• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bahaya Mengintai di Balik Susu Formula Kedaluwarsa

Bahaya Mengintai di Balik Susu Formula Kedaluwarsa

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta – Pada anak berusia di bawah dua tahun, beberapa ibu memberikan susu formula karena berbagai alasan. Jika diberikan pada anak di atas dua tahun, susu formula umumnya berguna untuk gizi tambahan agar anak menjadi lebih sehat pasca sudah tidak diberikan ASI.

Namun, terdapat kekhawatiran yang selalu timbul jika seorang ibu memberikan susu formula pada anaknya, yaitu masa kedaluwarsa. Banyak ibu yang akan langsung panik jika mengetahui apabila susu formula yang diberikan telah melewati batas tanggal konsumsi. Selain itu, disebutkan juga terdapat dampak buruk yang terjadi jika mengonsumsi susu kedaluwarsa. Berikut bahasan lengkapnya!

Baca juga: Cermati Cara Memilih Susu untuk Balita

Bahaya Mengonsumsi Susu Formula Kedaluwarsa

Memang dalam keadaan tertentu, beberapa ibu yang baru melahirkan tubuhnya masih belum memproduksi ASI. Maka dari itu, sebagian bayi diharuskan untuk diberikan susu formula agar tubuhnya tetap mendapat asupan gizi yang juga berguna untuk menunjang pertumbuhannya. Dengan itu, penting untuk menjaga kebersihan makanan yang dikonsumsinya dan memastikan jika belum kedaluwarsa.

Susu formula sama seperti makanan kemasan lainnya yang mempunyai waktu batas aman untuk dikonsumsi. Namun, jika anak ibu mengonsumsi susu formula yang lewat masa kedaluwarsa, beberapa dampak negatif mungkin saja terjadi. Disebutkan bahwa beberapa penyakit yang berbahaya dapat terjadi, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Hal tersebut terjadi lantaran makanan yang sudah melewati batas aman konsumsi tersebut kemungkinan sudah terkontaminasi bakteri atau penyebab penyakit berbahaya lainnya. Terlebih lagi jika konsumsi susu tersebut dalam jumlah yang banyak dan dengan kurun waktu yang tidak sebentar, sehingga tubuhnya mendapat serangan beruntun.

Gejala yang dapat terjadi disebabkan oleh konsumsi susu formula kedaluwarsa seperti orang saat keracunan makanan atau minuman. Anak ibu dapat mengalami diare, muntah, hingga menangis dalam waktu yang lama. Jika gejala ini tidak kunjung membaik setelah beberapa lama, ada baiknya melakukan pemeriksaan dengan dokter yang berpengalaman.

Bayi dapat mengalami kelainan yang berbahaya ketika mengonsumsi susu formula kedaluwarsa dikarenakan sistem kekebalan tubuhnya yang belum sempurna. Hal tersebut menyebabkan bakteri dan penyebab penyakit lainnya dapat dengan mudah menyerang dan menimbulkan hal-hal yang berbahaya. Maka dari itu, penting untuk memastikan susu yang ada masih layak dikonsumsi.

Jika ibu mempunyai pertanyaan terkait tumbuh kembang anak, dokter anak dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc di smartphone-mu!

Baca juga: 5 Tips Memilih Susu Formula untuk Bayi

Cara Mengenali Susu Formula Kedaluwarsa

Faktanya, tanggal kedaluwarsa yang tertera pada bungkus produk tidak dapat menjadi satu-satunya patokan apabila susu tersebut masih layak untuk dikonsumsi. Ibu juga harus memperhatikan faktor lainnya. Bisa saja kontaminasi zat asing tersebut terjadi karena tempat penyimpanan yang salah, meski batas waktu aman konsumsinya belum dilewati.

Bagaimana jika susu formula yang dibeli ternyata menggunakan kemasan palsu dengan tanggal kedaluwarsa yang masih jauh? Banyak orang yang tergoda dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran. Padahal, mungkin saja isi di dalamnya sudah tidak higienis. Maka dari itu, ibu harus benar-benar mengetahui ciri-ciri susu formula yang telah kedaluwarsa agar tidak memberikannya pada anak.

Berikut adalah beberapa pertanda jika susu sudah tidak layak konsumsi:

1. Menggumpal

Ciri yang pertama apabila susu formula sudah kedaluwarsa adalah terjadinya gumpalan yang keras. Maka dari itu, penting untuk ibu perhatikan setiap sebelum menyeduh susu agar dapat menghindari anak dari keracunan susu. Umumnya, hal ini disebabkan oleh tempat penyimpanan yang tidak benar.

2. Berubah Warna

Ibu juga harus berhati-hati apabila susu yang akan dikonsumsi anak sudah terlihat berubah warna, seperti menjadi kuning atau terdapat bintik cokelat di sebagian kecil susu. Sebab, itu dapat menjadi pertanda apabila produk sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

3. Bau Tak Sedap

Susu formula yang kedaluwarsa juga dapat menimbulkan bau tidak sedap ketika dihirup. Jika hal ini terjadi, langsung saja buang susu tersebut karena dapat menimbulkan bahaya yang membuat bayi keracunan makanan.

4. Kemasan Rusak

Sebelum membeli, ibu juga harus memastikan apabila kemasan susu tersebut tidak rusak. Hal tersebut karena dapat menyebabkan bakteri dan hal merugikan lainnya mengontaminasi susu formula yang berdampak buruk ketika dikonsumsi. Pastikan jika kemasan tidak menggembung, kusam, atau terdapat lem yang rusak.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Anak Minum Susu?

Itulah beberapa hal yang dapat diketahui tentang bahaya dari susu formula kedaluwarsa ketika dikonsumsi oleh anak ibu. Pastikan anak ibu selalu mendapatkan yang terbaik agar kesehatannya benar-benar terjaga. Dengan begitu, ibu tidak begitu khawatir tentang masa depannya.

 

Referensi:
Ballya. Diakses pada 2020. What should I do if my baby eats the expired milk powder?
the Bump. Diakses pada 2020. Baby Food Expiration Dates: What You Need to Know