Ini Tanda Kadar Asam Urat Normal

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini Tanda Kadar Asam Urat Normal

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu pernah merasakan salah satu sendi mengalami nyeri hingga bengkak? Mungkin saja kondisi tersebut disebabkan oleh asam urat, yaitu sebuah senyawa yang memang dihasilkan oleh tubuh dan akan keluar melalui urine. Namun, ketika kadar asam urat berlebih, hal tersebut akan memicu beberapa penyakit pada tubuh, seperti rematik asam urat atau gout.

Asam urat adalah sebuah senyawa purin yang dihasilkan oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi ketika dipecah oleh tubuh yang umumnya disebut purin. Kemudian, darah akan membawa senyawa tersebut ke ginjal untuk disaring dan sebagian akan dibuang. Apabila produksi asam urat pada tubuh berlebihan dan ginjal sulit untuk mengeluarkan dari tubuh, kemungkinan sendi-sendi kamu akan meradang dan membentuk kristal padat di tempat tersebut.

Baca Juga: 5 Makanan Alami yang Diyakini Bisa Menurunkan Kadar Asam Urat

Tes Asam Urat Normal

Untuk mengetahui apakah kadar asam urat normal pada seseorang, harus dilakukan tes. Tes tersebut terbagi menjadi dua macam, yaitu tes asam urat pada darah dan tes asam urat pada urine. Dua hal tersebut yang memang tempat asam urat akan banyak mengalir.

Tes Asam Urat Normal pada Darah

Tes asam urat pada darah juga disebut dengan tes asam urat serum. Hal tersebut untuk menentukan seberapa banyak kadar asam urat pada darah kamu. Hal ini juga membantu untuk melihat seberapa baik tubuh kamu untuk memproduksi hingga membuang asam urat pada tubuh. Sebagian besar asam urat dilarutkan dalam darah, disaring oleh ginjal, dan keluar melalui urine. Namun, terkadang tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat yang bergantung pada makanan yang dikonsumsi.

Baca Juga: Ini Batas Kadar Asam Urat yang Normal Bagi Pria

Kadar asam urat normal pada seseorang dapat berbeda-beda tergantung dari jenis kelaminnya. Asam urat normal pada wanita, yaitu 2,5 hingga 7,5 mg/dL dan kadar asam urat normal pada pria adalah 4,0 hingga 8,5 mg/dL. Lalu, pada seseorang yang merasakan radang sendi, kadar asam urat kamu harus kurang dari 6,0 mg/dL. Tingginya kadar asam urat pada darah dalam memperlihatkan apabila ginjal kamu tidak cukup untuk menyaring asam urat yang ada di tubuh.

Kadar asam urat yang tinggi dapat menunjukkan kondisi lainnya, yaitu:

  • Diabetes.

  • Gangguan sumsum tulang, seperti leukimia.

  • Penyakit gout.

  • Gangguan ginjal.

  • Multiple myeloma, yaitu kanker sel plasma pada sumsum tulang.

Tes Asam Urat Normal pada Urine

Kadar asam urat pada urine yang menurun dapat menyebabkan seseorang mengidap gangguan ginjal karena organ tersebut sulit untuk membuang asam urat secara normal. Selain itu, kadar asam urat yang tinggi pada urine dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Maka dari itu, salah satu untuk mengetahui apakah seseorang mengidap batu ginjal atau tidak adalah dengan melakukan tes urine.

Pada tes asam urat normal urine, air dari kemih kamu akan disimpan. Setelah itu, cairan tersebut akan dibawa ke laboratorium untuk diperiksa. Kadar asam urat normal pada urine untuk manusia dari cairan urine yang dihasilkan selama 24 jam adalah 250-750 miligraM atau 1,48-4,43 milimoles (mmol). Jika kadar kamu lebih tinggi dari itu, artinya kadar asam urat dalam tubuh kamu berlebihan.

Baca Juga: Ini Batas Kadar Asam Urat yang Normal Bagi Wanita

Itulah pembahasan tentang kadar asam urat normal pada seseorang. Jika kamu ingin melakukan tes asam urat, Halodoc menyediakan jasa lab untuk hal tersebut. Komunikasi dengan dokter bisa dilakukan dengan mudah melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga bisa beli obat di Halodoc. Praktis tanpa perlu keluar rumah, pesananmu akan diantarkan sampai tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!