• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Obat Alami untuk Atasi Gejala Asam Lambung

Obat Alami untuk Atasi Gejala Asam Lambung

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Sebenarnya, asam lambung diperlukan tubuh untuk membantu mencerna makanan yang masuk. Namun, kadarnya dapat melebihi batas normal alias terlalu tinggi, sehingga memicu masalah pada saluran pencernaan. Asam lambung bisa naik hingga ke kerongkongan karena katup yang berada di antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. 

Kondisi ini dikenal dengan GERD atau gastroesophageal reflux disease. Ketika hal ini terjadi, kamu mengalami gejala seperti nyeri pada bagian ulu hati, kesulitan dalam menelan makanan, mulut menjadi pahit atau asam sebagai dampak dari kenaikan asam lambung ke kerongkongan ini. Perut kamu juga terasa kurang nyaman, seperti begah dan kehilangan nafsu makan. 

Berbagai Obat Alami untuk Atasi Gejala Asam Lambung

Penyebab asam lambung sebenarnya belum diketahui. Namun, diyakini ada beberapa kondisi yang memicu kenaikan asam lambung. Ini termasuk masalah kesehatan (gastritis, esofagitis, atau gastroparesis), kelainan bawaan yang terjadi pada lambung, merokok, infeksi bakteri jenis H. pylori, efek samping obat dan makanan yang dikonsumsi. 

Baca juga: 7 Makanan Sehat bagi Pengidap Asam Lambung

Namun, gejala asam lambung yang dialami sebenarnya dapat ditangani tanpa harus menggunakan obat. Ada obat alami asam lambung yang bisa dengan mudah kamu temukan di rumah. Apa saja?

  • Teh Chamomile

Mengonsumsi teh chamomile membantu menetralkan kadar asam lambung. Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin setiap hendak tidur. Tidak hanya untuk mengatasi masalah asam lambung, teh ini juga dipercaya membantu meredakan stres yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Agar rasanya semakin nikmat, kamu bisa menambahkan sedikit madu atau perasan lemon. 

Baca juga: Atasi Asam Lambung dengan 7 Pengobatan Rumahan Ini

  • Jahe 

Selain teh chamomile, obat alami asam lambung juga bisa menggunakan jahe. Bahan rempah satu ini memberikan reaksi gastroprotektif untuk mencegah naiknya asam lambung. Tidak hanya itu, jahe efektif untuk melawan bakteri jenis H. pylori yang menjadi pemicu naiknya asam lambung. Agar rasanya tidak terlalu pedas, kamu bisa menambahkan madu, dan konsumsilah setidaknya 30 menit sebelum kamu makan. 

  • Akar Manis

Akar dari Glycyrrhiza glabra ini lebih dikenal dengan nama licorice atau akar manis. Tanaman ini dipercaya membantu mengatasi masalah yang terjadi pada sistem pencernaan, seperti nyeri pada ulu hati atau heartburn. Kandungan bahan kimia pada akar manis efektif untuk mempercepat penyembuhan luka, peradangan, dan mengurangi dampak negatif dari pembengkakan. 

  • Baking Soda

Penggunaan baking soda bukan dikonsumsi secara langsung, tetapi dicampurkan dalam minuman seperti teh hangat. Kabarnya, baking soda bisa membantu meredakan nyeri pada area dada yang terjadi karena kenaikan asam lambung. Namun, perhatikan konsumsinya, sebaiknya tidak lebih dari 7 kali sehari dan maksimal selama satu minggu. Pasalnya, konsumsi baking soda berlebihan dapat membuat kamu merasa mual dan memicu terjadinya pembengkakan. 

Baca juga: Hindari 6 Makanan Ini Saat Asam Lambung Naik

Namun, jika obat alami asam lambung tadi tidak mampu membantu mengurangi naiknya asam lambung, ini saatnya kamu bertanya pada dokter dan meminta resep obat untuk meredakannya. Gunakan saja aplikasi Halodoc, kapan saja kamu butuh solusi, dokter siap membantu. Atau kalau kamu ingin membuat janji langsung dengan dokter di rumah sakit terdekat, bisa juga dengan aplikasi ini. 

Referensi: 
Harvard Medical School. Diakses pada 2020. Herbal Remedies for Heartburn.
Healthline. Diakses pada 2020. Can You Use Deglycyrrhizinated Licorice (DGL) to Treat Acid Reflux?
WebMD. Diakses pada 2020. Natural Home Remedies for Heartburn.