22 November 2018

Bagi Pengidap Tumor, 5 Makanan Ini Jadi Pantangan

 pengidap tumor

Halodoc, Jakarta - Penyakit tumor merupakan penyakit serius berupa gangguan jaringan dalam tubuh. Jaringan tersebut mengalami pertumbuhan abnormal atau pertumbuhan yang tidak biasanya. Namun, kebanyakan penyakit tumor dapat sembuh dengan sendirinya, meskipun banyak pula yang menjadi penyakit mematikan jika sudah memasuki stadium lanjut.

Pengobatan penyakit tumor sebenarnya cukup sederhana, yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat dan mematuhi semua pantangan makanan pengidap tumor. Hal ini sangat lah penting, karena makanan menjadi penyuplai pertumbuhan jaringan yang sangat besar.

Nah, bagi kamu yang ingin sembuh, selain mengonsumsi obat-obatan sesuai resep dokter, dampingi lah pengobatan dengan menghindari beberapa pantangan makanan. Jika kamu belum mengetahui secara pasti apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh pengidap tumor, simaklah poin-poin berikut ini.

  1. Kacang Kedelai

Pantangan makanan untuk pengidap tumor yang pertama adalah kacang kedelai. Kacang-kacangan sangat tidak dianjurkan bagi pengidap tumor. Pasalnya, kandungan senyawa fitoestrogen dapat memicu estrogen dan xenoestrogen dalam tubuh. Akibatnya, tumor yang sedang diidap akan semakin memburuk.

  1. Makanan yang Diolah dengan Wadah Plastik (Microwave)

Makanan yang dibuat dengan cara diolah dengan media wadah plastik sangat tidak baik untuk pengidap tumor. Bukan tidak mungkin kandungan partikel yang terdapat dalam plastik tersebut masih tertempel pada makanan. Sebab, kandungan plastik tersebut dapat merusak jaringan, terutama jaringan penyakit tumor kamu.

  1. Gorengan atau Makanan Panggang

Selain makanan yang diolah dengan plastik, pengidap tumor juga tidak diperkenankan untuk mengonsumsi makanan yang dibuat dengan cara digoren atau dipanggang. Sebab, makanan tersebut mengandung senyawa berbahaya, seperti lemak dan kolesterol jenuh yang dapat memperparah tumor.

  1. Buah Durian, Nangka, Sirsak, dan Kelengkeng

Tidak semua dan selamanya buah membawa manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, ada pula buah yang memberi dampak negatif pada tubuh, terutama bagi pengidap tumor. Buah tersebut antara lain durian, nangka, sirsak, dan kelengkeng. Buah-buahan tersebut mengandung alkohol yang sangat tinggi, dan kandungan tersebut dapat memicu berkembangnya jaringan tumor.

  1. Makanan dalam Kemasan atau Makanan Instan

Pantangan makanan bagi pengidap tumor yang terakhir dan wajib untuk dijauhi adalah makanan instan atau makanan dalam kemasan. Makanan tersebut tidak boleh dimakan oleh pengidap penyakit tumor jinak, dikarenakan makan tersebut mengandung bahan pengawet yang sangat tinggi. Kandungan zat pengawet tersebut dapat memperburuk penyakit tumor jinak.

Makanan instan seperti mi, sarden, minuman susu dalam kaleng, dan masih banyak lagi, tidak boleh dikonsumsi oleh pengidap tumor. Di samping itu, pengidap juga tidak diperkenankan untuk mengonsumsi makanan laut. Pasalnya, makanan tersebut mengandung mineral yang sangat buruk untuk kesehatan tubuh pengidap tumor.

Itu lah makanan pantangan bagi pengidap penyakit tumor yang perlu kamu ketahui. Jika kamu masih memiliki pertanyaan mengenai makanan pantangan atau pun penyakit tumor, kamu juga bisa melakukan diskusi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana pun. Saran dokter dapat kamu terima dengan praktis dengan download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.

Baca juga: