• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ayah Bekerja, Ini Cara Quality Time dengan Anak

Ayah Bekerja, Ini Cara Quality Time dengan Anak

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ayah Bekerja, Ini Cara Quality Time dengan Anak

Halodoc, Jakarta – Bagi ayah yang bekerja, membagi waktu dengan keluarga adalah hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Pasalnya, ayah cenderung lebih banyak menghabiskan waktu untuk bekerja di kantor hingga malam hari. Saat pulang ke rumah, Si Kecil mungkin sudah terlelap, sehingga tidak bisa menghabiskan banyak waktu bersama. 

Belum lagi kalau pada akhir pekan ayah mendadak harus tetap pergi bekerja. Kalau sudah begitu, quality time bersama ayah bisa jadi mimpi belaka. Namun jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar ayah bisa tetap menghabiskan waktu yang berkualitas bersama istri dan anak. Bagaimana caranya? 

Baca juga: Begini Cara Tepat Mengatur Waktu Bagi Ibu Bekerja

Tips Quality Time Bersama Keluarga

Menghabiskan waktu yang berkualitas alias quality time bersama keluarga dan anak adalah impian bagi setiap orangtua. Namun, tuntutan pekerjaan atau karir bisa membuat hal itu sulit terwujud. Padahal, perhatian ayah sangat dibutuhkan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Ayah yang sering menghabiskan waktu dengan anak cenderung memiliki kedekatan yang baik. 

Selain itu, anak yang tumbuh dengan perhatian penuh dari ayah dan ibu disebut memiliki kesehatan fisik yang lebih baik, tingkat IQ yang tinggi, serta dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kenyamanan anak. Menghabiskan waktu yang berkualitas bersama keluarga juga bisa menjadikan ayah sebagai panutan atau role model bagi anak. 

Meski sibuk bekerja, ada beberapa tips yang bisa dicoba agar ayah bisa memberi perhatian pada Si Kecil dan menghabiskan waktu berkualitas, di antaranya: 

1.Cari Tahu tentang Anak 

Meski tidak bisa menghabiskan banyak waktu dengan Si Kecil, pastikan ayah tidak kehilangan kesempatan untuk memberi perhatian. Di tengah perkembangan teknologi, ayah bisa mencari tahu tentang Si Kecil dengan mudah, misalnya melalui media sosial. Jika dibutuhkan, luangkan waktu untuk menelpon atau sekadar mengirim pesan dan mendengarkan cerita sang buah hati. 

2.Tentukan Prioritas 

Bagaimanapun, keluarga dan karir sebaiknya dijalani dengan seimbang. Agar lebih banyak waktu yang bisa dihabiskan, ayah bekerja perlu menentukan apa yang menjadi prioritas dan kapan harus mendahulukan hal-hal tertentu. Sebagai contoh, pada akhir pekan ayah bisa menjadikan anak sebagai prioritas dan hal itu berarti tidak ada gangguan dari kantor meskipun hanya sebuah telepon atau pesan. 

Baca juga: Punya Anak, Ini 4 Cara Jaga Quality Time dengan Pasangan

3.Aktivitas Seru 

Saat memiliki waktu luang yang cukup, pastikan ayah menghabiskannya dengan cara yang berkesan. Rencanakan untuk melakukan aktivitas yang seru dengan Si Kecil, seperti berkebun, pergi ke pantai, atau hanya membersihkan rumah dan mengubah tata letak ruangan. 

4.Rencanakan Perjalanan 

Selain melakukan aktivitas seru, ayah juga bisa merencanakan perjalanan yang menyenangkan untuk menghabiskan quality time bersama anak dan istri. Jika tidak memiliki banyak waktu, ayah bisa merencanakan perjalanan singkat ke luar kota dan menikmati pemandangan yang berbeda dari biasanya. 

5.Antar atau Jemput Sekolah 

Satu hal kecil yang bisa ayah lakukan untuk membangun kedekatan dengan anak adalah usahakan untuk mengantar atau menjemput di sekolah, saat ada waktu. Ayah bisa memanfaatkan waktu di perjalanan untuk bertanya aktivitas seharian anak dan mendengarkan keluh kesahnya. 

Baca juga: Ini Alasan Ibu Bekerja Tetap Bisa Lebih Dekat dengan Anak

Kalau anak sakit dan butuh saran dokter, ayah bisa pakai aplikasi Halodoc. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter tepercaya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi 
Harvard Business Review. Diakses pada 2020. Ways Working Dads Can Make More Time for Family.
Hessel Group. Diakses pada 2020. ARE YOU A WORKING DAD? HERE’S HOW TO SPEND MORE TIME WITH YOUR CHILDREN.