Hati-Hati, Asam Urat Dapat Sebabkan Nyeri Pergelangan Tangan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Hati-Hati, Asam Urat Dapat Sebabkan Nyeri Pergelangan Tangan

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu pergelangan tangan adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki sendi cukup kompleks? Pergelangan tangan terdiri dari susunan kombinasi 8 tulang kecil dari bagian tulang lengan bawah hingga tangan. Tentu kondisi sendi yang cukup kompleks ini rentan dengan gangguan seperti nyeri atau cedera.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Bedanya Patah atau Keseleo Pergelangan Tangan 

Nyeri pergelangan tangan adalah kondisi rasa sakit pada bagian pergelangan tangan yang disebabkan beberapa kondisi seperti cedera pada bagian pergelangan tangan yang meliputi tulang, sendi serta jaringan yang lainnya.

Kondisi nyeri pada pergelangan tangan dapat dialami oleh siapa saja. Namun kondisi ini lebih rentan terjadi pada seseorang yang gemar melakukan aktivitas fisik dengan menggunakan kekuatan tangan, seseorang dengan beberapa penyakit tertentu dan wanita hamil.

Ketahui Asam Urat Sebabkan Nyeri Pergelangan Tangan

Penyakit asam urat adalah salah satu penyakit yang muncul akibat kadar asam urat terlalu tinggi dalam darah. Seseorang yang mengalami kondisi asam urat merasakan nyeri pada bagian sendi yang ada pada tubuh, salah satunya adalah sendi bagian pergelangan tangan.

Saat kadar asam urat dalam darah banyak menumpuk pada salah satu sendi di bagian tubuh, maka dampaknya adalah rasa nyeri. Asam urat menyebabkan nyeri pergelangan tangan ketika kadar asam urat banyak menumpuk pada bagian sendi pergelangan tangan.

Namun tidak hanya asam urat, ada beberapa kondisi penyakit lain yang menyebabkan seseorang mengalami nyeri pergelangan tangan, seperti kondisi trauma. Seseorang yang mengalami trauma pada bagian pergelangan tangan akibat terjatuh atau keseleo dapat menyebabkan rasa nyeri pada pergelangan tangan.

Baca juga: Ketahui Penyebab dan Penanganan Asam Urat di Rumah

Selain itu, osteoarthritis dapat menyebabkan seseorang mengalami kondisi nyeri pergelangan tangan. Sindrom carpal tunnel menyebabkan seseorang rentan mengalami nyeri pergelangan tangan. Ketika beberapa bagian tangan mengalami pergerakan yang sama serta berulang, biasanya kondisi ini menyebabkan beberapa jari tangan mengalami kesemutan dan nyeri pada bagian pergelangan tangan.

Pergelangan tangan dapat mengalami gangguan kista. Salah satu penyakit tumor jinak ini dapat menyerang bagian atas pergelangan tangan kamu atau dikenal dengan istilah kista ganglion. Kondisi ini menyebabkan pengidap kista ganglion mengalami nyeri pergelangan tangan dalam waktu yang cukup lama.

Cara Mengatasi Nyeri Pergelangan Tangan

Ada beberapa gejala yang akan dialami oleh seseorang yang mengalami nyeri pergelangan tangan, seperti adanya pembengkakan pada bagian jari tangan, kesulitan untuk menggenggam suatu objek, tangan terasa kaku, dan mendadak merasakan kondisi nyeri. Tidak hanya pada bagian tangan, pergelangan tangan terlihat sedikit membengkak dan lebih sulit untuk digerakkan. 

Ketika gejala tersebut kamu rasakan, sebaiknya pastikan kondisi kesehatan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa melakukan pemeriksaan di rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan pemeriksaan kamu.

Baca juga: 7 Komplikasi yang Terjadi Akibat Patah Pergelangan Tangan

Sebaiknya atasi dulu kondisi nyeri pergelangan tangan agar kondisi ini tidak semakin memburuk dengan mengistirahatkan bagian pergelangan tangan yang nyeri. Kamu bisa melakukan kompres pergelangan tangan dengan es yang dibalut handuk lembut. Hindari tekanan yang kuat pada bagian pergelangan tangan hingga rasa nyeri berangsur berkurang.

Penanganan yang tepat meminimalisir risiko sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!