31 October 2018

Inilah 4 Faktor yang Menyebabkan Plantar Fasciitis

inilah 4 faktor yang menyebabkan plantar fasciitis

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu pernah mengalami kaki bengkak dan terasa nyeri saat bangun pagi hari? Waspada, mungkin saja itu adalah kondisi plantar fasciitis. Plantar fasciitis adalah kondisi kaki mengalami pembengkakan atau inflamasi yang membuat kamu merasa nyeri pada tumit. Pada bagian telapak kaki kamu terdapat bagian yang dikenal dengan nama plantar fasia. Plantar fasia yang terdapat pada telapak kaki adalah sekumpulan jaringan yang menyerupai karet gelang dan menghubungkan telapak kaki dengan jari kaki. Fungsinya untuk meredakan getaran dan membantu untuk berjalan.

Kebanyakan plantar fasciitis dirasakan oleh pria yang memasuki usia 40 tahun. Tidak hanya itu, biasanya penyakit plantar fasciitis dirasakan oleh pada atlet atau orang yang melakukan aktivitas lari. Melalui kegiatan ini, banyak tekanan pada kaki yang dapat menimbulkan cedera atau robek pada jaringan tersebut. Ini yang menyebabkan rasa nyeri ketika berjalan atau beraktivitas.

Ada beberapa tanda awal ketika kamu mengalami kondisi plantar fasciitis, seperti nyeri pada tumit kaki yang menjalar hingga ke bagian tengah kaki. Namun terkadang, rasa nyeri muncul saat kamu sedang berhenti beraktivitas dan membuat kaki menjadi bengkak.

Sebaiknya jaga kesehatan kaki. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kondisi plantar fasciitis:

1. Obesitas

Seseorang yang mengalami berat badan berlebih dapat mengalami kondisi plantar fasciitis. Saat kamu memiliki berat badan yang berlebih, tekanan lebih besar pada area sekitar kaki khususnya bagian plantar fascia. Tidak ada salahnya jika kamu memiliki masalah pada area sekitar kaki untuk mengecek kembali berat badan yang kamu miliki.  Selain terhindar dari plantar fasciitis, memiliki berat badan yang ideal juga menjauhkan kamu dari beberapa penyakit lain seperti kolesterol atau penyakit jantung.

2. Olahraga

Terlalu memaksa tubuh berolahraga dapat menimbulkan cedera kecil atau kondisi plantar fasciitis pada kaki. Sebaiknya, kondisikan tubuh kamu agar selalu sehat ketika akan melakukan olahraga khususnya olahraga yang memiliki banyak gerak pada area kaki. Jangan lupa untuk lakukan pemanasan dan beristirahat jika kamu sudah merasa lelah. Memaksa tubuh untuk terus melakukan aktivitas dalam keadaan lelah bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

3. Kelainan Otot Kaki

Kelainan pada otot atau bentuk kaki bisa menyebabkan seseorang merasakan penyakit plantar fasciitis. Sebaiknya perhatikan cara berjalan kamu agar terhindar dari cedera dan penyakit plantar fasciitis. Jika kamu terdeteksi memiliki kelainan pada otot kaki, segera menemui dokter agar penyakit plantar fasciitis tidak semakin parah.

4. Profesi Tertentu

Jika kamu memiliki profesi yang mewajibkan kamu berdiri dalam waktu yang cukup lama dan banyak aktivitas seperti berlari, bisa saja kamu mengalami kondisi plantar fasciitis.

Jangan khawatir, kamu bisa lakukan peregangan, istirahat yang cukup dan mengompres area yang sakit atau bengkak untuk meredakan rasa nyeri atau bengkak pada kaki yang ditimbulkan.

Tidak ada salahnya untuk menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc ketika kamu merasakan nyeri kaki. Melalui aplikasi Halodoc kamu bisa bertanya langsung pada dokter mengenai penyakit plantar fasciitis. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: