• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Wajib Tahu, 5 Gaya Hidup Baru di Masa Pandemi

Wajib Tahu, 5 Gaya Hidup Baru di Masa Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Wajib Tahu, 5 Gaya Hidup Baru di Masa Pandemi

Halodoc, Jakarta - COVID-19 telah mengubah banyak rutinitas harian dengan cara yang tidak diantisipasi siapa pun. Kini banyak orang yang terpaksa harus lebih banyak berada di rumah untuk meminimalkan risiko penularan. Namun, terisolasi dan berada di rumah dapat meningkatkan godaan untuk meninggalkan gaya hidup sehat. Seperti misalnya kurang memperhatikan asupan makanan yang masuk karena terlalu banyak makan camilan, junk food, dan makanan berkualitas rendah yang hanya memberikan kepuasan instan untuk lidah. Selain itu, aktivitas fisik pun berkurang karena aktivitas hanya di rumah saja. 

Dengan perubahan gaya hidup yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, ada potensi normalisasi gaya hidup yang tidak sehat. Padahal, menjaga tubuh tetap fit dan sehat selama pandemi adalah hal yang sangat penting untuk menghindarkan diri dari berbagai penyakit. Lantas, apa saja yang kini dapat dilakukan untuk mempertahankan gaya hidup dan rutinitas yang sehat dan aktif selama pandemi? Berikut ulasannya! 

Baca juga: Hadapi Virus Corona, Ini Hal yang Harus dan Jangan Dilakukan

Gaya Hidup Sehat Selama Pandemi

Ada beberapa gaya hidup sehat yang wajib kamu terapkan selama pandemi, antara lain:

Tetap Aktif

Pusat kebugaran mungkin tidak buka, tetapi ada banyak alternatif aman untuk melakukan aktivitas fisik tanpa bertentangan dengan protokol kesehatan. Misalnya adalah senam aerobik yang bisa dilakukan di rumah. Hal penting lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah menghindari keramaian tidak berarti menghindari alam. Jalan kaki atau jogging di luar ruangan yang tidak ramai orang juga dianggap relatif aman. Push-up, sit-up, jumping-jack, dan lebih banyak latihan fisik adalah cara yang bagus untuk menjaga kebugaran selama pusat kebugaran masih tutup. 

Namun, jika kamu habis berolahraga di luar ruangan, bepergian, atau bahkan sekadar habis belanja bulanan, segera bersihkan tubuh untuk meminimalisir penularan virus corona. Ingat, virus SARS-CoV-2 ini tak kasat mata. Jadi, cara terbaik untuk mencegahnya adalah segera mandi dan berganti pakaian usai bepergian dari luar rumah.

Tidur yang Cukup

Tidur yang nyenyak sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Menurut U.S. National Institutes of Health menjelaskan bahwa tidur pada gilirannya dapat memengaruhi sistem pertahanan tubuh. Meski jumlah tidur yang dibutuhkan untuk kesehatan yang baik dan kinerja optimal sebagian besar tergantung pada individu, para ahli merekomendasikan orang dewasa usia 18-60 tahun untuk tidur tujuh jam atau lebih per malam.

Baca juga: Cegah Corona dengan Cuci Tangan, Perlukah Pakai Sabun Khusus?

Menjaga Asupan Makanan

Mempraktikkan disiplin diri dan menghindari "makan secara emosional" karena stres yang mungkin terkait dengan perubahan selama pandemi COVID-19 sangatlah penting. Menurut ahli, makanan utuh seperti sayuran hijau tua, buah-buahan, dan kacang-kacangang sarat dengan vitamin, serat, dan mineral. Biasakan untuk lebih banyak makan makanan bergizi yang tinggi vitamin dan hindari makanan olahan. 

Jika diperlukan, kamu juga perlu konsumsi suplemen seperti vitamin yang bisa dengan mudah kamu dapatkan di Halodoc lewat fitur beli obat. Kurang dari satu jam, pesanan kamu pun akan diantar langsung ke rumahmu. Jadi, kamu tak perlu keluar rumah untuk membeli obat dan kebutuhan kesehatan lainnya, sehingga meminimalkan kemungkinan tertular virus dan penyakit.

Perawatan Diri

Luangkan waktu untuk merawat diri sendiri. Bersikaplah suportif dan sarankan hal yang sama untuk orang-orang terdekat. Lakukan meditasi, relaksasi, habiskan waktu berkualitas bersama keluarga, atau perawatan pribadi untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Cara ini juga bisa efektif untuk mengatasi stres dan kecemasan selama pandemi. Ingat, kesehatan tak akan jadi optimal jika kesehatan fisik dan mental tidak seimbang.

Rawat Kondisi Kesehatan

Jika kamu memiliki obat yang diresepkan untuk kondisi apapun, pastikan untuk meminumnya seperti yang disarankan. Kondisi kronis seperti hipertensi, diabetes, asma dan banyak lainnya harus diawasi dengan minum obat sesuai resep. Pastikan untuk menghubungi tim perawatan kesehatan jika ada gejala yang mencurigakan. 

Namun, kamu tidak perlu keluar rumah untuk memeriksakan diri atau anggota keluargamu untuk mendapatkan penanganan kesehatan. Karena melalui Halodoc, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter umum dan dokter spesialis kapan dan di mana saja. 

Baca juga: Awas, Ini 8 Mitos Virus Corona yang Menyesatkan 

Itulah beberapa gaya hidup sehat yang perlu diterapkan selama pandemi untuk menjaga diri dan menjaga kesehatan orang terdekatmu. Namun, jika kamu menemukan gejala yang mencurigakan dan mirip COVID-19, segera diskusikan dengan dokter di Halodoc. Kamu juga bisa buat janji untuk melakukan rapid test lewat aplikasi Halodoc

Yuk, manfaatkan semua fitur di Halodoc yang memudahkanmu dan pastinya membantu menjaga kesehatan kamu dan keluarga selama pandemi. Download aplikasinya sekarang di App Store atau Google Play!

ReferensI:
American Society for Nutrition. Diakses pada 2020. How to Stay Fit and Healthy During Coronavirus (COVID-19) Pandemic.
Madigan Army Medical Center. Diakses pada 2020. COVID-19: Lifestyle Tips to Stay Healthy During the Pandemic.
World Health Organization. Diakses pada 2020. #HealthyAtHome.