23 January 2019

Ini 5 Tips bagi Penggemar High Heel Biar Enggak Nyeri Tumit

Ini 5 Tips bagi Penggemar High Heel Biar Enggak Nyeri Tumit

Halodoc, Jakarta –  Nyeri tumit adalah masalah kaki yang umum dan biasanya dialami oleh perempuan yang senang mengenakan sepatu bertumit tinggi. Nyeri biasanya terjadi di bawah tumit atau tepat di belakangnya, di mana tendon achilles terhubung ke tulang tumit, bahkan  terkadang bisa memengaruhi sisi tumit.

Buat kamu yang kerap merasakan nyeri di tumit akibat sering mengenakan high heels, berikut adalah beberapa cara untuk meredakan nyeri tersebut:

  1. Bola Tenis

Kamu bisa meredakan nyeri tumit dengan cara menggulirkan bola tenis dari ujung tumit sampai ke ujung-ujung jari kaki. Sejatinya dengan melakukan ini, kamu bisa merilekskan ketegangan saraf di tumit dan sisi kiri kanan tumit. Lakukan 2–3 menit setiap kali kamu merasakan nyeri atau sedang istirahat dari mengenakan sepatu tumit tinggi.

  1. Menggunakan Kompres Hangat

Mengompres bagian tumit atau telapak kaki dengan handuk hangat juga dapat menjadi jalan merilekskan tumit yang stres, karena terlalu sering mengenakan high heels. Kamu juga bisa memijat bagian tumit dengan menggunakan jempol telunjuk jari tengah. Memijat ujung tumit naik ke pergelangan kaki secara perlahan.

Baca juga: Ini Penyebab Plantar Fasciitis dan Cara Ampuh Mengatasinya

  1. Merenggangkan Kaki dan Betis

Merenggangkan kaki dan betis bisa menjadi salah satu cara merilekskan tumit yang nyeri. Sembari diregangkan, kamu juga bisa memijat-mijat betis dengan perlahan sambil meluruskan kaki, paha, dan betis. Gerak-gerakkan ujung-ujung jari, lalu rentangkan sampai kamu bisa merasakan pergerakan otot-otot di betis. Aktivitas ini dapat merilekskan kaki, termasuk meredakan nyeri pada betis.

  1. Meletakkan Bantal pada Betis

Cara lain untuk mendapatkan efek rileks pada tumit adalah dengan meletakkan bantal di bawah betis pada saat tidur. Peletakan bantal bisa membuat kaki menjadi rileks dan meredakan sensasi capek dan nyeri tumit yang biasa terjadi saat kamu terlalu sering mengenakan high heels.

Baca juga: 4 Latihan untuk Mengobati Plantar Fasciitis

  1. Batasi Penggunaan Sepatu Bertumit Tinggi

Tidak ada cara yang lebih jitu untuk menghindari nyeri tumit dengan membatasi penggunaan sepatu bertumit tinggi. Bisa 3–4 kali seminggu ataupun lebih dikurangi lagi, bila kamu merasakan nyeri dan pegal yang berkepanjangan.

Tidak Hanya Berdampak pada Tumit

Sepasang sepatu bertumit 5 sentimeter yang sempurna dan lancip bisa menambahkan kesan “wow” kepada siapapun yang mengenakannya. Perempuan seringkali berkorban untuk sesuatu yang disebut mode. Terkhusus mengenakan high heels, tidak hanya memberikan dampak negatif pada tumit, tetapi juga memberikan risiko pada tulang belakang, pinggul, lutut, pergelangan kaki dan betis, sekaligus mengubah postur dan gaya berjalan seseorang.

Baca juga: Cara Punya Telapak Kaki Mulus Tanpa Kapalan

Karenanya, buat kamu yang senang mengenakan high heels, ada baiknya kamu juga rutin melakukan stretching, supaya tubuh bisa mengembalikan otot sesuai pada tempatnya. Beberapa olahraga yang disarankan adalah senam, yoga, lari, dan berenang.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai dampak mengenakan high heels bagi kesehatan terutama tumit dan betis, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.