Tips Perawatan Burung Kenari untuk Pemula

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   25 Juni 2021
Tips Perawatan Burung Kenari untuk PemulaTips Perawatan Burung Kenari untuk Pemula

“Bagi pencinta burung, ada beberapa hal yang diincar saat memutuskan untuk memelihara jenis hewan ini. Salah satunya burung kenari. Umumnya, seseorang memilih untuk memelihara burung ini untuk menghidupkan suasana di rumah atau di tempat kerja. Sebab, kenari dikenal memiliki kicauan yang merdu dan indah. Bisa membuat perasaan menjadi lebih rileks!”

Halodoc, Jakarta – Burung kenari dikenal sebagai “burung penyanyi”. Bukan tanpa alasan, jenis burung yang satu ini memang memiliki kicauan yang indah. Hal itu menjadikan kenari kerap dipilih sebagai hewan peliharaan untuk membuat rumah lebih ramai atau untuk menghidupkan suasana. Tertarik untuk memelihara burung ini? Cari tahu dulu tips perawatannya! 

Kabar baiknya, perawatan untuk jenis burung ini tidak sulit, bahkan cenderung mudah. Jika kamu pemula atau baru memiliki hewan peliharaan, kenari bisa menjadi pilihan terbaik. Jenis burung ini akan lebih banyak menghabiskan waktu di kandang, maka pastikan untuk terlebih dahulu membuatkan rumah yang nyaman untuk burung peliharaan. 

Baca juga: Inilah Fakta Menarik tentang Burung Kutilang

Merawat Burung Kenari di Rumah 

Jenis burung ini dikenal memiliki kicauan yang merdu dan indah. Maka dari itu, kenari seringkali dikembangbiakkan untuk tujuan tersebut. Selain itu, pencinta burung umumnya juga mengagumi keindahan bulu dan bentuk tubuh burung ini yang mungil. Seperti hewan peliharaan lainnya, penting untuk mengetahui bagaimana cara merawat burung kenari di rumah. 

Jika kamu ingin memiliki kenari sebagai “burung penyanyi” di rumah, pastikan untuk memilih burung jantan. Pasalnya, burung betina tidak banyak berkicau seperti burung jantan, bahkan beberapa tidak berkicau sama sekali. Faktanya, burung kenari jantan memang berkicau untuk menarik perhatian burung betina. 

Merawat jenis burung ini tidak berbeda jauh dengan cara perawatan burung pada umumnya. Kamu disarankan untuk menyediakan kandang dengan ukuran yang sesuai dan nyaman. Selain itu, burung kenari juga cenderung mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Kamu bisa meletakkanya di depan rumah, selama tempat tersebut cukup aman dan tidak terlalu bising. 

Perawatan yang dibutuhkan hewan kecil ini berkaitan dengan penampilan dan kondisi kesehatan tubuh. Penting untuk selalu rutin memandikan burung kenari, caranya dengan menyemprotkan air dan biarkan burung mengepak-kepakkan sayapnya. Selain itu, pastikan juga untuk selalu membersihkan kandang kenari, terutama jika sudah banyak terdapat kotoran. 

Baca juga: Ketahui Ciri-Ciri Burung Merpati yang Sehat

Penyakit yang Rentan Menyerang Kenari

Kamu juga harus rutin memotong kuku dan merawat bulu kenari. Pemeriksaan ke dokter hewan mungkin dibutuhkan jika burung ini menunjukkan gejala-gejala penyakit. Sebab, ada beberapa jenis penyakit yang disebut rentan menyerang burung kenari, seperti diare, kutu, obesitas, sembelit, stres, kejang, radang paru-paru, penyakit mata, hingga keracunan. 

Jika tidak ditangani segera, penyakit yang muncul bisa memburuk dan membuat hewan ini menjadi semakin sakit. Dalam kondisi yang parah, kenari mungkin akan mengalami gejala penyakit berat bahkan kehilangan nyawa. Saat burung menunjukkan gejala penyakit, sebaiknya segera bawa ke klinik hewan terdekat. 

Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter hewan saat hewan peliharaanmu mengalami masalah. Dengan begitu, hewan peliharaan kesayangan bisa segera mendapat pertolongan ahli dan menghindari hal yang tidak diinginkan. Download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play! 

Baca juga: Fakta Seputar Burung Maleo yang Hampir Punah

Selain memperhatikan penampilan dan kondisi kesehatan tubuh kenari, kamu juga harus memastikan burung kecil ini mendapat asupan makanan yang tepat. Burung kenari harus diberi makanan khusus atau pelet yang diformulasikan untuk jenis burung ini. Selain itu, tambahkan potongan kecil sayur yang segar dengan cara dicincang halus. Pastikan juga untuk selalu menyediakan air bersih di dalam kandang untuk diminum setelah makan. 

Referensi:
All Pet Birds. Diakses pada 2021. The Canary Bird is a Great Pet.
VCA Hospitals. Diakses pada 2021. Canaries – General.
Pet Helpful. Diakses pada 2021. Signs and Symptoms of Disease in Canaries.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan