01 March 2018

10 Makanan Ini Ampuh Cegah Kulit Berminyak

10 Makanan Ini Ampuh Cegah Kulit Berminyak

Halodoc, Jakarta – Mengatasi kulit berminyak tidak hanya lewat pemilihan produk ataupun punya ritual khusus rutin membersihkan kulit wajah. Menjaga pola makan juga bisa jadi salah satu cara untuk mencegah kulit berminyak. Coba deh, diingat-ingat bagaimana kebiasaan makan kamu?

Gorengan yang tidak pernah putus menjadi dessert setiap makan siang, milkshake kental setiap kali break jam kantor dan tidak lupa kacang cokelat? Pantas saja produksi minyak di kulit wajah semakin menjadi dan tak terkontrol.

Senang-senang boleh sih, tapi harus tetap punya rem dan memperbanyak jenis makanan untuk mencegah kulit berminyak. Yuk, intip 10 makanan ampuh ini! (Baca juga Untuk Hidup Lebih Sehat, Ini 4 Nutrisi Penting untuk Wanita)

  1. Mentimun

Selain paling pas meredakan mata panda dan cocok untuk maskeran, mentimun juga salah satu makanan untuk mencegah kulit berminyak. Kandungan air yang tinggi, kaya akan Vitamin A, B, C, mineral, serat dan membantu mendinginkan perut. Kalau kamu agak ogah memakannya mentah, bisa dipadankan untuk ingredients salad, kok!

  1. Alpukat

Alpukat dapat mencegah sekresi minyak dan melembabkan kulit sehingga kenyal, elastis dan lembut. Vitamin E yang tinggi pada alpukat membuatnya sangat baik untuk kesehatan kulit. Selain direkomendasikan untuk kesehatan kulit, alpukat juga dapat menjaga kesehatan jantung.

  1. Sayuran Hijau

Seperti bayam, kangkung, sawi, brokoli, lalapan termasuk jenis makanan untuk mencegah kulit berminyak. Tidak semua sayuran oke untuk kulit berminyak, tergantung pengolahannya juga. Misalnya seperti daun singkong yang diolah dengan santan atau sayur nangka, termasuk kriteria yang berlemak.

  1. Ikan Salmon

Kandungan omega 3-nya yang tinggi demikian juga mineral, Vitamin B 12 dan DHA-nya membuat kulit sehat bercahaya. Tidak hanya makanan yang ampuh untuk mencegah kulit berminyak, salmon juga disarankan dikonsumi untuk kamu yang sedang menjalankan diet rendah kalori.

  1. Air Kelapa

Minum air kelapa rutin setiap hari tidak hanya bagus untuk kesehatan dari dalam seperti membersihkan pencernaan, menghindari dehidrasi, membersihkan tubuh dari toksin tetapi juga membuat kulit bersih dan bercahaya. Air kelapa membantu menyeimbangkan kadar minyak dalam tubuh sehingga produksinya tidak berlebihan.

  1. Pisang

Buat kamu yang punya kulit berminyak, mengonsumsi pisang setiap hari bisa mengontrol produksi minyak berlebih. Pisang juga bisa digunakan untuk detoksifikasi sehingga mengatur pori-pori dan mencegah kotoran masuk yang seringnya menimbulkan penumpukan minyak.

  1. Almond

Almond adalah jenis kacang-kacangan yang bagus dimakan untuk mencegah kulit berminyak. Kamu bisa mengemilnya seperti biasa atau juga mencampurkannya ke dalam yogurt ataupun susu untuk dimakan bersama cornflakes atau oatmeal.

  1. Air Putih

Mengonsumi air putih secara rutin sangat bagus untuk mengontrol produksi minyak berlebih. Jadikan air putih sebagai pilihan minuman saat makan ketimbang minuman manis. Asupan makanan manis yang tinggi bisa merangsang minyak berlebih di wajah juga.

  1. Jus Jeruk

Kandungan Vitamin C yang tinggi pada jeruk adalah antioksidan yang bagus untuk kulit. Mengurangi jerawat dan meringankan minyak pada kulit wajah. Nah, selain jeruknya bisa dimakan, kulit jeruk bisa untuk toner juga. Caranya adalah dengan merebus kulit jeruk dengan air panas lalu didiamkan semalaman. Buang kulit jeruknya lalu simpan di dalam lemari es, siap digunakan untuk toner.

  1. Coklat Hitam

Tidak semua coklat bisa bikin kulit berminyak, kamu bisa kok makan coklat hitam. Soalnya coklat hitam mengandung antioksidan yang baik untuk kulit. Bahkan bisa dua kali lebih baik ketimbang Vitamin C.

Sudah tahu kan, jenis-jenis makanan untuk mencegah kulit berminyak? Kalau kamu punya pertanyaan lebih jauh soal kulit berminyak, silahkan ajukan di Halodoc. Cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store, melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih ngobrol lewat Video/Voice Call atau Chat dan langsung terhubung dengan dokter-dokter spesialis di bidangnya.