Waspada Diabetes Bisa Sebabkan Komplikasi Penyakit Jantung dan Hipertensi

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   16 September 2021
Waspada Diabetes Bisa Sebabkan Komplikasi Penyakit Jantung dan HipertensiWaspada Diabetes Bisa Sebabkan Komplikasi Penyakit Jantung dan Hipertensi

ubuh, sehingga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. 

Diabetes dan Hipertensi Picu Penyakit Jantung

Pengidap diabetes rentan untuk terkena serangan jantung, tetapi risikonya semakin tinggi pada pengidap diabetes tipe 2. Hubungan antara penyakit diabetes dengan serangan jantung berawal dari tingginya kadar gula pengidap diabetes. Pasalnya, kadar gula yang tinggi bila dibiarkan tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Hal ini dikarenakan, glukosa berlebih yang mengalir dalam darah pengidap diabetes dapat merusak pembuluh darah dan akhirnya memicu serangan jantung. Melansir dari Direktorat P2PTM Kementerian Kesehatan RI, bila pembuluh darah besar koroner mengalami kerusakan akibat diabetes yang tidak terkontrol, maka pembuluh darah jantung yang rusak dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan serangan jantung mendadak.

Selain itu, tingginya tekanan darah akibat hipertensi dapat mengakibatkan aterosklerosis. Kondisi tersebut adalah terjadinya penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah koroner, sehingga menimbulkan pembentukan plak. Plak yang terbentuk ini nantinya akan membuat pembuluh darah koroner menyempit, bahkan penyumbatan mendadak juga bisa saja terjadi. Akibatnya, gejala seperti nyeri pada dada, sesak napas, irama jantung tidak teratur, pingsan, hingga dampak yang lebih fatal dapat terjadi. Sebab, asupan darah yang dialirkan ke seluruh tubuh menuju jantung tidak dapat tercukupi dengan baik.

Tak hanya mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah koroner, tekanan yang berlebihan pada pembuluh darah akan membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. Kondisi ini dapat memicu terjadinya penebalan dan penurunan elastisitas otot jantung.

Baca juga: Diabetes Melitus Picu Terjadinya Gangguan Sistem Endokrin

Jangan Sampai Putus Obat

Penjelasan sebelumnya membuktikan bahwa diabetes sangat berkaitan dengan hipertensi, yang bila dibiarkan nantinya dapat memicu terjadinya komplikasi penyakit jantung. Keduanya saling berkesinambungan dan memiliki faktor pemicu yang sama.  Maka dari itu, pengidap diabetes dan hipertensi tentu harus menjalani pengobatan sesuai anjuran dokter. 

Sebenarnya penggunaan obat-obatan tidak dapat menyembuhkan diabetes atau hipertensi secara total. Namun, melalui konsumsi obat diabetes dan suntik insulin, pengidap diabetes dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Pengidap hipertensi pun juga dapat menjaga tekanan darahnya melalui penggunaan obat. Alhasil, risiko terjadinya komplikasi yang lebih serius seperti penyakit jantung dapat berkurang. 

Selain itu, penerapan gaya hidup yang lebih sehat juga perlu diterapkan. Misalnya seperti mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan kaya nutrisi, menghindari asupan yang dianggap pantangan, rutin berolahraga, serta mengelola stres dengan baik.  

Baca juga: Adakah Hubungan Diabetes dengan Hipertensi? Begini Penjelasannya

Selain menjalani pengobatan dan menerapkan pola hidup sehat, pemeriksaan fisik secara rutin juga diperlukan bagi pengidap diabetes. Apabila kamu atau orang terdekatmu mengidap diabetes dan memerlukan pemeriksaan fisik, kamu dapat membuat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa harus menunggu atau mengantri berlama-lama di rumah sakit. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

WebMD. Diakses pada 2021. Diabetes and High Blood Pressure
CDC. Gov. Diakses pada 2021. Diabetes and Your Heart
Heart Foundation. Diakses pada 2021. Diabetes and heart disease
P2PTM Kementerian Kesehatan. Diakses pada 2021. Kerusakan pada pembuluh darah besar akibat Diabetes Melitus yang tidak terkontrol

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan