28 December 2018

Sakit Seperti Tertusuk Jarum Jadi Tanda Artritis Gout

sakit seperti tertusuk jarum jadi tanda artritis gout

Halodoc, Jakarta – Arthritis gout atau yang lebih dikenal sebagai penyakit asam urat bisa menyerang di saat yang tidak terduga dan menyebabkan rasa sakit yang sangat hebat di sendi, terutama paling sering di jempol kaki. Namun, arthritis gout juga kadang-kadang bisa menyerang bagian sendi lainnya, seperti lutut, pergelangan kaki, siku, ibu jari, ataupun jari. Salah satu gejala yang biasanya akan dialami pengidap saat asam urat menyerang adalah sendi terasa sangat sakit, seperti ditusuk-tusuk. Dengan melakukan perawatan yang tepat, rasa sakit dan peradangan akibat arthritis gout sebenarnya bisa hilang setelah beberapa hari. Namun, serangan asam urat tetap bisa muncul kembali kapan saja.

Mengenal Arthritis Gout

Penyakit asam urat sebenarnya masih termasuk penyakit radang sendi atau arthritis. Kondisi ini merupakan reaksi tubuh terhadap adanya penyimpanan kristal yang mengiritasi di persendian. Akibatnya, saat arthritis gout menyerang, pengidap akan mengalami gejala berupa kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit pada sendi tubuh yang datang secara tiba-tiba.

Walaupun arthritis gout bisa menimbulkan rasa sakit yang sangat hebat, tapi biasanya bisa disembuhkan dengan perawatan yang tepat. Penyakit asam urat yang ringan bisa dikontrol dengan menghindari makanan yang menjadi pemicu asam urat saja. Namun, bila serangan asam urat kambuh berulang kali, maka pengidap dianjurkan untuk mengonsumsi obat-obatan dalam jangka panjang untuk mencegah kerusakan tulang dan tulang rawan serta kerusakan ginjal.

Baca juga: Asam Urat Bisa Dihindari dengan Jadi Vegetarian, Benarkah?

Arthritis gout lebih sering dialami oleh pria dibandingkan wanita. Pada pria, penyakit asam urat biasanya mulai muncul pada usia sekitar 30 sampai 50 tahun. Pria yang mengalami kelebihan berat badan atau mengidap tekanan darah tinggi lebih berisiko terkena serangan asam urat. Sementara wanita biasanya mengalami arthritis gout setelah mengalami menopause. Penyakit ini sangat jarang dialami oleh anak-anak dan remaja.

Gejala Arthritis Gout

Arthritis gout kadang-kadang tidak menimbulkan gejala apa-apa pada awalnya. Gejala asam urat justru baru mulai muncul ketika pengidap sudah mengalami kondisi yang akut atau kronis. Umumnya, gejala arthritis gout adalah sebagai berikut:

  • Muncul nyeri yang cukup parah secara tiba-tiba, biasanya di tengah malam atau dini hari.

  • Sendi menjadi bengkak dan lunak, kadang-kadang juga terasa hangat saat disentuh.

  • Sendi kemerahan atau ungu.

  • Rasa panas di sekitar sendi.

Sebagian besar gejala asam urat, biasanya hanya berlangsung selama beberapa jam dan terjadi selama 1—2 hari. Namun, bila arthritis gout sudah parah, pengidap bisa mengalami nyeri sendi selama berminggu-minggu. Bila kamu merasakan nyeri sendi yang hebat, seperti ditusuk-tusuk dan tidak kunjung hilang selama berminggu-minggu, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Karena kondisi tersebut menandakan bahwa asam urat yang kamu miliki sudah cukup parah.

Baca juga: Sakit pada Sendi Saat Bergerak, Hati-Hati Bursitis

Selama menunggu janji berobat dengan dokter, kamu juga bisa melakukan perawatan sementara untuk meredakan penyakit asam urat dengan cara mengompres sendi yang nyeri atau bengkak dengan es batu dan mengangkat bagian tubuh tersebut sedikit lebih tinggi. Kamu bisa meredakan rasa nyeri yang timbul dengan meminum obat anti-inflamasi, seperti naproxen dan ibuprofen. Kamu juga dianjurkan untuk minum banyak air putih dan menghindari minuman beralkohol atau minuman manis.

Baca juga: Muka Merah setelah Minum Alkohol, Hati-Hati Alcohol Flush Reaction

Kamu bisa membeli obat-obatan yang kamu butuhkan tersebut di Halodoc. Enggak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal order saja lewat fitur Apotik Antar, dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.