Waspada, Penggunaan Kuku Palsu Dapat Sebabkan Infeksi Jamur

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 November 2023

“Kuku palsu dapat menyebabkan infeksi jamur jika tidak dijaga kebersihannya. Dengan mengetahui gejala yang timbul, penanganan segera bisa dilakukan agar masalahnya teratasi dengan baik.”

Waspada, Penggunaan Kuku Palsu Dapat Sebabkan Infeksi JamurWaspada, Penggunaan Kuku Palsu Dapat Sebabkan Infeksi Jamur

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Kuku palsu adalah salah satu cara untuk mempercantik tampilan kuku. Sampai saat ini, kuku palsu berbahan akrilik adalah produk populer yang tersedia di salon kuku atau untuk digunakan di rumah. 

Meskipun popularitasnya meningkat, penggunaannya perlu berhati-hati dan penting untuk senantiasa terjaga kebersihannya. Sebab, penggunaan sembarangan dapat menyebabkan pertumbuhan jamur pada kuku. 

Jika terus dibiarkan, bisa jadi infeksi jamur bertambah parah dan bahkan menyebar ke bagian tubuh lain.

Namun, mengapa kuku palsu bisa sebabkan infeksi jamur?

Alasan Kuku Palsu Bisa Sebabkan Infeksi Jamur

Infeksi jamur adalah gangguan kesehatan yang terbilang umum terjadi pada kuku palsu. Tindakan penempelan kuku plastik di atas kuku asli ini memang bisa menimbulkan infeksi. 

Nah, salah satu infeksi yang rentan terjadi akibat penggunaan kuku palsu berbahan akrilik adalah infeksi jamur. Sebab, kerusakan pada kuku palsu bisa memicu infeksi kuman seperti bakteri, jamur dan masalah lainnya. 

Sebagai contoh, jika kamu tidak sengaja membenturkan kuku palsu ke permukaan keras, kuku asli rentan terlepas dari dasar kuku. Ketika kondisi ini terjadi, kuman, ragi, atau jamur dapat masuk ke celah tersebut dan tumbuh. 

Apabila jamur kuku muncul, kondisi ini menimbulkan bercak putih atau kuning pada kuku. Dampaknya, kuku bisa menebal seiring berjalannya waktu, dan bisa hancur dalam kasus yang parah. 

Selain itu, mengingat kuku palsu dipasang dengan direkatkan pada kuku asli, jika dipasang tidak erat atau tidak presisi, kelembapan dapat terperangkap di dalamnya. 

Kondisi ini akan menyebabkan pertumbuhan jamur. Sebab, jamur tumbuh subur pada lingkungan yang lembap karena air bisa saja masuk ke bagian yang longgar tersebut.

Selain itu, cat kuku dan peralatan yang telah terkontaminasi juga dapat menyebabkan pertumbuhan jamur. Karena itu, jagalah kebersihan kuku (sebelum penggunaan kuku palsu) sebagai bagian dari perawatan kulit yang tepat. 

Penting juga untuk menjaga berbagai peralatan yang akan digunakan sekaligus mengetahui apa saja gejala infeksi jamur di kuku.

Sebab, infeksi jamur yang terjadi pada kuku mungkin tidak menimbulkan gejala apa pun di awal hingga masalahnya berkembang. 

Gejala Infeksi Jamur pada Kuku

Saat infeksinya semakin parah, ada beberapa gejala yang dapat timbul:

1. Bercak putih dan perubahan warna kuku

Bercak putih atau kuning pada kuku menjadi tanda infeksi jamur umum. Terutama jika bercak tersebut terus berkembang. 

Kuku yang terinfeksi jamur mungkin mengalami perubahan warna. Misalnya seperti kekuningan, kecokelatan, atau bahkan kehijauan. 

Jika mempertimbangkan penggunaan kuku palsu, penting untuk berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu. Kamu pun bisa kunjungi halaman ini untuk mendapatkan tips kecantikan dan perawatan kulit lainnya: Panduan Lengkap Kesehatan Kulit dan Produk Perawatan

2. Perubahan bentuk kuku

Infeksi jamur dapat menyebabkan perubahan bentuk pada kuku. Kemungkinan terburuknya menjadi lebih tebal atau bahkan mulai mengalami keretakan.

Kondisi ini membuat kuku yang terinfeksi rapuh dan mudah patah. Selain itu, kuku tersebut mungkin terasa lebih sensitif atau nyeri.

Saat infeksi semakin parah, kuku yang terinfeksi jamur mungkin mulai terangkat atau terlepas dari tempat tidur kuku. 

3. Pembengkakan di sekitar kuku

Infeksi jamur bisa menyebabkan pembengkakan di sekitar kuku atau di bawahnya. Pada sebagian kasus, kondisi ini juga dapat membuat kuku menjadi lebih kering. Sebaliknya, kuku yang terinfeksi juga bisa lebih lembab dari biasanya.

Ada sejumlah pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi infeksi jamur di kuku. Simak informasinya dalam artikel: Waspada Jamur Kuku, Ini Pengobatan yang Bisa Dilakukan

Itulah pembahasan mengenai penggunaan kuku palsu yang bisa menyebabkan infeksi jamur. Jika kamu atau anggota keluargamu ada yang mengalami gejalanya, segeralah mengatasi masalah ini. 

Dengan begitu, infeksi yang terjadi tidak bertambah parah dan bahkan bisa membahayakan. Agar mudah, yuk cek rekomendasi dokter spesialis kulit terbaik melalui aplikasi Halodoc

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. What Causes a Fungus to Grow Under Acrylic Nails, and How Do You Treat It?
My Pharmacy. Diakses pada 2023. How Acrylic Nails Can Cause Fungus and How to Treat it. 
WebMD. Diakses pada 2023. Artificial Nails: What to Know Before You Get Them. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan