Waspadai Gejala Kanker Prostat, Ini Tanda-Tandanya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 Desember 2021

“Kanker prostat menjadi penyakit yang perlu diwaspadai oleh para pria. Kenali berbagai gejala kanker prostat, seperti kesulitan buang air kecil, meningkatnya frekuensi buang air kecil pada malam hari, nyeri dan sensasi panas saat buang air kecil, hingga nyeri saat ejakulasi.”

Waspadai Gejala Kanker Prostat, Ini Tanda-TandanyaWaspadai Gejala Kanker Prostat, Ini Tanda-Tandanya

Halodoc, Jakarta – Kanker prostat adalah salah satu jenis penyakit kanker yang berkembang pada kelenjar prostat. Prostat merupakan bagian tubuh pada pria yang memiliki ukuran kecil dan berfungsi menghasilkan cairan mani untuk mengangkut sperma.

Kanker prostat merupakan jenis kanker yang paling umum dialami pria. Jika tidak diatasi dengan tepat, kanker prostat bisa memicu berbagai komplikasi pada kesehatan, seperti disfungsi ereksi. Sebaiknya ketahui berbagai gejala kanker prostat agar kondisi ini dapat ditangani dengan tepat untuk menghindari kondisi kesehatan yang memburuk.

Gejala Kanker Prostat

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali pada salah satu organ tubuh. Salah satu bagian tubuh yang bisa mengalami pertumbuhan sel kanker adalah kelenjar prostat.

Prostat merupakan salah satu bagian reproduksi pria. Semua pria berisiko mengalami kanker prostat, tetapi pria yang telah memasuki usia lanjut menjadi kelompok yang paling rentan terhadap penyakit ini. 

Para pria sebaiknya kontrol berat badan dan hindari obesitas. Pasalnya, obesitas juga memicu pria mengalami penyakit kanker, salah satunya kanker prostat.

Kanker prostat juga berisiko tinggi dialami oleh pria yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit serupa. Untuk itu, sebaiknya ketahui beberapa gejala yang meliputi kanker prostat agar kamu dapat melakukan pengobatan dan perawatan lebih dini.

Gejala kanker prostat jarang dialami oleh pengidapnya ketika perkembangan penyakit masih awal. Kanker prostat akan menyebabkan gejala ketika penyakit sudah semakin memburuk. 

Berikut ini adalah gejala kanker prostat yang perlu diwaspadai, yaitu:

  1. Kesulitan buang air kecil.
  2. Aliran urine yang kecil atau terganggu saat buang air kecil.
  3. Meningkatnya frekuensi buang air kecil khususnya pada malam hari.
  4. Merasakan sensasi buang air kecil yang tidak tuntas.
  5. Nyeri dan sensasi panas saat buang air kecil.
  6. Munculnya darah pada urine atau air mani.
  7. Nyeri pada pinggang dan punggung.
  8. Nyeri saat ejakulasi.
  9. Penurunan berat badan.

Itulah gejala kanker prostat yang perlu diwaspadai oleh pria. Jika kamu mengalami beberapa keluhan kesehatan yang terkait dengan kanker prostat, tidak ada salahnya untuk segera lakukan pemeriksaan kesehatan pada rumah sakit terdekat untuk memastikan penyebabnya.

Diagnosis Kanker Prostat

Biopsi menjadi salah satu pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mendiagnosis adanya kanker prostat. Ketika dipastikan adanya sel kanker pada kelenjar prostat, selanjutnya tim medis akan memastikan seberapa ganas sel kanker yang muncul pada bagian tersebut. Kondisi ini dapat dipastikan melalui skor gleason dan tes genom.

Selain itu, ada pemeriksaan lain yang bisa dilakukan untuk mendiagnosis kanker prostat, seperti ultrasound dan MRI. 

Pengobatan akan dilakukan berbeda-beda oleh setiap pengidap kanker prostat. Pengidap kanker prostat yang masih berada pada tahap awal akan dilakukan pengawasan dan perawatan oleh dokter.

Perawatan akan dilakukan secara rutin dengan melakukan berbagai tes untuk memastikan perkembangan kanker prostat. Tes antigen spesifik prostat dan biopsi prostat akan dilakukan secara teratur. Pengobatan kanker akan dilanjutkan jika sel kanker berkembang lebih parah dan memicu gejala yang semakin memburuk.

Pengobatan bisa dilakukan dengan cara tindakan operasi, terapi radiasi, kemoterapi, hingga krioterapi. Jangan lupa untuk selalu mengikuti saran dan anjuran dokter mengenai pengobatan kanker prostat yang perlu dilakukan.

Olahraga secara teratur, hindari obesitas, dan kebiasaan merokok menjadi hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan prostat sehingga kamu akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. 

Jangan lupa untuk perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi dengan baik. Kamu bisa mengonsumsi suplemen dan vitamin tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Jika vitamin habis, jangan panik. Gunakan saja aplikasi Halodoc dan beli vitamin atau obat yang kamu butuhkan dari apotek terdekat. Vitamin yang kamu butuhkan dapat diantar langsung ke rumah, loh. Praktiskan? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Prostate Cancer.
CDC. Diakses pada 2021. Prostate Cancer.
Cancer Net. Diakses pada 2021. Prostate Cancer.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan