27 March 2019

Asal-Asalan Potong Kuku Sebabkan Cantengan, Kok Bisa?

Asal-Asalan Potong Kuku Sebabkan Cantengan, Kok Bisa?

Halodoc, Jakarta - Sekilas, kamu pasti beranggapan bahwa memotong kuku menjadi pekerjaan yang mudah dilakukan. Hanya tinggal mengambil alat pemotong kuku dan mengaplikasikannya pada kuku jari tangan maupun kaki. Jangan salah, memotong kuku sembarangan atau asal bisa menimbulkan cantengan dan bertumbuhnya jamur pada kuku.

Cantengan terjadi ketika kuku bagian tepi bertumbuh ke dalam. Pertumbuhan kuku yang tidak sewajarnya ini mengakibatkan munculnya kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakit di kaki, terlebih ketika kamu berjalan. Apabila kuku yang tumbuh ke dalam menyebabkan terjadinya kerusakan pada kulit, bakteri masuk dan menginfeksi area tersebut, ditandai dengan kulit kering, dan menimbulkan bau busuk.

Memotong Kuku yang Benar Agar Tidak Cantengan

Memang benar, teratur memotong kuku mengurangi pertumbuhan bakteri dan infeksi. Kamu juga perlu tahu cara memotong kuku yang benar supaya terhindar dari bahaya cantengan, dengan mengikuti tips ini.

  • Mulai dengan Memilih Gunting Kuku yang Tepat

Bagaimana memilih gunting kuku yang tepat? Mungkin kamu bisa memulai dengan membedakan antara gunting kuku untuk jari tangan dan kaki. Kuku kaki cenderung lebih tebal dan besar, sehingga gunting kuku berukuran lebih besar mungkin diperlukan. Sementara itu, kuku tangan cenderung lebih kecil, dan menggunakan gunting kuku yang besar membuat jari tangan lebih mudah terluka, begitu pula sebaliknya.

Baca juga: Awas, 3 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Cantengan

  • Hindari Memotong Kuku Terlalu Pendek

Memotong kuku terlalu pendek, hingga melebihi batas antara kuku dan daging jari berisiko menimbulkan cantengan. Kuku yang terpotong terlalu pendek menekan daging jari dan tumbuh ke dalam. Sebaiknya, sisakan kuku setidaknya 1 hingga 2 milimeter kala memotongnya.

  • Potong dengan Arah Lurus

Kamu pasti cenderung memotong kuku dengan mengikuti arah lekukan kuku, agar kuku lebih cantik dan rapi. Padahal, tips memotong kuku yang benar adalah lurus, sehingga menghasilkan potongan yang berbentuk persegi. Biarkan bagian tepiannya tetap berbentuk demikian, karena ini justru bisa melindungi kamu dari cantengan.

  • Kikir Kuku Setelah Dipotong

Setelah kuku selesai dipotong, kamu pasti akan merasa kurang nyaman, karena kuku cenderung kasar dan tajam. Gunakan alat pengikir untuk menghaluskan bagian ujung kuku. Ini mencegah ujung kuku melukai tepian jari ketika tumbuh memanjang nantinya. Mengikir kuku juga ada caranya, yaitu dari pangkal hingga ke ujung secara satu arah, jangan bolak-balik.

Baca juga: Kenapa Jempol Kaki Bisa Cantengan?

  • Lebih Baik Dilakukan Sebelum Mandi

Mengapa demikian? Bukankah setelah mandi, kuku akan menjadi lebih lunak dan mudah dipotong? Memang benar, tetapi hal tersebut menjadikan kuku lebih mudah patah dan sobek. Sebelum mandi, kuku akan lebih kuat, meski agak keras ketika dipotong. Namun, ini justru meminimalkan adanya luka pada kuku setelah dipotong.

Itu tadi alasan mengapa memotong kuku secara asal memperbesar risiko terjadinya cantengan sekaligus bagaimana tips memotong kuku yang benar. Jadi, jangan asal lagi kalau memotong kuku, karena ini sangat rentan menimbulkan masalah pada kuku. Tidak hanya cantengan, tetapi juga pertumbuhan jamur dan bakteri yang menyebabkan bakteri.

Baca juga: Bukan Cuma Nyeri pada Kuku, Ini 9 Gejala Cantengan

Jika ternyata kamu mengalami cantengan dan ingin membeli obat tetapi tidak sempat ke apotek, jangan khawatir, karena kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Cukup download aplikasi Halodoc di ponsel kamu dan pilih layanan Apotek Antar. Ketik nama obat yang ingin kamu beli, dan obat akan diantar maksimal dalam waktu 1 jam. Praktis dan mudah, kan?