Badan Lemas Setelah Berbuka Puasa, Apa Sebabnya?

badan-lemas-setelah-berbuka-puasa-apa-sebabnya-halodoc

Halodoc, Jakarta – Badan terasa lemas saat puasa itu wajar, karena kamu tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman sama sekali selama belasan jam. Setelah berbuka puasa dengan menu makanan yang lengkap, seharusnya tubuh kamu akan kembali segar dan berenergi.

Namun, bagaimana bila tubuh masih terasa lemas juga setelah berbuka puasa? Ada sebagian orang yang mengaku mengalami kondisi tersebut selama menjalani puasa. Bahkan saking lemasnya, beberapa orang jadi tidak kuat menjalani salat Tarawih. Lantas, apa sebenarnya yang menjadi penyebab badan lemas setelah berbuka puasa? Simak jawabannya di sini.

Ketika berpuasa, tubuh kamu akan mengalami defisit kalori dan cairan, sehingga menyebabkan tubuh menjadi lemas. Berbuka puasa seharusnya menjadi saat di mana kebutuhan kalori dan asupan cairan kita dikembalikan, sehingga tubuh menjadi bertenaga kembali. Tapi, pada beberapa kasus, berbuka puasa justru bisa mengakibatkan lemas. Berikut hal-hal yang kemungkinan menjadi penyebabnya:

  • Hipoglikemia atau Kadar Gula Darah Rendah

Kamu mungkin merasa heran dan bertanya-tanya, mengapa setelah berbuka puasa kadar gula darah dalam tubuh malah jadi menurun? Nyatanya, kondisi ini bisa terjadi bila saat berbuka, kamu langsung mengonsumsi makanan manis dalam jumlah yang banyak. Makanan manis yang dikonsumsi saat berbuka biasanya berbentuk karbohidrat simpleks, karena mengandung gula yang sangat tinggi. Misalnya, kolak, es buah, cendol, minuman bersoda, dan lain-lain.

Karbohidrat simpleks bila dikonsumsi dalam jumlah besar bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat secara drastis. Kadar gula darah yang naik secara drastis ini akan memicu pengeluaran hormon insulin yang berlebihan yang berfungsi untuk menurunkan gula kadar gula darah. Jadi, peningkatan insulin yang berlebihan akan mengakibatkan penurunan gula darah secara drastis pula, sehingga hipoglikemia bisa terjadi yang mengakibatkan gejala lemas dan pusing.

Baca juga: Kenalan dengan Hipoglikemia dan Cara Mengatasinya

  • Kalap Saat Berbuka Puasa

Menyantap makanan secara berlebihan saat buka puasa bisa menyebabkan perut penuh (bloating). Kondisi lambung yang terlalu penuh ini justru akan mengakibatkan tubuh menjadi lemas, pusing, dan mual.

  • Radang Lambung atau Gastritis

Kondisi ini bisa terjadi bila kamu langsung mengonsumsi makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam saat berbuka puasa.

  • Terlalu Banyak Mengonsumsi MSG

Badan lemas setelah berbuka puasa bisa juga menjadi gejala akibat konsumsi MSG berlebihan (Chinese restaurant syndrome). Misalnya, bila saat berbuka puasa, kamu langsung menyantap makanan ber-MSG tinggi.

Baca juga: 4 Kebiasaan Makan yang Perlu Dihindari saat Buka Puasa

Selain hal-hal di atas, badan lemas dan pusing juga bisa disebabkan oleh kondisi lain di luar buka puasa, misalnya:

  • Anemia
  • Dehidrasi, bila kamu kurang minum saat berbuka puasa
  • Tekanan darah rendah atau hipotensi
  • Kondisi penyakit tertentu, seperti flu, diabetes, dan kurang elektrolit
  • Stres.

Untuk mengetahui penyebab pasti keluhan kamu, sebaiknya bicarakan lebih lanjut dengan dokter umum. Dokter akan memeriksa lebih lanjut keluhan yang kamu rasakan dengan melakukan pemeriksaan fisik. Bila perlu, dokter akan memeriksa kadar gula darah, kadar elektrolit, tekanan darah, dan pemeriksaan darah.

Bila dokter menemukan adanya penyakit tertentu, dokter umum dapat merujuk kamu ke dokter penyakit dalam untuk melacak penyakit lebih lanjut. Setelah itu, dokter baru bisa memberikan penanganan yang tepat terhadap keluhan kamu sesuai dengan penyebabnya.

Untuk mencegah badan lemas setelah berbuka puasa, kamu dianjurkan untuk melakukan hal-hal berikut:

  • Jangan mengonsumsi makanan manis atau makanan apapun juga secara berlebihan saat berbuka puasa.
  • Sebaiknya penuhi kebutuhan cairan dengan banyak minum air putih dibanding minuman bersoda atau minuman yang terlalu asam, serta minuman berkafein, terutama saat berbuka puasa.
  • Hindari makanan terlalu pedas saat berbuka.
  • Hindari merokok dan minum-minuman beralkohol.
  • Tidur yang cukup.
  • Penuhi kebutuhan kalori kamu dengan mengonsumsi makanan bergizi sesuai yang kamu butuhkan, tidak berlebihan, dan tidak juga kekurangan, agar badan tidak lemas dan kurang gizi saat puasa.

Baca juga: Biar Enggak Lemas Saat Puasa, Ikuti 4 Tips Ini

Kamu juga bisa bertanya-tanya ke dokter tentang masalah kesehatanmu dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.