Kenali Gejala Moon Face dan Cara Mengatasinya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   19 September 2022

“Moon face adalah masalah pembengkakan pada wajah hingga terlihat seperti bulan. Untuk mengatasinya, perlu tahu berbagai gejala dan cara mengatasinya.”

Kenali Gejala Moon Face dan Cara MengatasinyaKenali Gejala Moon Face dan Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mendengar istilah moon face? Ternyata, ini adalah gangguan yang menyebabkan wajah seseorang terlihat bulat mirip dengan bulan. Hal ini disebabkan pembengkakan pada wajah.

Kondisi ini kerap dihubungkan dengan obesitas, meski bisa juga disebabkan karena sindrom cushing. Maka dari itu, kondisi ini kondisi ini disebut juga sebagai tampilan cushingoid. Sindrom cushing terjadi saat tubuh memiliki hormon kortisol yang terlalu tinggi.

Gangguan pada wajah ini dapat menyebabkan kepercayaan diri seseorang menurun. Namun, pembengkakan pada wajah bukan hanya terjadi pada gangguan ini. Maka dari itu, perlu tahu berbagai gejala yang ditimbulkan, serta cara mengatasinya yang tepat!

Berbagai Gejala dari Moon Face yang Perlu Diketahui

Seseorang yang alami moon face memiliki gejala berupa wajah yang secara bertahap membulat, membesar, atau membengkak. Sisi wajah menjadi sangat bulat seperti adanya penumpukan lemak, sehingga telinga tidak dapat dilihat dari bagian depan wajah. Akhirnya, wajah terlihat layaknya bulan.

Lalu, apa saja sih yang menjadi penyebab seseorang alami moon face?

1. Sindrom Cushing

Pada seseorang yang mengalami sindrom ini, tubuh memproduksi terlalu banyak kortisol yang merupakan hormon terkait stres. Kortisol mampu memengaruhi tekanan darah dan glukosa di dalam darah, sehingga menimbulkan peradangan.

Nah, peradangan ini yang membuat seseorang alami moon face. Beberapa orang juga dapat mengembangkan punuk di punggung atas di tubuhnya. Mengobati sindrom ini juga dapat mengatasi pembengkakan pada wajah tersebut.

2. Pengobatan Steroid

Seseorang yang mengonsumsi obat steroid dapat menyebabkan penambahan berat badan, termasuk di wajah. Hal ini dapat membuat wajah seseorang terlihat bengkak dan membulat, atau alami moon face.

Masalah ini bisa menghilang saat seseorang berhenti menggunakan obat ini. Dosis steroid yang lebih rendah juga dapat membuat wajah tidak membengkak terlalu parah.

Meski alami moon face dapat menurunkan kepercayaan diri, pastikan untuk tetap mengonsumsi obat ini sesuai dengan resep dari dokter. Dengan menghentikan atau mengurangi pengobatan tanpa saran dari dokter bisa sangat berbahaya.

3. Penambahan Berat Badan

Seseorang yang alami penambahan berat badan dapat mengalami moon face. Maka dari itu, jika tidak ingin alami masalah pada wajah ini, ada baiknya untuk menurunkan bobot tubuh ke angka yang ideal.

Cara Mengatasi Moon Face

Moon face pada dasarnya bukan kondisi medis yang berbahaya, sehingga tidak perlu diobati. Mengelola masalah pada wajah ini biasanya dimulai dengan mengobati kondisi mendasar yang menjadi penyebabnya.

Contohnya, seseorang yang mengidap sindrom Cushing perlu diobati dengan cara pembedahan. Hal ini dapat mengatasi moon face yang dialami.

Lalu, beberapa pilihan perawatan untuk mengurangi pembengkakan pada wajah ini akibat konsumsi steroid, yaitu:

  • Beralih ke jenis steroid yang berbeda dengan persetujuan dokter.
  • Mengonsumsi dosis yang lebih rendah, tetap dengan persetujuan dokter.
  • Melakukan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi sedikit garam dan minum lebih banyak air putih.

Itulah pembahasan mengenai gejala moon face dan cara mengatasinya yang bisa dilakukan. Memang masalah ini tidak membahayakan, tetapi dapat menurunkan kepercayaan diri. Jika merasa perlu atasi masalah ini, ada baiknya bertanya pada dokter pribadi untuk mengatasinya.

Kamu juga bisa lho menggunakan fitur tanya dokter dari Halodoc untuk bertanya cara ampuh atasi moon face. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone yang dimiliki. Maka dari itu, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2022. Moon Facies.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What is moon face?
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Moon Face and What Can You Do About It?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan