Artritis Gout Dapat Menyerang Usia Muda, Ini Penyebabnya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
artritis-gout-dapat-menyerang-usia-muda-ini-penyebabnya-halodoc

Halodoc, Jakarta – Arthritis gout atau yang lebih dikenal sebagai penyakit asam urat sering dijuluki juga “penyakit orangtua”, karena umumnya penyakit ini memang lebih sering dialami oleh orang tua. Eits, tapi jangan salah, artritis gout sebenarnya bisa menyerang siapa saja lho tanpa memandang usia. Termasuk orang-orang muda. Kok bisa? Ketahui penyebab artritis gout di sini agar kamu bisa mewaspadainya.

Mengenal Arthritis Gout

Artritis gout adalah sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi. Normalnya, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Namun, pada kasus artritis gout, tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang sangat banyak atau adanya gangguan dalam membuang kelebihan asam urat, sehingga asam urat menumpuk dalam tubuh.

Penumpukan asam urat ini kemudian akan membentuk kristal di sendi yang bisa memicu rasa nyeri dan pembengkakan di berbagai sendi tubuh. Meskipun biasanya terbentuk di sendi, tapi ada kemungkinan kristal asam urat juga bisa terbentuk di ginjal dan saluran kemih. Akibatnya, fungsi ginjal menjadi terganggu atau menyebabkan terjadinya batu saluran kemih.

Arthritis gout lebih sering dialami oleh pria dibandingkan wanita. Pada pria, penyakit asam urat biasanya mulai muncul pada usia sekitar 30 sampai 50 tahun. Pria yang mengalami kelebihan berat badan atau mengidap tekanan darah tinggi lebih berisiko terkena serangan asam urat. Sementara wanita biasanya mengalami arthritis gout setelah mengalami menopause.

Meski biasanya terjadi pada orang berusia lanjut atau paruh baya, tapi artritis gout juga bisa terjadi pada usia muda, bila terlalu sering mengonsumsi makanan yang menyebabkan asam urat tinggi. 

Baca juga: Sakit Seperti Tertusuk Jarum Jadi Tanda Artritis Gout

Penyebab Artritis Gout di Usia Muda

Sekarang ini, banyak orang muda yang sudah mengalami artritis gout. Penyebabnya adalah karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Saat mencerna makanan yang mengandung purin, tubuh secara otomatis akan menghasilkan asam urat. Jadi, siapa saja yang suka mengonsumsi makanan dengan purin tinggi, ia berisiko tinggi mengalami asam urat. 

Tidak terkecuali mereka yang berusia di bawah 30 tahun, bahkan masih remaja sekalipun. Kebanyakan orang-orang muda kurang memerhatikan pola makan dan apa saja kandungan dari makanan yang mereka konsumsi. inilah yang meningkatkan risiko mereka terkena asam urat.

Baca juga: Ini 6 Makanan yang Mesti Dihindari Pengidap Artritis Gout

Selain itu, asam urat pada usia muda juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Artinya, kamu yang memiliki anggota keluarga yang mengidap penyakit asam urat, berisiko juga mengalami kondisi yang sama. Apalagi bila kamu juga kurang menjaga pola makan dan gaya hidup sehat.

Cara Mencegah Artritis Gout

Nah, enggak mau kan sudah terserang artritis gout di usia muda? Berikut ini tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah artritis gout:

  • Perbanyak minum air putih. Minumlah air putih setidaknya 8 sampai 10 gelas dalam sehari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan urine tetap encer. Bila urine encer, Kristal asam urat tidak akan terbentuk dengan mudah.

  • Batasi Makanan Berpurin Tinggi. Cara terbaik untuk mencegah artritis gout adalah dengan membatasi atau bila perlu menghindari sama sekali makanan penyebab asam urat, yaitu yang mengandung purin tinggi. Contoh makanan yang memiliki kandungan purin yang tinggi, antara lain jeroan, seperti hati, ginjal, otak, dan juga daging merah. Beberapa sayuran juga memiliki purin tinggi, misalnya bayam, asparagus, kembang kol, dan kacang-kacangan.

  • Konsumsi Vitamin C. Memperbanyak asupan vitamin C bisa membantu mengurangi kadar asam urat, lho. Kamu dianjurkan untuk mengonsumsi 500–3000 miligram vitamin C setiap hari untuk mencegah atau menurunkan kadar asam urat.

Baca juga: Asam Urat Bisa Dihindari dengan Jadi Vegetarian, Benarkah?

Nah, itulah penyebab terjadinya artritis gout di usia muda. Kamu bisa membeli obat-obatan atau suplemen vitamin yang kamu butuhkan lewat aplikasi Halodoc, lho. Enggak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal pesan lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.