• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waspada Komplikasi yang Disebabkan Neurofibromatosis Tipe 2

Waspada Komplikasi yang Disebabkan Neurofibromatosis Tipe 2

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mendengar tentang neurofibromatosis? Kondisi ini merupakan kelainan genetik yang menyebabkan munculnya tumor pada pada jaringan saraf. Tumor dapat muncul di area mana saja pada sistem saraf, termasuk pada bagian otak dan sumsum tulang belakang. Neurofibromatosis umumnya dapat dideteksi sejak masa kanak-kanak atau remaja.

Baca juga: Benarkah Neurofibromatosis Tipe 2 Disebabkan Faktor Genetik?

Neurofibromatosis memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah neurofibromatosis tipe 2. Meskipun umumnya tumor yang muncul akibat neurofibromatosis tidak berkembang menjadi tumor ganas, kondisi ini masih berbahaya dan menyebabkan beragam komplikasi kesehatan. Nah, ketahui lebih banyak mengenai komplikasi yang terjadi akibat neurofibromatosis tipe 2.

Ini Komplikasi Akibat Neurofibromatosis Tipe 2

Neurofibromatosis tipe 2 lebih jarang terjadi dibandingkan neurofibromatosis tipe 1, serta dapat menyerang segala usia dan gejalanya muncul pada saat remaja. Tumor neurofibromatosis tipe 2 bisa muncul pada bagian saraf kranial. Saraf ini menghubungkan telinga bagian dalam menuju otak. Munculnya tumor pada bagian ini menyebabkan gangguan pendengaran dan juga masalah keseimbangan pada pengidapnya.

Melansir Healthline, tumor lain yang bisa muncul pada pengidap neurofibromatosis tipe 2 dikenal juga dengan Schwannoma. Tumor ini berasal dari sel Schwann yang melindungi sel saraf dan neurotransmitter. Schwannoma pada sumsum tulang belakang rentan dialami pengidap neurofibromatosis tipe 2. Jika Schwannoma tidak diatasi dengan baik, maka bisa menyebabkan kelumpuhan pada pengidapnya.

Baca juga: Ketahui Faktor yang Meningkatkan Risiko Terkena Neurofibromatosis Tipe 2

Neurofibromatosis tipe 2 juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Hal ini dapat diturunkan ketika orangtua memiliki riwayat kesehatan dengan neurofibromatosis tipe 2 sebelumnya. Selain itu, menurut Mayo Clinic, ada beberapa komplikasi lain yang disebabkan oleh neurofibromatosis tipe 2, seperti tuli sebagian atau total, kerusakan pada saraf wajah, mengalami gangguan penglihatan, tumor otak jinak, dan tumor tulang belakang.

Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat saat kamu mengalami gejala, seperti gangguan pendengaran yang memburuk setiap harinya, mengalami sensasi adanya suara-suara yang cukup mengganggu pada telinga, atau masalah keseimbangan ketika berjalan atau beraktivitas.

Tumor yang muncul pada bagian otak atau tulang belakang juga menyebabkan pengidap alami kesulitan menggerakan tangan dan kaki serta sakit kepala yang tidak kunjung reda.

Lakukan Pemeriksaan Neurofibromatosis Tipe 2

Melansir National Health Service UK, mendiagnosis neurofibromatosis tipe 2 pada anak-anak dan remaja umumnya lebih mudah dilakukan dengan gejala yang muncul pada kesehatan seseorang. Bahkan, gejala dapat terlihat pada bayi sejak ia dilahirkan.

Namun, gejala neurofibromatosis tipe 2 tidak selalu dapat terdeteksi sebelum anak-anak menginjak usia 5 tahun. Hal ini disebabkan tumor yang muncul terkadang membutuhkan waktu lama untuk berkembang sehingga gejala yang muncul juga akan lambat.

Jika seseorang dicurigai mengalami kondisi ini, ada beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk memastikan penyebab gejala yang dialami. CT Scan, tes pendengaran, tes penglihatan, dan tes darah.

Baca juga: 3 Makanan yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Pengidap Neurofibromatosis Tipe 2

Pengobatan yang dilakukan bertujuan untuk menurunkan risiko gejala serta komplikasi yang mungkin terjadi akibat neurofibromatosis tipe 2. Tindakan bedah seperti operasi pengangkatan tumor juga bisa dilakukan namun meningkatkan risiko lainnya. Jika ada hal yang ingin ditanyakan lagi tentang neurofibromatosis tipe 2, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc, kapan saja dan di mana saja. 

Referensi:
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Neurofibromatosis Type 2
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Neurofibromatosis
Healthline. Diakses pada 2020. Neurofibromatosis 2 (NF2)