Atasi Asam Lambung dengan 7 Pengobatan Rumahan Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Atasi Asam Lambung dengan 7 Pengobatan Rumahan Ini

Halodoc, Jakarta – Keberadaan asam lambung sebenarnya sangat diperlukan tubuh untuk mencerna makanan. Namun, jika kadarnya terlalu banyak, tidak baik juga. Meningkatnya produksi asam lambung dapat menimbulkan berbagai gejala yang mengganggu. Selain obat-obatan kimia, apakah ada pengobatan rumahan untuk mengatasi asam lambung?

Tentu saja ada. Namun, berbagai pengobatan rumahan untuk mengatasi asam lambung yang akan dijelaskan setelah ini tidak bisa menggantikan diagnosis dan pengobatan medis, ya. Karena tingkat keparahan dan kondisi kesehatan setiap orang berbeda-beda, pengobatan yang dapat dilakukan pun bisa berbeda.

Baca Juga: Sembuhkan Asam Lambung dengan 5 Makanan Ini

Jadi, pastikan untuk mendiskusikan masalah asam lambungmu pada dokter terlebih dahulu, dan mengikuti instruksi minum obat yang diberikan. Agar lebih mudah, berkonsultasilah pada dokter di aplikasi Halodoc. Jika dokter meresepkan obat, kamu juga bisa lho memesan obatnya langsung dari aplikasi ini. 

Nah, sebagai pengobatan rumahan untuk menunjang kesembuhan, kamu bisa coba beberapa obat alami untuk asam lambung berikut:

1. Lidah Buaya

Selain menyuburkan rambut, lidah buaya juga dapat menjadi obat alami untuk atasi asam lambung, lho. Ya, mengonsumsi lidah buaya dapat membantu meredakan peradangan pada lambung, yang merupakan salah satu pemicu naiknya asam lambung. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa memakannya langsung atau mengolahnya menjadi jus dan minumlah sebelum makan.

2. Jahe

Ampuh redakan mual pada ibu hamil yang alami morning sickness, minum air jahe hangat juga ternyata efektif untuk turunkan asam lambung. Hal ini karena jahe dapat memberikan respon gastroprotektif, yang dapat mencegah peningkatan produksi asam lambung. Tak hanya itu, jahe juga dapat melawan bakteri Helicobacter pylori, yang hidup pada asam lambung dan dapat memperparahnya.

Baca Juga: Puasa Sembuhkan Asam Lambung, Benarkah?

3. Teh Chamomile

Sebagai obat alami untuk atasi asam lambung, teh chamomile dapat diminum satu jam sebelum tidur. Selain mengatasi naiknya asam lambung, teh ini juga efektif redakan stres yang merupakan salah satu pemicu meningkatnya asam lambung. Cara mengolah teh ini adalah dengan merebusnya, lalu diamkan selama beberapa menit, lalu sajikan. Agar lebih enak, kamu bisa mencampur teh chamomile dengan lemon atau madu.

4. Mustard

Sering ditambahkan pada makanan barat, mustard juga bisa dijadikan sebagai obat alami untuk asam lambung. Hal ini karena mustard memiliki kandungan mineral, cuka, serta alkalin, yang bermanfaat untuk menetralisir asam lambung. Ketika kamu merasakan gejala naiknya asam lambung, segera konsumsi 1 sendok makan mustard untuk meredakannya.

5. Baking Soda

Campurkan sedikit baking soda pada teh, maka nyeri dan heartburn akibat naiknya asam lambung akan mereda. Cara ini dapat dilakukan secara berkala hingga gejala asam lambung benar-benar reda. Namun, jangan konsumsi teh baking soda ini lebih dari 7 kali dalam sehari, ya. Bahkan sebaiknya hanya 1 kali saja dalam seminggu. Sebab, konsumsi yang terlalu berlebihan dapat menimbulkan efek samping, berupa mual-mual.

Baca Juga: Gejala Penyakit Asam Lambung pada Pria dan Wanita

6. Permen Karet

Mengunyah permen karet dapat cukup efektif untuk menurunkan asam lambung. Kunyahlah permen karet bebas gula selama 30 menit setelah selesai makan. Permen karet dapat menjadi obat alami untuk asam lambung karena ketika mengunyahnya, produksi air liur akan meningkat, sehingga asam lambung yang naik bisa ditekan.

7. Buah-buahan

Cara paling alami dan terbaik yang dapat dilakukan untuk mengatasi asam lambung secara alami adalah mengonsumsi buah-buahan. Salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi pengidap asam lambung adalah pisang. Sebab, buah ini memiliki kandungan yang bersifat antasid alami, yang dapat menekan produksi asam lambung. Selain pisang, apel juga merupakan salah satu buah yang direkomendasikan. Konsumsilah satu buah apel menjelang tidur, agar tekanan dan volume asam lambung dapat terkontrol.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Gastroesophageal reflux disease (GERD).
Healthline. Diakses pada 2019. 8 Home Remedies for Acid Reflux/GERD.