21 June 2018

Kapan Waktu yang Tepat Anak Minum Susu?

Waktu anak minum susu

Halodoc, Jakarta – Susu dikenal sebagai salah satu sumber kalsium yang baik. Itu sebabnya, kebanyakan orangtua akan memberikan susu pada anak untuk menunjang tumbuh kembang yang optimal. Lantas, apakah ada waktu anak minum susu yang tepat? Simak faktanya di sini, yuk!

Baca juga: 5 Tips Memilih Susu Formula untuk Bayi

Waktu Anak Minum Susu

Sebenarnya, ibu bisa memberikan susu pada Si Kecil kapan saja ibu mau. Hanya saja, agar penyerapan susu dalam tubuh bisa maksimal, para ahli menyarankan untuk memberikan susu di malam hari sebelum Si Kecil tidur. Alasannya karena saat tidur, tubuh akan melepaskan hormon pertumbuhan (growth hormone) lebih cepat, sehingga kalsium dari susu bisa digunakan secara maksimal untuk menguatkan tulang Si Kecil.

Lantas, apakah boleh minum susu di pagi hari? Tentu boleh. Bahkan, studi yang dilansir dari Dairy Council of California melaporkan bahwa anak yang rutin minum susu saat sarapan mendapat lebih banyak nutrisi penting dibanding yang jarang mengonsumsinya di pagi hari. Selain itu, kandungan protein dalam susu juga membuat anak kenyang lebih lama, sehingga ia tidak akan cepat lapar hingga waktu makan siang tiba.

Waktu yang tidak disarankan untuk minum susu adalah menjelang waktu makan utama Si Kecil. Pasalnya, kandungan protein dan lemak dalam susu bisa membuat anak kenyang, sehingga bisa membuatnya malas untuk makan. Selain itu, sebaiknya Si Kecil tidak minum susu setelah mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti daging merah atau sayuran hijau. Alasannya karena susu bisa menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh Si Kecil. Kondisi ini bisa membuat Si Kecil rentan mengalami anemia, yaitu kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh.

Manfaat Susu untuk Tumbuh Kembang Anak

Studi dari American Society for Clinical Nutrition melaporkan bahwa anak yang rutin mengonsumsi susu sapi mengalami pertumbuhan yang lebih pesat dibanding yang jarang mengonsumsinya. Studi tersebut juga membuktikan bahwa mengonsumsi susu di usia pubertas bisa membantu anak mencapai massa tulang optimal saat dewasa nanti. Agar ibu lebih yakin, berikut manfaat susu untuk tumbuh kembang Si  Kecil:

  • Susu mengandung protein dan kalsium yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan, terutama pembentukan tulang dan gigi.
  • Susu mengandung Insulin-like Growth Factor-1 atau IGF-1. Kandungan ini berperan dalam membentuk pertumbuhan tulang dan tinggi badan.
  • Susu sapi mengandung banyak mineral, antara lain magnesium, fosfor, kalium, selenium, dan seng yang berfungsi untuk mendukung pembentukan tulang, mempertahankan keseimbangan cairan, dan pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh.
  • Susu juga mengandung vitamin A, B1, B3, B5, B6, B12, C, D, E, K, serta folat yang bisa membantu melancarkan metabolisme serta sirkulasi dan pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh.

Baca juga: Cermati Cara Memilih Susu untuk Balita

Pada akhirnya, minum susu di pagi atau malam hari sama baiknya untuk kesehatan Si Kecil asalkan tidak berlebihan. Selain susu, pastikan juga Si Kecil mendapat asupan bergizi seimbang setiap harinya. Kalau Si Kecil punya keluhan kesehatan, ibu bisa memanfaatkan aplikasi Halodoc. Sebab melalui aplikasi Halodoc, ibu bisa berbicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!