Tips Menggunakan Tespek agar Hasilnya Lebih Akurat

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Mei 2021
Tips Menggunakan Tespek agar Hasilnya Lebih Akurat Tips Menggunakan Tespek agar Hasilnya Lebih Akurat

Halodoc, Jakarta – Terlewatnya menstruasi sering kali menjadi pertanda kehamilan. Ketika mengalami kondisi ini, pasti kamu ingin cepat-cepat untuk menggunakan tespek (test pack). Tespek adalah alat uji kehamilan berbentuk stik yang dirancang untuk mengetahui kadar hormon Hcg dalam urine. 

Tespek kini mudah kamu temukan di apotek terdekat dan tersedia dalam berbagai merk. Sebagian besar merk mengklaim bahwa produknya sangat akurat pada hari pertama menstruasi yang terlewat atau bahkan sebelumnya. Namun pada kenyataannya, beberapa orang terkadang mendapati hasil yang salah setelah menggunakannya. Nah, ternyata ada sejumlah tips yang bisa kamu lakukan supaya hasil tes lebih akurat. Berikut ulasannya!

Baca juga: Kapankah Tanda-Tanda Kehamilan Mulai Muncul?

Tips Menggunakan Tespek agar Hasilnya Lebih Akurat

Melansir dari Mayo Clinic, wanita bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat jika menunggu sampai hari pertama menstruasi terlewat. Kenapa menunggu? Tak lama setelah sel telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim (implantasi), plasenta membentuk dan menghasilkan hormon human chorionic gonadotropin (HCG). Nah, hormon inilah yang memasuki aliran darah dan urine.

Selama awal kehamilan, konsentrasi HCG meningkat dengan cepat, yakni dua kali lipat setiap dua sampai tiga hari. Semakin awal kamu melakukan tes kehamilan di rumah, semakin sulit tes tersebut untuk mendeteksi HCG. 

Waktu ovulasi pada setiap wanita mungkin berbeda dari bulan ke bulan, dan sel telur yang telah dibuahi dapat ditanamkan di rahim pada waktu yang berbeda pula. Hal inilah yang dapat memengaruhi waktu produksi HCG dan kapan dapat dideteksi. 

Baca juga: Inilah 6 Hal yang Menandakan Kehamilan Palsu

Jika menstruasi kamu tidak teratur, kamu mungkin saja bisa salah menghitung kapan jatuh tempo menstruasi kamu. Banyak merk tespek yang mengklaim 99 persen akurat. Namun, tes kehamilan di rumah berbeda dalam kemampuan untuk mendiagnosis kehamilan pada wanita yang baru saja melewatkan menstruasi. Jika kamu mendapati hasil tes negatif tetapi merasa kamu mungkin hamil, ulangi tes satu minggu setelah periode yang terlewat atau periksakan langsung ke dokter.

Berbagai Hal yang Dapat Memengaruhi Hasil Tes

Kamu bisa saja mendapatkan hasil tes negatif meskipun sebenarnya ternyata kamu hamil. Ini dikenal sebagai negatif palsu. Beberapa hal yang dapat menyebabkan negatif palsu antara lain:

  • Melakukan tes terlalu dini. Semakin awal kamu melakukan tes kehamilan setelah melewatkan periode menstruasi, semakin sulit tes untuk mendeteksi HCG. Untuk hasil yang paling akurat, ulangi tes satu minggu setelah haid terlewat. 
  • Memeriksa hasil tes terlalu cepat. Tunggu tespek untuk berproses terlebih dahulu. Ikuti petunjuk sesuai yang tertera dalam bungkus tespek.
  • Menggunakan urine yang encer. Untuk hasil yang paling akurat, lakukan tes di pagi hari saat urine berada dalam konsistensi paling pekat.

Baca juga: Fakta Soal Test Pack Kadaluwarsa

Kalau kamu melewatkan menstruasi dan mengalami tanda-tanda kehamilan, kamu bisa membeli tespek di toko kesehatan Halodoc. Tidak perlu repot keluar rumah, lewat Halodoc beli tespek tinggal klik, lalu pesanan akan diantar ke tempatmu dalam waktu kurang lebih satu jam. Mudah dan sangat praktis bukan? Yuk, pakai Halodoc sekarang!




Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Home pregnancy tests: Can you trust the results?.
Healthline. Diakses pada 2021. You Shouldn’t Reuse a Pregnancy Test — Here’s Why.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan