Wajah Berminyak Lebih Berisiko Banyak Komedo?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Januari 2020
Wajah Berminyak Lebih Berisiko Banyak Komedo?Wajah Berminyak Lebih Berisiko Banyak Komedo?

Halodoc, Jakarta - Coba luangkan waktu sejenak untuk mematut diri di depan cermin. Pernahkah kamu memperhatikan dengan lebih detail apa tipe kulit wajahmu? Apakah normal, kering, atau justru berminyak? Kulit yang berminyak terjadi ketika salah satu kelenjar, yaitu sebaceous memproduksi minyak di kulit dalam jumlah berlebih. Akibatnya, kulit muka akan tampak mengilap atau berkilau. 

Sebenarnya, minyak di kulit membantu menjaga kelembapan kulit. Namun, apabila kadarnya berlebih, tentu akan berisiko menimbulkan masalah. Nah, kehadiran minyak berlebih ini tidak hanya ada di wajah, tetapi juga kulit kepala yang membuat kepala kamu rentan berketombe dan gatal. Tentu, kamu perlu melakukan perawatan yang tepat agar kulit berminyak tidak menimbulkan masalah. 

Benarkah Kulit Berminyak Rentan Muncul Banyak Komedo?

Salah satu masalah yang rentan menyerang kulit wajah yang berminyak adalah jerawat. Bukan tanpa alasan, kemunculan jerawat ini terjadi karena kotoran dengan mudahnya menempel pada kulit yang membuat pori-pori kulit wajah tersumbat. Apalagi kalau kamu lebih sering beraktivitas di luar ruangan dan tidak langsung membersihkan rias wajah sesampainya di rumah. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Berminyak

Ternyata, selain jerawat, masalah lain yang rentan terjadi pada kulit wajah yang berminyak adalah munculnya komedo. Belum lagi ditambah dengan rambut yang mudah menjadi lepek dan berbau kurang sedap karena minyak berlebih juga hadir di kulit kepala. Pastinya, ini akan membuat kamu kehilangan kepercayaan diri. Ya, masalah jerawat dan komedo memang sangat menyita perhatian kalau sudah membicarakan kecantikan kulit wajah, apalagi pada wanita. 

Sebenarnya, kamu tidak perlu sampai pergi ke dokter kalau memiliki kulit wajah yang cenderung berminyak. Namun, kalau jerawat dan komedo sudah bermunculan dan ini sangat mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas, kamu bisa bertanya pada ahli kecantikan kulit, perawatan, atau pengobatan apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi kemunculan jerawat dan komedo ini. Supaya lebih mudah, kamu pakai saja aplikasi Halodoc. Jadi, Tanya Dokter kapan saja dan di mana saja, cukup tekan satu aplikasi. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Berminyak

Mengatasi dan Mencegah Kulit Wajah Berminyak

Lalu, bagaimana caranya mengatasi kulit wajah yang berminyak? Pastinya dengan menjaga kebersihan kulit ya, salah satunya bisa kamu lakukan dengan rutin mencuci atau membersihkan muka. Namun, selalu berhati-hati dengan produk pembersih muka yang kamu pakai. Usahakan produk yang kamu pilih memang dirancang untuk kulit wajah yang berminyak, bukan jenis kulit lainnya. 

Kulit berminyak juga bisa terjadi karena kamu salah memilih produk kecantikan atau rias wajah. Jadi, selain produk pembersih muka, kamu juga perlu cermat ketika hendak membeli make-up. Sebaiknya, hindari semua produk kecantikan yang mengandung minyak, karena ini memicu kulit wajah semakin terlihat berminyak. Jangan lupa, rutin juga membersihkan rambut alias keramas ya. Kamu bisa memilih shampo yang dibuat untuk kulit kepala berminyak. 

Nah, tindakan pencegahan yang bisa kamu lakukan adalah tidak menggunakan riasan berlebihan, karena akan membuat wajah semakin terlihat basah dan mengkilap. Ketika merias, sebaiknya hindari menggunakan alas bedak, karena produk inilah yang menyumbat pori dan menyebabkan munculnya jerawat dan komedo. Jika memang diperlukan, kamu pun bisa rutin menggunakan masker wajah untuk kulit berminyak.

Baca juga: 10 Makanan Ini Ampuh Cegah Kulit Berminyak

Jadi, jangan takut lagi dengan kondisi kulit berminyak. Penanganan dan perawatan yang tepat bisa mengurangi kadar minyak berlebih di wajah, juga jerawat dan komedo yang membandel. Selalu jaga kebersihan wajah ya, minimal rutin mencuci muka setelah kamu beraktivitas di luar rumah seharian dan mengenakan riasan. 



Referensi: 
Everyday Health. Diakses pada 2019. The 6 Most Effective Ways to Manage Oily Skin.
Verywell Health. Diakses pada 2019. Tips for Treating Acne and Oily Skin.
Healthline. Diakses pada 2019. 7 Causes of Oily Skin.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan