• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara Menghilangkan Koreng di Kaki?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara Menghilangkan Koreng di Kaki?

Bagaimana Cara Menghilangkan Koreng di Kaki?

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 28 Maret 2022

“Cara menghilangkan koreng di kaki bisa dilakukan dengan membersihkan koreng menggunakan antiseptik. Proses pembersihan dimulai dari mencuci tangan menggunakan air hangat terlebih dahulu, supaya tangan higienis saat menyentuh luka tersebut.”

Bagaimana Cara Menghilangkan Koreng di Kaki?

Halodoc, Jakarta – Koreng di kaki tidak hanya soal estetika ataupun mengganggu penampilan. Apabila tidak diobati, koreng di kaki bisa menyebabkan komplikasi dan infeksi yang jauh lebih mengganggu dari penampakan kaki melepuh, kering, dan menghitam.

Koreng di kaki bisa disebabkan mulai dari infeksi jamur, bakteri, gigitan serangga, atau masalah kebersihan yang menjadi kebiasaan sehingga berdampak pada gangguan kulit di kaki. Untungnya, perawatan rumahan bisa membantu menghilangkan koreng di kaki. Yuk, simak caranya di sini!

1. Rajin Membersihkan Koreng

Mungkin kamu menganggap koreng bisa sembuh dengan sendirinya, sehingga kamu tidak melakukan perawatan. Sebenarnya bisa saja sih, tetapi dengan membersihkan koreng bisa mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi bekas lukanya. 

2. Bersihkan dengan Antiseptik

Cara menghilangkan koreng di kaki bisa dilakukan dengan membersihkan koreng menggunakan antiseptik. Proses pembersihan dimulai dari mencuci tangan menggunakan air hangat terlebih dahulu supaya tangan higienis saat menyentuh luka tersebut. Lalu koreng disabuni dengan sabun antibakteri dan dikeringkan dengan handuk bersih. 

3. Oleskan Salep Antibakteri

Supaya koreng cepat mengering dan membunuh bakteri atau apapun penyebab koreng, oleskan salep antibakteri. Kalau kamu butuh rekomendasi dokter, salep mana yang paling baik untuk digunakan, tanyakan saja pada dokter lewat aplikasi Halodoc

4. Menggunakan Sepatu Terbuka

Untuk sirkulasi udara yang baik di area luka, ada baiknya kamu menggunakan sepatu atau sandal terbuka—tergantung di mana lokasi koreng. Takutnya, kalau kamu menutup luka koreng malah bisa menghambat proses penyembuhan. Belum lagi gesekan sepatu dengan area terluka yang malah bisa menambah infeksi, makanya koreng jadi susah sembuh.

5. Jangan Sering Dipegang-pegang 

Memang sih, pasti ada keinginan untuk memegang, menggaruk ataupun mengopek bekas koreng, tapi kamu harus menahan keinginan tersebut. Memegang-megang koreng hanya akan membuat luka semakin memburuk. Kamu tidak pernah tahu apakah tanganmu higienis atau tidak. Biarkan koreng mengering dengan sendirinya, dan bila memang gatalnya sangat mengganggu, kamu bisa menepuk-nepuknya, mengompres dengan air hangat dan kemudian mengeringkannya kembali.

Itulah tips cara menghilangkan koreng di kaki. Yuk, dapatkan informasi seputar tips-tips kesehatan lainnya dengan mengunduh aplikasi Halodoc. Tetap selalu jaga kesehatan, ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Blisters on Feet: What You Need to Know.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Foot and Toe Ulcers.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What causes blisters on the feet?