Ini Pilihan Obat Koreng yang Aman Digunakan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 Oktober 2023

"Obat koreng berfungsi untuk mempercepat proses pengelupasan bekas luka. Beberapa pilihan yang bisa kamu pertimbangkan yaitu salep antibiotik, anti jamur atau petroleum jelly."

Ini Pilihan Obat Koreng yang Aman DigunakanIni Pilihan Obat Koreng yang Aman Digunakan

Halodoc, Jakarta – Obat koreng kerap dicari agar bekas luka pada kulit sembuh dengan cepat. Sebab, koreng adalah salah satu masalah kulit yang bisa mengganggu penampilan fisik, terlebih jika muncul di area-area yang tidak tertutupi pakaian. 

Kondisi ini timbul untuk menutupi luka agar tidak terjadi infeksi. Koreng sebenarnya tidak perlu kamu obati dan bisa mengelupas dengan sendirinya. 

Namun, butuh waktu yang tidak sebentar sampai bekas luka ini benar-benar hilang. Itu sebabnya, tak sedikit orang mencari obat koreng untuk mempercepat proses penyembuhan. 

Obat Koreng yang Bisa Digunakan

Ada berbagai jenis obat yang bisa kamu gunakan untuk merawat koreng. Berikut beberapa pilihan aman yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Salep antibiotik

Obat antibiotik yang berupa salep kerap dokter resepkan untuk mencegah atau mengobati infeksi.

Antibiotik bekerja dengan membunuh sekaligus menghambat perkembangbiakan bakteri yang masuk ke dalam luka. 

Sebelum menggunakannya, bersihkan luka terlebih dahulu. Tujuannya untuk memastikan tidak ada kotoran yang menempel pada luka. 

2. Hydrocolloid atau steroid

Jenis salep lain yang bisa kamu gunakan yaitu hydrocolloid. Kandungan ini mampu mempercepat proses penyembuhan luka sekaligus melembapkan.

Selain itu, salep ini membantu mengangkat koreng secara lembut tanpa merusak jaringan kulit yang baru terbentuk.

Selain hydrocolloid, dokter juga bisa meresepkan salep steroid untuk mengurangi peradangan dan rasa gatal yang biasanya muncul di sekitar koreng.

Pastikan kamu menggunakannya sesuai aturan dan dosis dari dokter. Ini Cream Penghilang Bekas Luka yang Bisa Dibeli Tanpa Resep.

4. Salep anti jamur

Apabila koreng disebabkan oleh infeksi jamur, dokter bisa meresepkan salep anti jamur untuk mengatasinya. Infeksi jamur dapat mengakibatkan koreng dan rasa gatal. 

Nah, salep anti jamur akan membantu mengatasi infeksi dan mempercepat proses penyembuhan koreng. Gunakan sesuai anjuran dan dosis yang dokter berikan.

5. Vitamin E

Kamu juga bisa memilih pelembap yang mengandung vitamin E. Alasannya, kandungan ini mengandung antioksidan yang bisa melindungi jaringan kulit dari kerusakan.

Antioksidan juga berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan sekaligus mencegah infeksi. Biasanya, vitamin E ini banyak terkandung dalam produk losion atau krim pelembap. 

6. Saline water

Cairan NACL atau saline juga bisa kamu manfaatkan sebagai obat koreng. Pasalnya, cairan ini mengandung benzethonium chloride yang bisa mencegah infeksi.

Bahan aktif tersebut bisa mencegah perkembangan bakteri, jamur dan mikroba lain yang bisa memicu infeksi pada luka. Usapkan kapas yang sudah kamu celup cairan saline ke bagian koreng secara rutin untuk merasakan efeknya.

7. Petroleum jelly

Bahan yang satu ini juga banyak orang memanfaatkan untuk melembapkan kulit. Karena sifat lembapnya ini, petrolleum jelly juga bisa kamu coba gunakan sebagai obat koreng.

Kulit yang senantiasa lembap cenderung membuat koreng bisa cepat mengelupas. Selain itu, kulit yang lembap juga mampu mengurangi gatal-gatal yang biasa muncul pada koreng.

Itulah beberapa obat koreng yang bisa kamu pertimbangkan. Kamu bisa temukan produk obat kulit lainnya yang lebih lengkap di Toko Kesehatan Halodoc melalui gambar di bawah ini.✔️

toko kesehatan halodoc
Referensi:
Intermountain Healthcare. Diakses pada 2023. Chronic Wound Care: Home Instructions.
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2023. Proper Wound Care: How to Minimize a Scar.
EMedicine Health. Diakses pada 2023. Wound Care.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan