Bagaimana Cara Penyakit Chagas Didiagnosis?

Bagaimana Cara Penyakit Chagas Didiagnosis?

Halodoc, Jakarta – Penyakit Chagas adalah penyakit radang dan infeksi yang disebabkan oleh parasit Trypanosoma cruzi, yang ditemukan dalam kotoran bug triatomine (reduviid). Penyakit Chagas adalah umum di Amerika Selatan, Amerika Tengah dan Meksiko, rumah utama dari serangga triatomine. Kasus penyakit Chagas yang jarang ditemukan di Amerika Serikat bagian selatan juga.

Disebut juga American trypanosomiasis, penyakit Chagas dapat menginfeksi siapa saja. Jika tidak diobati, penyakit Chagas nantinya dapat menyebabkan masalah jantung dan pencernaan yang serius. Pengobatan penyakit Chagas berfokus pada membunuh parasit pada infeksi akut dan mengelola tanda-tanda dan gejala pada tahap selanjutnya.

Baca juga: Begini 5 Cara Sederhana Cegah Akalasia

Penyebab dan Cara Mendapatkannya

Penyebab penyakit Chagas adalah parasit Trypanosoma cruzi, yang ditularkan dari serangga yang dikenal sebagai bug triatomine. Serangga ini dapat terinfeksi oleh T. cruzi ketika mereka mengambil darah dari hewan yang sudah terinfeksi parasit.

Serangga triatomine hidup terutama di gubuk lumpur, jerami atau adobe di Meksiko, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Mereka bersembunyi di celah-celah di dinding atau atap di siang hari, lalu keluar di malam hari - sering menggigit manusia yang tidur.

Serangga yang terinfeksi buang air besar setelah menyusui, meninggalkan parasit T. cruzi di kulit. Parasit kemudian dapat memasuki tubuh melalui mata, mulut, luka atau goresan, atau luka dari gigitan serangga.

Menggaruk atau menggosok situs gigitan membantu parasit memasuki tubuh. Setelah di tubuh, parasit berkembang biak dan menyebar. Kamu juga dapat terinfeksi oleh:

  1. Makan makanan mentah yang terkontaminasi dengan kotoran dari serangga yang terinfeksi T. cruzi

  2. Terlahir dari seorang wanita yang terinfeksi T. cruzi

  3. Memiliki transfusi darah yang mengandung darah yang terinfeksi

  4. Mendapatkan transplantasi organ yang mengandung T. cruzi yang layak

  5. Bekerja di laboratorium di mana ada paparan tak sengaja terhadap parasit

  6. Menghabiskan waktu di hutan yang mengandung hewan liar yang terinfeksi, seperti rakun dan opossum

Baca juga: Awas, 4 Penyakit Ini Disebabkan Gigitan Nyamuk

Jika penyakit chagas berlanjut ke fase kronis, jantung serius atau komplikasi pencernaan dapat terjadi. Ini mungkin termasuk:

  1. Gagal jantung. Gagal jantung terjadi ketika jantung kamu menjadi sangat lemah atau kaku sehingga tidak dapat memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

  2. Pembesaran kerongkongan (megaesophagus). Kondisi langka ini disebabkan oleh pelebaran (pelebaran) abnormal esofagus, yang dapat menyebabkan kesulitan menelan dan pencernaan.

  3. Pembesaran usus besar (megakolon). Megakolon terjadi ketika usus melebar secara tidak normal, menyebabkan sakit perut, distensi, dan sembelit parah.

Diagnosis Penyakit Chagas

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, menanyakan gejala dan faktor apa saja yang membuat kamu berisiko terkena penyakit chagas. Jika kamu memiliki tanda dan gejala penyakit Chagas, tes darah dapat mengkonfirmasi keberadaan parasit T. cruzi atau protein yang diciptakan sistem kekebalan tubuh (antibodi) untuk melawan parasit di dalam darah.

Jika kamu didiagnosis mengidap penyakit chagas, kemungkinan kamu akan menjalani tes tambahan untuk menentukan apakah penyakit tersebut telah memasuki fase kronis dan menyebabkan komplikasi jantung atau pencernaan. Tes-tes ini mungkin termasuk:

  1. Elektrokardiogram, prosedur yang mencatat aktivitas listrik jantung

  2. Rontgen dada, yang memungkinkan dokter melihat apakah jantung membesar

  3. Echocardiogram, tes yang menggunakan gelombang suara untuk menangkap gambar bergerak jantung, memungkinkan dokter melihat perubahan pada jantung atau fungsinya

  4. Rontgen perut, suatu prosedur yang menggunakan radiasi untuk menangkap gambar perut, usus, dan usus besar

  5. Endoskopi bagian atas, prosedur di mana kamu menelan tabung tipis (endoskopi) yang mentransmisikan gambar kerongkongan ke layar

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai cara penyakit Chagas didiagnosis, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.