Awas, Ini 4 Hal yang Bisa Sebabkan Amiloidosis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Awas, Ini 4 Hal yang Bisa Sebabkan Amiloidosis

Halodoc, Jakarta - Amiloidosis adalah sebuah penyakit langka yang terjadi karena zat amiloid yang menumpuk di organ-organ tubuh seseorang. Amiloid adalah sebuah protein yang tidak normal yang diproduksi oleh sumsum tulang dan disimpan di jaringan atau organ tubuh. Ketika penumpukan terjadi, hal tersebut dapat memengaruhi bentuk dan cara kerjanya. Amiloidosis dapat menyebabkan masalah serius pada organ dan bisa berdampak pada kehilangan nyawa.

Amiloidosis yang terjadi pada seseorang dapat memengaruhi organ yang berbeda-beda. Penyakit tersebut dapat menyerang jantung, ginjal, hati, sistem saraf, dan saluran pencernaan. Amiloidosis yang parah dapat menyebabkan kegagalan organ, hingga dapat menyebabkan kematian. Hingga saat ini, belum ada pengobatan untuk penyakit ini. Namun, perawatan dapat dilakukan untuk mengatur gejala yang terjadi.

Baca Juga: Cegah Lemah Jantung Sejak Dini

Penyebab Amiloidosis

Amiloidosis dapat disebabkan oleh penumpukan amiloid yang diproduksi di sumsum tulang seseorang. Di samping itu, terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi ini, tergantung dari jenis amiloidosis yang menyerang seseorang. Beberapa jenis amiloidosis yang dapat terjadi adalah:

  1. Amiloidosis AL

Amiloidosis jenis ini adalah yang paling umum terjadi dan dapat memengaruhi jantung, ginjal, kulit, saraf, dan hati. Amiloidosis AL atau disebut dengan amiloidosis primer terjadi karena sumsum tulang pada tubuh menghasilkan antibodi abnormal yang tidak dapat diuraikan. Antibodi disimpan pada jaringan tubuh sebagai amiloid yang dapat mengganggu fungsi suatu organ dalam tubuh.

  1. Amiloidosis AA

Pada amiloidosis AA, umumnya dapat menyebabkan gangguan pada ginjal. Selain itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan masalah pada saluran pencernaan, hati, atau jantung. Amiloidosis AA atau amiloidosis sekunder dapat terjadi bersamaan dengan penyakit menular lainnya, seperti rheumatoid arthritis atau penyakit radang usus.

  1. Amiloidosis Herediter

Amiloidosis yang dapat disebut amiloidosis familial ini adalah kelainan bawaan yang umumnya memengaruhi hati, saraf, jantung, dan ginjal. Berbagai kelainan gen yang terjadi pada saat bayi lahir dihubungkan dengan peningkatan risiko terjadinya penyakit amiloid tersebut. Jenis dan lokasi kelainan gen tersebut dapat memengaruhi risiko komplikasi tertentu, usia munculnya gejala, dan cara penyakit berkembang dari waktu ke waktu.

  1. Amiloidosis Dialisis

Amiloidosis yang berhubungan dengan dialisis ini berkembang ketika protein dalam darah disimpan pada sendi dan tendon, sehingga menyebabkan nyeri, kekakuan pada sendi, dan sindrom carpal tunnel. Amiloidosis jenis ini umumnya menyerang orang-orang yang telah mengalami dialisis jangka panjang.

Baca Juga: Jarang Terjadi, Pendarahan Otak Bisa Dikenali dari Gejala Ini

Komplikasi Amiloidosis

Komplikasi yang dapat terjadi karena penyakit amiloid tersebut tergantung dari organ mana yang mengalami endapan protein tersebut. Komplikasi yang dapat terjadi pada seseorang yang mengidap amiloidosis adalah:

  1. Penyakit Ginjal

Seseorang yang mengidap penyakit ini mempunyai risiko untuk mengalami penyakit ginjal. Dalam kondisi tersebut, penumpukan amiloid dapat merusak sistem penyaringan ginjal dan membuat protein bocor dari darah ke urine. Kemampuan ginjal untuk mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh menurun yang akhirnya berdampak pada gagal ginjal.

  1. Penyakit Jantung

Endapan protein amiloid tersebut dapat mengurangi kemampuan jantung untuk mengisi darah di antara detak jantung. Lebih sedikit darah yang dipompa pada setiap detak yang terjadi, maka kemungkinan untuk mengalami sesak napas dapat terjadi. Penyakit ini juga dapat menyebabkan gangguan pada sistem kelistrikan jantung dan irama jantung.

  1. Sistem Saraf

Seseorang yang mengidap amiloidosis dapat merasakan kesemutan pada jari atau mati rasa, kurang peka, hingga terasa terbakar pada jari-jari kaki atau telapak kaki. Selain itu, penyakit ini dapat memengaruhi saraf yang dapat mengontrol fungsi usus, sehingga kamu dapat mengalami sembelit dan diare secara bergantian.

Baca Juga: Pembengkakan Limpa atau Splenomegali Bisa Jadi Pertanda 7 Penyakit Serius Ini

Itulah beberapa penyebab dari penyakit amiloidosis. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal penyakit tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter bisa dilakukan dengan mudah melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga bisa beli obat di Halodoc. Praktis tanpa perlu keluar rumah, pesananmu akan diantarkan sampai tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!