• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Tepat Mengatur Waktu Bagi Ibu Bekerja

Begini Cara Tepat Mengatur Waktu Bagi Ibu Bekerja

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Memilih untuk bekerja di luar rumah setelah melahirkan adalah hak setiap ibu. Namun tentu saja, ada konsekuensi yang harus dihadapi dari pilihan ini. Nyatanya, ibu bekerja akan cenderung tidak memiliki banyak waktu yang bisa dihabiskan bersama anak dan keluarga. Namun jangan khawatir, ibu bisa menyiasati hal tersebut agar pekerjaan di luar rumah dan di rumah bisa tetap seimbang.

Coba ingat kembali, apakah ibu merasa punya cukup banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan di kantor dan bermain bersama anak di rumah? Jika ternyata masih terasa kurang,  atau ibu sering membawa pulang pekerjaan ke rumah, berarti ada yang salah dengan manajemen waktu yang ibu terapkan. Kalau sudah begini, ibu mungkin akan menjadi semakin kewalahan dan waktu bersama anak akan berkurang.

Baca juga: Intip Trik Agar Balita Ramah pada Semua Orang

Tips Mengatur Waktu dan Tetap Dekat dengan Anak 

Salah pengaturan waktu bisa ditandai dengan kesulitan menyelesaikan pekerjaan kantor, salah satunya karena selalu memikirkan anak di rumah. Alhasil, ibu menjadi tidak bersemangat dan malah membuat semuanya menjadi sulit. Untuk menghindari hal  tersebut, coba terapkan tips membagi waktu bagi ibu bekerja berikut!

  • Tentukan Prioritas 

Sangat penting bagi ibu untuk menentukan mana hal yang merupakan prioritas. Pembagian waktu berjalan lancar, bedakan antara kebutuhan yang mendesak dan penting. Selain itu, penting juga bagi ibu untuk mengetahui hal yang merupakan kewajiban dan biasakan untuk selalu menyelesaikan hal tersebut terlebih dahulu. Dengan begitu, ibu bisa lebih fokus dan tidak membuang banyak waktu pada hal yang kurang penting atau bisa dikerjakan belakangan.

Baca juga: Ibu bekerja, Bagaimana Quality Time dengan Anak?

  1. Manfaatkan Multitasking 

Multitasking alias mengerjakan lebih dari satu kegiatan pada satu waktu adalah hal yang bisa dilakukan agar pekerjaan lebih cepat selesai. Namun ingat, hal ini sebaiknya hanya dilakukan jika dibutuhkan saja. Jangan membiasakan diri melakukan hal ini, terutama pada hal yang tidak terlalu diperlukan. Sebab, multitasking terus-menerus bisa membuat ibu mudah merasa stres dan malah tidak bisa menyelesaikan pekerjaan sama sekali. 

  1. Katakan Tidak 

Terkadang, waktu ibu di kantor cukup banyak terbuang untuk melakukan hal yang sebenarnya tidak terlalu berguna atau menyelesaikan tugas yang bisa ditunda. Kalau sudah begitu, waktu yang bisa dihabiskan bersama anak pun akan menjadi lebih sedikit. Tidak ada salahnya sesekali ibu mengatakan tidak, misalnya untuk ajakan makan malam sepulang kantor yang terlalu sering. Bagaimanapun, ada sang buah hati yang menunggu di rumah. 

  • Cukup Istirahat

Meski begitu, bukan berarti ibu tidak boleh mengambil waktu untuk beristirahat dan “memanjakan diri sendiri”. Membagi waktu antara pekerjaan kantor, mengurus anak, dan memanjakan diri nyatanya adalah hal yang penting dilakukan. Sesekali, minta bantuan pada pasangan atau keluarga untuk menjaga Si Kecil sementara ibu melakukan hal yang menyenangkan atau sekadar memenuhi kebutuhan tidur. Jangan berpikir bahwa hal ini buruk, sebab bagaimanapun ibu tetap membutuhkan istirahat agar tidak kehilangan diri sendiri.

Baca juga: Ibu Bekerja, Ini Tips Jaga Kesehatan

Jika ibu masih membutuhkan membagi waktu, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter atau psikolog di aplikasi Halodoc. Ambil smartphone kamu sekarang dan gunakan Halodoc untuk mendiskusikan hal ini, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Download aplikasinya segera di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Hey Mama. Diakses pada 2020. How Working Mothers Bond With Their Toddler.
Verywell. Diakses pada 2020. 8 Effective Time Management Tips for Moms.