 8 Interesting Facts About the Ragdoll Cat

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan