Awas, Kondisi Ini Bisa Sebabkan Nyeri Tumit

Awas, Kondisi Ini Bisa Sebabkan Nyeri Tumit

Halodoc, Jakarta – Nyeri tumit adalah kondisi yang membuat pengidapnya merasakan nyeri saat berat badan bertumpu pada salah satu atau kedua tumit, misalnya saat berdiri atau berjalan. Biasanya, pengidap nyeri tumit berjalan dengan cara tidak normal untuk mengurangi rasa nyeri pada tumitnya. Lantas, apa yang menyebabkan nyeri tumit? Ketahui penyebab nyeri tumit di sini.

Baca Juga: Inilah 4 Faktor yang Menyebabkan Plantar Fasciitis

Berbagai Penyebab Nyeri Tumit

Nyeri tumit jarang disebabkan karena cedera tunggal, seperti keseleo atau terjatuh, melainkan akibat tekanan dan benturan berulang pada tumit. Berikut ini penyebab nyeri tumit yang perlu diwaspadai:

  • Fraktur kompresi, disebabkan karena tekanan berat saat latihan fisik, olahraga, atau bekerja.

  • Plantar fasciitis. Merupakan kondisi ketika fascia plantaris mengalami kerusakan dan menebal. Fascia plantaris adalah jaringan tebal dan fleksibel yang berfungsi sebagai penghubung tulang tumit dan tulang-tulang lain di telapak kaki. Fungsi lainnya sebagai penyerap benturan.

  • Benjolan tumit, banyak dialami oleh remaja yang sering menggunakan sepatu hak tinggi. Pasalnya, tulang tumit yang belum terbentuk sempurna dan mendapatkan gesekan berlebih, memicu pembentukan tulang yang terlalu banyak sehingga timbul rasa nyeri pada tumit.

  • Radang kantung cairan (bursitis) tumit, adalah peradangan kantung cairan pada persendian, otot, dan tulang. Kondisi ini disebabkan pendaratan tidak sempurna dan keras pada tumit. Penyebab lainnya adalah tekanan dari sepatu yang berukuran tidak pas.

  • Tarsal tunnel syndrome, adalah penyakit langka yang memengaruhi saraf di antara tabung metatarsal. Terjadi ketika saraf besar di belakang kaki terjepit atau terjebak, menyebabkan sensasi terbakar pada area kaki yang terkena.

  • Peradangan kronis pada alas tumit. Rentan terjadi pada orang yang memiliki alas tumit tipis atau sering berjalan dengan langkah kaki berat.

  • Neuropati perifer adalah gangguan pada sistem saraf tepi. Penyakit ini membuat proses pengiriman sinyal antara sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi menjadi terganggu.

Lantas, apa yang bisa dilakukan ketika tumit terasa nyeri? Kamu bisa segera mengistirahatkan kaki, mengompresnya dengan es, melakukan peregangan kaki, dan minum obat pereda nyeri (seperti ibuprofen, acetaminophen, naproxen). Pada kasus yang parah, nyeri tumit perlu diatasi dengan seperti operasi untuk memperbaiki masalah yang mengganggu tumit.

Baca Juga: 5 Tips bagi Penggemar High Heel Biar Enggak Nyeri Tumit

Itulah kondisi yang menyebabkan nyeri tumit. Untuk mencegah nyeri tumit, kamu dianjurkan untuk mengenakan sepatu yang pas. Hindari terlalu lama menggunakan sepatu hak tinggi. Usahakan untuk rutin berolahraga, setidaknya 30 menit per hari, untuk menjaga kekuatan sendi dan tulang. Pastikan kamu melakukan pemanasan dan pendinginan saat berolahraga.

Kalau kamu punya keluhan nyeri pada tumit, jangan ragu untuk berbicara pada dokter ahli. Tanpa harus antre, sekarang kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan di sini. Kamu juga bisa tanya jawab sama dokter dengan download aplikasi Halodoc via fitur Tanya Dokter.