20 February 2019

Perlu Tahu, Ini Bedanya Patah atau Keseleo Pergelangan Tangan

Perlu Tahu, Ini Bedanya Patah atau Keseleo Pergelangan Tangan

Halodoc, Jakarta – Rasa nyeri yang terjadi pada pergelangan tangan akibat cedera sering dikira gejala keseleo. Hal itu membuat orang yang mengalaminya memutuskan untuk pergi ke tukang urut dengan tujuan mengurangi rasa sakit tersebut. Tapi tahukah kamu, tidak semua nyeri pada pergelangan tangan adalah tanda keseleo.

Rasa nyeri yang muncul pada pergelangan tangan bisa saja terjadi karena patah tulang. Sebab, keseleo dan patah tulang memang sama-sama membuat pergelangan tangan terasa sakit dan bengkak. Tapi, cara penanganan kedua kondisi ini sama sekali tidak sama sama. Patah tulang pada pergelangan tangan tidak boleh diurut. Mengurut pergelangan tangan yang patah malah bisa membuat kondisinya semakin parah.

Jika rasa nyeri pada pergelangan tangan terjadi karena patah tulang, maka pengobatan yang dibutuhkan adalah berobat ke dokter ahli tulang alias ortopedi. Lantas, bagaimana cara membedakan pergelangan tangan yang keseleo atau patah tulang?

Baca juga: Jangan Panik, Inilah Pertolongan Pertama pada Patah Tulang

Nyeri dan Bengkak Pergelangan Tangan karena Keseleo

Keseleo adalah kondisi yang terjadi akibat adanya gangguan atau kerusakan pada ligamen, yaitu pita yang mengikat antara dua tulang. Ligamen bisa saja mengalami robek, terpelintir, atau tertarik, sehingga menyebabkan rasa nyeri. Kerusakan-kerusakan pada ligamen bisa terjadi karena adanya tekanan dan paksaan pada sendi, misalnya akibat aktivitas fisik yang terlalu berat atau terjatuh yang menyebabkan cedera.

Selain nyeri, tanda dari pergelangan tangan yang keseleo adalah muncul memar pada bagian yang terkilir, pergelangan tangan bengkak, serta perubahan warna kulit di area yang keseleo. Saat mengalami keseleo, penanganannya bisa dilakukan dengan mengistirahatkan pergelangan tangan dan mengompres bagian yang bengkak dengan air dingin. Jika nyeri terasa mengganggu, kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri yang dibeli bebas di apotek.

Keseleo yang bersifat ringan biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa hari saja untuk kembali sembuh. Sebaliknya, semakin parah keseleo yang terjadi, semakin memakan waktu banyak untuk sembuh bisa berminggu-minggu. Meski begitu, biasanya cukup istirahat dan menghindari aktivitas berat untuk sementara sangat ampuh untuk mengatasi nyeri dan bengkak akibat keseleo.

Baca juga: Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Keseleo

Nyeri dan Bengkak Pergelangan Tangan karena Patah Tulang

Meski memiliki gejala yang hampir sama, keseleo dan patah tulang adalah kondisi yang berbeda. Kedua kondisi ini sama-sama menimbulkan rasa nyeri dan bengkak, namun patah tulang sebenarnya memiliki gejala lainnya yang berbeda dengan keseleo biasa.

Patah tulang pada pergelangan tangan ditandai dengan bunyi “krek” saat terjatuh atau mengalami hal yang menyebabkan cedera, selain itu rasa nyeri yang muncul pun biasanya cukup parah dan sangat menyiksa. Rasa nyeri akibat patah tulang biasanya akan semakin sakit, bahkan hanya karena sentuhan yang lembut muncul bengkak pada bagian yang patah, memar, hingga mati rasa di area patah tulang.

Mengatasi kondisi ini tidak bisa sembarangan. Rasa nyeri yang muncul pun biasanya sangat menyakitkan dan bisa bertahan untuk waktu yang lebih lama. Umumnya, patah tulang membutuhkan waktu mulai dari 6 minggu hingga berbulan-bulan untuk sembuh. Pastikan untuk pergi ke dokter jika rasa nyeri yang muncul terasa tidak wajar agar penyebab nyeri bisa dideteksi.

Baca juga: Patah Tulang, Ini Waktu yang Dibutuhkan untuk Kembali Normal

Atau kamu bisa menanyakan gejala-gejala yang dirasakan pada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!