• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Usia Semakin Bertambah, Ini Cara Menjaga Kesehatan Ibu
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Usia Semakin Bertambah, Ini Cara Menjaga Kesehatan Ibu

Usia Semakin Bertambah, Ini Cara Menjaga Kesehatan Ibu

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Desember 2021
Usia Semakin Bertambah, Ini Cara Menjaga Kesehatan Ibu

“Peringatan Hari Ibu tinggal menghitung hari. ini adalah momen terbaik untuk mengungkapkan betapa kamu bahagia dan beruntung telah dilahirkan dari rahim perempuan hebat seperti ibumu. Selain mengungkapkan perasaan tersebut, kamu bisa melakukan beberapa tips di sini agar ibu tercinta selalu sehat dan berumur panjang.”

Halodoc, Jakarta - Hari Ibu tiap tahunnya diperingati pada tanggal 22 Desember. Presiden Soekarno menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Ibu melalui Dekrit Presiden RI No. 316 Tahun 1953. Nah, kira-kira kegiatan spesial apa yang akan kamu lakukan bersama ibu tercinta di Hari Ibu? 

Ibu adalah pembimbing dan pengasuh terbaik sepanjang masa. Menjaga pasangan dan anak-anak membuat sosok ibu bahkan tidak memiliki waktu untuk memanjakan dirinya sendiri. Bahkan, di era yang sudah lebih modern ini, tidak sedikit wanita yang mengambil lebih banyak pekerjaan dari yang seharusnya. 

Dalam segala hal, termasuk makanan, kesejahteraan, hingga kesehatan, ibu menjadi orang yang lebih banyak berkorban ketimbang ayah. Saat kamu sudah besar, kini saatnya membalas budi. Tidak sulit, kok, kamu bisa memulainya dengan menjaga kesehatan ibu dengan beberapa langkah berikut ini:

1. Mengajak Ibu Melakukan Pemeriksaan Rutin

Kesibukan menjadi ibu rumah tangga memang tidak ada habisnya. Memang terkesan berlebihan, tapi mungkin untuk sebagian ibu waktu sebanyak 24 jam rasanya kurang ketika dihadapkan dengan urusan rumah tangga. Nah, untuk menjaga kesehatan ibu, kamu bisa membuat janji temu dengan dokter lewat aplikasi Halodoc di rumah sakit terdekat untuk mengajaknya melakukan pemeriksaan rutin.

2. Pastikan Ibu Tetap Mengonsumsi Makanan Bergizi

Langkah menjaga kesehatan ibu selanjutnya dilakukan dengan memastikan ibu mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang. Pastikan ibu mengonsumsi sayuran dan buah segar setiap hari agar kesehatannya selalu terjaga, ya. Apalagi jika ibu sudah berumur. Selain makanan, pastikan asupan cairannya terpenuhi dengan baik.

3. Ajak Ibu Rutin Berolahraga

Mengajak ibu berolahraga rutin menjadi tips menjaga kesehatan ibu selanjutnya. Tidak perlu dilakukan dalam intensitas berat, cukup berjalan kaki saja mengelilingi komplek perumahan selama 30-45 menit sehari. Hal tersebut akan membuat tubuh ibu tetap sehat dan bugar meski usianya sudah tak lagi muda. 

4. Bantu Ibu dalam Pekerjaan Rumah

Membantu melakukan pekerjaan rumah ternyata dapat menjaga kesehatan ibu, lo. Ibu memang tidak menuntut hal ini, rasanya sudah cukup saja menjadi pribadi yang baik dan tidak pernah membuat orang lain merasa kesulitan. Namun, sebagai seorang anak sudah semestinya kita membantu ibu tercinta. 

5. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan menjadi langkah menjaga kesehatan ibu selanjutnya. Pastikan lingkungan tempat tinggal bersih dari debu dan kotoran. Ibu juga disarankan untuk rutin mengganti pakaian, handuk, dan seprai secara rutin. Jangan lupa juga untuk mengingatkan ibu untuk rajin mencuci tangan.

6. Jadilah Teman Terbaik untuk Ibu

Langkah menjaga kesehatan ibu yang terakhir dilakukan dengan menjadi teman terbaiknya. Semakin tua, ibu semakin merasa kesepian. Ia membutuhkan teman untuk berbagi cerita, berkeluh kesah, atau berbagi kabar bahagia. Bagi kamu yang tidak tinggal bersama ibu, jangan lupa untuk selalu mengunjungi atau meneleponnya untuk menanyakan kabarnya. 

Itulah beberapa langkah menjaga kesehatan ibu yang bisa kamu lakukan seiring dengan bertambahnya usia. Jika kamu adalah calon ibu yang sedang menunggu sang buah hati lahir ke dunia, berikut ini ada beberapa promo spesial Hari Ibu yang bisa kamu nikmati:

  • Discount up to 50% + additional Discount 10k for Paket Sehat Chat Obgyn.
  • Discount 22% max 50k for Obgyn Check Up.

Selain itu, anggota keluarga lain juga mendapatkan Discount up to 60% + additional discount up to 50k for minimum purchase 150k for all di Toko Kesehatan Halodoc. Jika ingin melakukan Beauty Treatment dengan anggota ibu, adik, atau kakak, Halodoc memberikan Discount 25% up to 50k, minimal untuk 2 orang.

Promo ini berlaku dari tanggal 16-22 Desember. Jadi, jangan sampai terlambat untuk menikmati promo spesial Hari Ibu, ya! Yuk, download Halodoc sekarang juga!




Referensi:

NDTV Food. Diakses pada 2021. Mother’s Day 2019: How to take Charge of Her Health?

CDC. Diakses pada 2021. Women’s Health - Mother’s Day.

KDAH Blog. Diakses pada 2021. Mother’s Day, Health Special.