Waktu Terbaik Vaksin untuk Cegah Kanker Serviks

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   04 Januari 2023

“Kanker serviks bisa dicegah dengan mendapatkan vaksin HPV. Vaksin ini sebaiknya didapatkan sejak dini saat usia 11-12 tahun untuk dosis pertama, dan dosis kedua diberikan enam bulan sejak dosis pertama.”

Waktu Terbaik Vaksin untuk Cegah Kanker ServiksWaktu Terbaik Vaksin untuk Cegah Kanker Serviks

Halodoc, Jakarta – Serviks merupakan salah satu bagian dari organ tubuh wanita. Bagian ini juga rentan mengalami berbagai penyakit, salah satunya adalah kanker. Kanker serviks terjadi ketika muncul sel-sel kanker pada bagian serviks. Penyakit ini terkait langsung dengan infeksi Human papillomavirus (HPV)

Penyakit ini bisa dialami oleh wanita yang masuk ke dalam kelompok usia 35-44 tahun. Sangat penting rutin melakukan pemeriksaan kesehatan reproduksi dan melakukan vaksin untuk mencegah penyakit ini. Simak ulasan mengenai waktu terbaik vaksin untuk cegah kanker serviks.

Waktu untuk Melakukan Vaksin Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan penyakit yang berbahaya bagi para wanita. Penyakit yang terkait dengan infeksi HPV ini bisa menular melalui kegiatan seksual. Virus ini dapat menyebabkan mutasi pada sel sehat dalam serviks menjadi sel yang abnormal.

Sel abnormal dapat berkembang dan tumbuh dengan cepat sehingga menyebabkan kanker. Bahkan, jika tidak diatasi dengan cepat, sel kanker dapat menyerang dan menyebar ke bagian atau jaringan terdekat serviks.

Untuk itu sangat penting melakukan pencegahan kanker serviks agar kamu terhindar dari penyakit ini. Kanker serviks bisa dicegah dengan menjalankan kegiatan seksual yang aman. Contohnya, tidak berganti pasangan seksual dan selalu menggunakan kondom.

Selain itu, kamu juga perlu melakukan pemeriksaan organ reproduksi secara rutin dengan melakukan tes pap smear. Pemeriksaan ini berguna untuk mendeteksi adanya gangguan kesehatan serviks sejak dini. 

Kamu juga bisa mendapatkan vaksin kanker serviks atau vaksin HPV sebagai upaya pencegahan penyakit ini. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk melakukan vaksin HPV? 

Vaksin ini bisa dilakukan sejak wanita berusia sembilan tahun dalam dua dosis sebagai langkah pencegahan.Dosis yang pertama akan diberikan saat usia 9 atau 11-12 tahun. Kemudian, akan dilanjutkan dengan dosis kedua enam bulan setelah dosis pertama.

Selain mencegah kanker serviks, vaksin ini juga bisa digunakan untuk mencegah kanker mulut, tenggorokan, anus, hingga kutil kelamin. Dengan begitu, vaksin ini bisa dilakukan baik pria maupun wanita.

Waspada Gejala Kanker Serviks

Ada berbagai tahapan yang bisa dialami oleh pengidap kanker serviks, seperti:

  • Tahap 1. Kanker hanya ditemukan pada bagian serviks dan belum menyebar ke bagian tubuh lainnya. Ukurannya pun masih terbilang kecil.
  • Tahap 2. Kanker telah menyebar ke luar serviks dan rahim. Namun, belum menyebar hingga dinding panggul atau vagina.
  • Tahap 3. Kanker telah menyebar ke bagian vagina, dinding panggul, dan ureter. Bahkan, pada tahap ini kemungkin sel kanker telah menyerang kelenjar getah bening.
  • Tahap 4. Kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang lainnya. Misalnya, kandung kemih, jantung, tulang, hingga paru-paru.

Kebanyakan pada tahap pertama kanker serviks sulit dideteksi. Gejala pun berkembang sangat lambat. Namun, ada beberapa kondisi yang perlu diwaspadai, seperti:

  • Munculnya cairan yang berbau dari vagina.
  • Perdarahan di luar menstruasi.
  • Waktu menstruasi yang lebih panjang.

Tidak ada salahnya segera melakukan pemeriksaan ke dokter jika kamu mengalami keluhan kesehatan yang terkait dengan gejala awal penyakit ini. Pemeriksaan dini membuat perawatan dan pengobatan lebih mudah untuk dilakukan.

Tanpa perawatan dan pengobatan yang tepat, gejala dapat semakin memburuk. Ada beberapa gejala yang dirasakan ketika sel kanker telah menyebar ke jaringan atau bagian terdekat serviks, seperti:

  • Rasa nyeri saat buang air kecil.
  • Muncul darah pada urine dan feses.
  • Kelelahan dan lemas.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Nyeri perut bagian bawah.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat. Kamu bisa cek kebutuhan medis yang kamu perlukan menggunakan Halodoc jika mengalami keluhan kesehatan secara tiba-tiba.

Obat yang kamu butuhkan akan langsung diantar ke tempat kamu di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play.

Referensi:

Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Cervical Cancer.

Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Cervical Cancer.

CDC. Diakses pada 2023. HPV Vaccine.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan