Tips Mengonsumsi dan Menyimpan Buah Jamblang

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 November 2023

“Agar tidak bosan, ada berbagai cara yang bisa kamu coba untuk mengonsumsi buah jamblang. Selain itu, perhatikan juga cara menyimpannya agar buah tetap dalam keadaan segar.”

Tips Mengonsumsi dan Menyimpan Buah JamblangTips Mengonsumsi dan Menyimpan Buah Jamblang

Halodoc, Jakarta – Buah jamblang adalah buah yang cantik dengan warna biru tua atau ungu yang indah. Buah asal India ini berukuran kecil ini sekilas mirip dengan anggur, tetapi jamblang sebenarnya merupakan bagian dari keluarga jambu air.

Tidak hanya cantik dan punya rasa yang manis, buah jamblang juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Buah yang memiliki nama latin Syzygium cumini ini merupakan salah satu pengobatan alami terbaik untuk sakit perut, diabetes, dan radang sendi. 

Namun, agar manfaat kesehatannya maksimal, mengonsumsi buah jamblang tidak boleh sembarangan. Selain itu, cara menyimpannya perlu diperhatikan agar buah tetap dalam keadaan segar.

Tips Mengonsumsi dan Menyimpan Buah Jamblang

Buah jamblang kaya akan berbagai nutrisi baik, mulai dari vitamin C, karbohidrat, protein, zat besi, magnesium, potasium dan sedikit fitokimia. Ketimbang buah beri, jamblang juga memiliki kalori yang rendah dengan hanya 3–4 kalori.

Dalam pengobatan Ayurveda, jamblang sering direkomendasikan untuk mengobati berbagai kondisi yang berhubungan dengan jantung, artritis, asma, sakit perut, kejang usus, perut kembung, dan disentri. 

Buah berair ini juga memiliki sifat diuretik, sehingga bisa membantu mengeluarkan racun dari ginjal. Sementara kandungan seratnya yang tinggi bermanfaat untuk membantu pencernaan serta mencegah mual dan muntah.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan alkaloid yang tinggi dalam buah jamblang efektif dalam mengendalikan hiperglikemia atau gula darah tinggi. 

Selain buahnya, ekstrak dari biji, daun dan kulit batangnya juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Itulah mengapa buah ini baik dikonsumsi untuk pengidap diabetes.

Bahkan, buah ini juga bermanfaat bagi ibu hamil. Simak penjelasannya dalam artikel: Jarang Diketahui, Ini Manfaat Buah Jamblang Bagi Ibu Hamil

Mengingat buah ini kaya nutrisi dan memiliki beragam manfaat, penting untuk mengetahui cara mengonsumsinya dan cara menyimpannya. Berikut penjelasannya:

1. Tips Mengonsumsi Buah Jamblang

Buah jamblang bisa kamu konsumsi dengan berbagai cara. Kamu bisa makan langsung dalam kondisi mentah atau diolah menjadi jus. 

Biar ada variasinya, kamu juga bisa menambahkan buah yang rasanya asam manis ini ke dalam berbagai menu makanan, seperti salad, smoothie, dan selai. 

Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat berbagai hidangan penutup dari buah ini. Misalnya diolah menjadi kolak, mousses, dan panna cottas

Buah ini juga bisa kamu fermentasikan dan olah menjadi cuka sari atau wine. Bila kamu sudah mulai bosan mengonsumsi buah jamblang dalam bentuk jus, kamu bisa mengkreasikan jus jamblang dengan mengolahnya menjadi es krim. 

2. Tips Penyimpanan Buah ini agar Tetap Segar

Bila kamu tidak langsung mengonsumsi makanan sehat ini setelah membelinya, kamu bisa menyimpannya selama beberapa hari. Simpanlah buah jamblang pada suhu yang relatif sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung. 

Lebih baik lagi bila kamu menyimpannya di dalam lemari pendingin. Sebagai buah tropis, buah jamblang sebaiknya disimpan pada suhu sekitar 16–18 derajat Celsius. 

Sebelum kamu masukkan ke dalam kulkas, ada baiknya kamu mencuci dulu buah jamblang dengan air mengalir dan biarkan hingga kering, lalu taruhlah buah kecil tersebut di dalam wadah yang bersih.

Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah setiap harinya. Sebab, ada beberapa alasan penting dari hal ini. Simak penjelasannya dalam artikel: Ini Alasan Pentingnya Mengonsumsi Buah-Buahan Setiap Hari

Itulah tips mengonsumsi dan menyimpan buah jamblang. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Pastikan untuk senantiasa menjaga kesehatanmu dan anggota keluargamu, ya. Salah satu caranya tentu saja dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah jamblang. 

Jika masih memiliki pertanyaan terkait buah jamblang, sebaiknya segeralah hubungi dokter. Yuk, cek rekomendasi dokter spesialis gizi terbaik melalui Halodoc

Referensi:
India. Diakses pada 2023. Health Benefits of Jamun: 7 Amazing Benefits of Eating Black Plum.
Netmeds. Diakses pada 2023. Jamun: Medicinal Uses, Therapeutic Benefits For Skin, Diabetes And Supplements
Hindustan Times. Diakses pada 2023. Jamun: A small, yet powerful fruit.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan