Wajah Bulat Membengkak, Ini 6 Penyebab Terjadinya Moon Face

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 September 2022

“Mengetahui penyebab moon face penting agar bisa mengatasinya dengan cara tepat. Kondisi medis tertentu, obat-obatan, dan peningkatan berat badan merupakan beberapa faktor yang bisa menyebabkan wajah membengkak dan terlihat lebih bulat.”

Wajah Bulat Membengkak, Ini 6 Penyebab Terjadinya Moon FaceWajah Bulat Membengkak, Ini 6 Penyebab Terjadinya Moon Face

Halodoc, Jakarta – Bila kamu mengalami pembengkakan pada wajah yang membuatnya menjadi bulat dan sembab, kamu mungkin saja mengalami moon face. Kondisi tersebut sering terjadi akibat penggunaan steroid, seperti prednison, untuk jangka waktu yang lama.

Moon face juga bisa menjadi gejala kondisi kesehatan lainnya, termasuk sindrom Cushing dan hipotiroidisme. Meskipun pembengkakan wajah tersebut tidak berbahaya atau menyakitkan, moon face tentu bisa membuat orang yang mengalaminya menjadi tidak percaya diri. Nah, dengan mengetahui penyebabnya, moon face pun bisa diatasi dengan cara yang tepat.

Kenali Penyebab Moon Face

Moon face adalah istilah untuk pembengkakan di wajah yang membuatnya menjadi lebih bulat. Ketika kamu mengalami kondisi tersebut, bentuk wajah kamu secara bertahap akan berubah menjadi lebih penuh. Saat bercermin, kamu mungkin juga tidak bisa melihat telinga kamu sebaik seperti dulu. Hal itu karena tubuh menyimpan lemak di sepanjang sisi tengkorak di sekitar wajahmu.

Moon face sering dikaitkan dengan berat badan berlebih atau obesitas. Namun, hal itu juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya, seperti kondisi medis, obat-obatan dan gaya hidup. Berikut beberapa penyebab umum moon face:

1. Pengobatan Steroid

Obat steroid, seperti prednison, bisa menyebabkan peningkatan berat badan di wajah. Akibatnya, wajah orang tersebut bisa terlihat bengkak, sembab dan bulat.

Namun, gejala-gejala tersebut biasanya bisa menghilang begitu konsumsi obat steroid dihentikan. Mengurangi dosis steroid juga bisa meredakan gejala. Namun, kamu tidak dianjurkan untuk menghentikan atau mengurangi dosis pengobatan, tanpa membicarakannya terlebih dahulu dengan dokter.

2. Sindrom Cushing

Pada orang yang mengidap sindrom Cushing, tubuh mereka memproduksi terlalu banyak kortisol, hormon yang terkait dengan stres. Kortisol memengaruhi tekanan darah dan glukosa darah, sehingga bisa menyebabkan peradangan.

Nah, peradangan inilah yang bisa menyebabkan pengidap memiliki moon face. Beberapa pengidap bahkan juga mengembangkan punuk di punggung atas mereka. Namun, gejala pada wajah dan punggung tersebut bisa menghilang bila sindrom Cushing diobati.

3. Diabetes dan Resistensi Insulin

Pengidap diabetes atau resistensi insulin bisa mengalami peningkatan berat badan, karena tubuh mereka tidak bisa memecah glukosa dengan mudah. Akibatnya, tubuh akan menyimpan kelebihan glukosa sebagai energi dalam bentuk lemak. Seiring waktu, hal itu bisa menyebabkan penambahan berat badan, yang akan menyebabkan wajah bengkak atau moon face.

Bila kamu tiba-tiba mengalami kenaikan berat badan, padahal tidak ada yang berubah dari pola makan dan gaya hidup, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Pasalnya, peningkatan berat badan tersebut bisa saja disebabkan oleh kondisi medis.

4. Peningkatan Berat Badan

Berat badan yang meningkat bisa menyebabkan wajah terlihat lebih bulat. Masalahnya, tidak mungkin untuk mengurangi lemak tubuh hanya pada wajah, jadi latihan wajah tidak akan mengubah moon face. Namun, menurunkan berat badan secara berlebih bisa membuat wajah menjadi lebih tirus.

5. Peningkatan Pelepasan Hormon

Peningkatan pelepasan hormon, adrenocorticotropic hormone (ACTH), dari kelenjar pituitari juga bisa mendorong kelenjar adrenal untuk memproduksi kortisol yang berlebihan. Hal itu bisa menyebabkan peradangan yang membuat wajah membengkak.

6. Tumor Non-hipofisis

Tumor non hipofisis, seperti tumor paru-paru, pankreas, atau kelenjar timus, juga bisa menyebabkan pelepasan ACTH dalam jumlah besar.

Cara Mengatasinya

Moon face bukanlah kondisi yang berbahaya, sehingga sebenarnya tidak perlu diobati. Namun, kondisi tersebut bisa dihilangkan dengan mengobati kondisi mendasar yang menjadi penyebabnya.

Misalnya, banyak orang dengan sindrom Cushing memiliki tumor yang mengeluarkan ACTH yang menyebabkan moon face. Nah, mengangkat tumor bisa mengobati sindrom tersebut, sehingga wajah bengkak bisa menghilang. 

Berikut beberapa cara lainnya untuk mengatasi moon face berdasarkan penyebabnya.

  • Mengurangi dosis steroid atas anjuran dokter.
  • Beralih ke steroid yang berbeda setelah membicarakannya dengan dokter.
  • Mengubah gaya hidup, seperti mengurangi konsumsi garam atau memperbanyak minum air.

Itulah penyebab moon face yang perlu kamu ketahui. Bila kamu mengalami kondisi tersebut, kamu bisa mencari tahu penyebabnya dengan memeriksakan diri ke dokter. 

Kamu bisa memeriksakan kesehatanmu dengan buat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. What is moon face?.
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Moon Face and What Can You Do About It?.
WebMD. Diakses pada 2022. Moon Facies

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan