Waspada Kondisi Gusi Pucat pada Anjing Peliharaan

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   13 April 2021
Waspada Kondisi Gusi Pucat pada Anjing PeliharaanWaspada Kondisi Gusi Pucat pada Anjing Peliharaan

Halodoc, Jakarta - Banyak hal yang perlu kamu perhatikan saat memelihara anjing. Bukan hanya memenuhi kebutuhan asupan nutrisi dan gizinya, kamu juga perlu memperhatikan kondisi kesehatan anjing kesayangan. Ada beberapa perubahan pada fisik yang menandakan adanya gangguan kesehatan. Mulai dari penurunan nafsu makan, menurunnya aktivitas fisik, hingga gusi yang pucat.

Baca juga: Cara Mengetahui Anjing Peliharaan Sedang Mengalami Sakit

Umumnya, anjing yang sehat memiliki warna gusi berwarna pink atau merah mudah. Warna pink yang muncul pun akan disesuaikan dengan jenis anjing. Mulai dari pink lembut, hingga pink yang sedikit cerah. Sebaiknya waspada jika gusi anjing mengalami perubahan warna menjadi lebih pucat. Kondisi ini bisa menjadi salah satu tanda gangguan kesehatan pada anjing. Lalu, apa yang perlu dilakukan? Yuk, simak ulasannya dalam artikel ini!

Jangan Abaikan Gusi Pucat pada Anjing

Banyak hal yang bisa kamu perhatikan untuk membantu anjing kesayangan tetap terjaga kesehatannya. Mulai dari aktivitas fisik, nafsu makan, hingga beberapa tanda pada fisik anjing. Bukan hanya dari kondisi mata maupun tubuh anjing, tetapi tidak ada salahnya sesekali untuk melakukan pemeriksaan terhadap kondisi gusi anjing.

Umumnya, saat anjing dalam keadaan sehat, gusi anjing akan memiliki warna pink atau merah muda. Mulai dari pink yang lembut, hingga pink cerah. Namun, jangan khawatir jika kamu menemukan beberapa sisi pada gusi berwarna lebih gelap. Hal ini disebabkan adanya pigmentasi.

Namun, apabila kamu menemukan adanya gusi yang berwarna lebih pucat, bahkan berwarna putih dibagian yang biasanya berwarna merah muda, kondisi inilah yang perlu kamu waspadai. Kondisi ini bisa menjadi tanda adanya beberapa gangguan penyakit pada anjing. 

Apalagi jika gusi pucat yang dialami anjing disertai dengan gejala lain, seperti anjing menjadi lebih lesu, mengalami perdarahan di bagian tubuh tertentu, hingga tidak mampu untuk melakukan aktivitas secara normal.

Segera gunakan Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter hewan mengenai kondisi gusi pucat pada anjing dan perubahan fisik lainnya. Dengan begitu, kamu dapat mengatasi gangguan kesehatan yang dialami oleh anjing kesayangan dengan lebih cepat dan tepat!

Baca juga: Ketahui 7 Cara Tepat Merawat Anjing yang Sakit

Kenali Penyakit yang Ditandai dengan Gusi Pucat

Ada beberapa gangguan kesehatan pada anjing yang menyebabkan kondisi gusi pucat. Berikut ini gangguan kesehatan yang mungkin dialami oleh anjing kesayangan:

1.Anemia

Gusi pucat menjadi salah satu tanda yang paling umum ketika anjing mengalami anemia. Gusi pucat yang disebabkan oleh anemia biasanya akan disertai dengan gejala lain, seperti anjing menjadi lemah, kesulitan bernafas, penurunan berat badan, hingga perdarahan dari hidung. 

2.Gangguan Ginjal

Adanya gangguan ginjal pada anjing kesayangan juga menyebabkan gusi menjadi pucat. Ginjal menghasilkan hormon yang dikenal sebagai eritropoietin yang membantu produksi sel darah merah. Saat mengalami gangguan ginjal, produksi eritropoietin juga menurun yang diikuti penurunan sel darah merah. Kondisi inilah yang bisa menyebabkan perubahan gusi menjadi lebih pucat.

3.Syok

Syok dapat terjadi ketika anjing mengalami cedera atau kecelakaan yang menyebabkan perdarahan, baik eksternal maupun internal. Syok merupakan kondisi darurat medis dimana organ atau jaringan tidak menerima aliran darah yang cukup. Kondisi ini mengakibatkan distribusi oksigen yang buruk dalam tubuh. Jika anjing kesayangan mengalami kondisi ini, sebaiknya segera bawa anjing ke rumah sakit hewan terdekat untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

4.Parasit

Adanya parasit, seperti kutu dan cacing, juga dapat menyebabkan anjing mengalami kondisi gusi pucat. Hal ini disebabkan cacingan atau infestasi kutu yang parah biasa menyebabkan anjing kekurangan darah atau anemia. 

Selain gusi yang pucat, anjing dengan kutu juga akan mengalami kerontokan bulu yang cukup parah dan kebiasaan menggaruk tubuh menjadi lebih sering. Pastikan dengan melakukan pemeriksaan sederhana di sekitar tubuh dan lingkungan anjing bermain agar terhindar dari infestasi parasit atau kutu.

Penanganan gusi pucat pada anjing akan disesuaikan dengan penyebabnya. Jika anjing kesayangan mengalami gusi pucat, tetapi masih beraktivitas dengan normal, kondisi ini dapat diatasi dengan pemenuhan nutrisi dan gizi, serta pemberian air bersih yang cukup agar kondisi ini membaik.

Baca juga: Cara Tepat Merawat Anjing Senior Peliharaan

Namun, jika anjing mengalami gejala lain yang membahayakan, tentunya pemeriksaan perlu dilakukan lebih lanjut untuk memastikan penyebab dan penanganan yang tepat. Pemeriksaan fisik dan juga riwayat kesehatan anjing diperlukan dokter hewan, untuk memastikan penyebab gusi pucat dan keluhan kesehatan lain yang dialami oleh anjing kesayangan kamu.

Untuk itu, tidak ada salahnya melakukan pengecekan kesehatan secara rutin pada anjing kesayanganmu. Dengan begitu, anjing dapat terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang berbahaya!

Referensi:
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. What Do Pale Gums in Dogs Mean?
Great Pet Care. Diakses pada 2021. Pale Gum in Dogs: 10 Reasons It Might Be Happening.
Petful. Diakses pada 2021. What It Means When a Dog’s Gums Are Pale?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan