Tips Menyiapkan Kandang yang Cocok untuk Iguana

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   05 Juli 2021
Tips Menyiapkan Kandang yang Cocok untuk IguanaTips Menyiapkan Kandang yang Cocok untuk Iguana

“Kandang iguana tidak boleh dibuat secara asal-asalan. Kandang tersebut harus berukuran agak besar sehingga dapat membuat dirinya merasa nyaman. Idealnya panjang kandang iguana minimal 1,5 lebih panjang dari tubuhnya. Ingat, semakin besar kandang iguana, maka akan semakin baik untuk kenyamanannya.”

Halodoc, Jakarta – Selain anjing, kucing, ikan, dan burung, kira-kira hewan apalagi yang menarik untuk dipelihara? Apa dirimu pernah tertarik untuk memelihara reptil? Nah, dari berbagai jenis reptil, iguna merupakan salah satu hewan yang menarik untuk dipelihara.

Namun, bagi kamu yang ingin memelihara iguana perlu menyiapkan segala kebutuhan hewan tersebut. Mulai dari makanan hingga kandang yang nyaman sebagai tempat tinggalnya. Lantas, bagaimana sih cara menyiapkan kandang yang cocok untuk iguana?

Baca juga: 3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memelihara Iguana

Pentingnya Ukuran dan Suhu Dalam Kandang

Bagi kamu yang memelihara iguana dari kecil perlu memerhatikan ukuran kandangnya. Reptil yang satu ini bisa mencapai ukuran dua meter dan bobot sembilan kilogram seiring usianya bertambah. Nah, ketika ukurannya bertambah besar, maka dirinya perlu membutuhkan kandang yang lebih besar.

Idealnya panjang kandang iguana minimal 1,5 lebih panjang dari tubuhnya, dan lebarnya setidaknya sama panjangnya dengan tubuhnya. Sementara itu, tinggi kadang minimal sekitar 1,5 dari panjang iguana. 

Nah, bila iguana memiliki panjang 1,5 meter, maka dirinya memerlukan kadang berukuran setidaknya dengan panjang  2,3 – 2,7 meter, lebar 1,5 – 1,8, dan tinggi sekitar 1,8 – 2,3 meter. Ingat, semakin besar kandang iguana, maka akan semakin baik untuk kenyamanannya. 

Kamu perlu memastikan bahwa suhu dan kelembapan di dalam kandang nyaman. Tempatkan dahan atau benda tinggi untuk iguana bermain atau memanjat. Selain itu, kamu bisa menyediakan tanaman hias untuk mempercantik kandangnya. 

Selain itu, kamu perlu membuat tempat berjemur dengan lampu UVB atau lampu uap merkuri bila kandang iguana berada di dalam rumah. Iguana merupakan hewan berdarah dingin, sehingga suhu kandangnya harus hangat, tapi tidak terlalu panas.

Iguana adalah kadal yang cerdas dan tahu di mana mereka harus buang air besar. Nah, kamu perlu membuat tempat di mana kamu akan meletakkan alas tidur/substrat dan rutin membersihkannya. 

Substrat terbaik untuk iguana adalah koran atau pelapis reptil (reptile upholstery). Mereka dapat menyerap limbah dengan sangat baik dan akan mudah dirawat atau dibersihkan. 

Baca juga: Alasan Hewan Peliharaan Bisa Bantu Atasi Kesepian di Masa Pandemi

Harus Rutin Dibersihkan

Setelah membuat kandang yang cocok dan nyaman untuk iguana kesayanganmu, jangan pula lupa untuk rutin membersihkan kandang tersebut. Kandang yang kotor dapat mengurangi kenyamanan hewan tersebut, bahkan membuat mereka rentan terhadap penyakit.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk membersihkan kandang iguana? Kamu bisa membersihkan kandang iguana setiap hari, minggu, atau bulan. Mau tahu apa saja yang perlu diperhatikan saat membersihkan kandang iguana?

  • Harian

Kamu perlu membersihkan kandang iguana setiap hari agar kesehatan dan kenyamanannya tetap terjaga. Dalam pembersihan harian kamu perlu membersihkan piring makanan dan air setiap hari. Kamu juga perlu 

membersihkan kotorannya setiap hari, dan juga menyeka makanan yang tumpah agar tidak

  • Mingguan

Pembersihan mingguan perlu dilakukan karena ada beberapa tempat atau bagian dari kandang iguana yang tidak bisa dibersihkan setiap hari. Kamu dapat menyeka permukaan kandang dengan cermat, dan mengeluarkan tanaman yang membusuk dari kandang. 

  • Bulanan 

Setiap sebulan sekali kamu dianjurkan untuk membersihkan kandang iguana secara menyeluruh. Misalnya, membersihkan seluruh permukaan kandang, dan mengganti alas kandang yang baru. Namun, pembersihan bulanan tak harus selalu dilakukan bila dirimu rutin membersihkannya setiap hari atau minggu 

Baca juga: Sebelum Memelihara Kura-Kura, Perhatikan 5 Hal Ini

Mau tahu lebih jauh mengenai kandang yang tepat untuk iguana? Atau hewan kesayanganmu memiliki masalah kesehatan? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc

Selain itu, kamu juga bisa kok membeli suplemen atau vitamin untuk meningkatkan sistem imun di tengah pandemi COVID-19 menggunakan aplikasi Halodoc. Tanpa perlu repot keluar rumah, kamu bisa membelinya kapan pun dan di mana pun. Praktis, kan?

Referensi:

lizards101.com – Care Guides For Pet Lizards. Diakses pada 2021. Iguana Terrarium Set Up Guide And DIY Iguana Cage
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Iguana: Species Profile.
My Pet Care Joy. Diakses pada 2021. How to Properly Clean an Iguana Cage?.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan