13 September 2018

Bahaya Olahraga Tanpa Mengenakan Sepatu

bahaya olahraga

Halodoc, Jakarta – Saat berolahraga, kamu disarankan untuk mengenakan sepatu atau alas kaki. Memang ada beberapa olahraga tertentu seperti yoga atau pilates yang tidak perlu menggunakan alas kaki. Namun, hampir sebagian besar jenis olahraga umumnya perlu mengenakan sepatu. Alas kaki dibutuhkan saat berolahraga bukan tanpa alasan. Selain agar kamu bisa berolahraga dengan lebih nyaman, sepatu juga berguna untuk melindungi kaki dari berbagai hal yang mungkin saja bisa melukai kaki kamu. Berikut risiko bahaya olahraga tanpa alas kaki yang bisa kamu alami.

Manfaat Olahraga Tanpa Alas Kaki atau Sepatu

Memang berolahraga tanpa alas kaki atau sepatu diketahui punya efek yang menyehatkan seperti terapi. Menurut penelitian, berolahraga, terutama berjalan dan berlari tanpa alas kaki, bisa membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Hal ini karena saat kamu berlari tanpa mengenakan sepatu, kamu akan menggunakan otot tambahan di kaki dan tungkai untuk menyeimbangkan tubuh. Dengan demikian, otot-otot kaki menjadi lebih kuat dan tubuh pun menjadi lebih seimbang. Selain itu, berolahraga tanpa alas kaki juga bisa mengurangi pembekuan dan pengentalan darah yang merupakan penyebab utama penyakit jantung.

Bahaya Berolahraga Tanpa Sepatu

Namun demikian, kamu sangat tidak disarankan berolahraga tanpa alas kaki. Berikut alasannya:

1. Kaki Jadi Mudah Cedera

Ketika kamu berlari atau melompat saat berolahraga, kaki akan mengalami banyak hentakan. Bila kamu tidak mengenakan sepatu, bukan tidak mungkin akan ada pembuluh darah yang dipenuhi oleh sel darah yang menjadi rusak. Akibatnya, kaki kamu akan terasa nyeri dan mudah keseleo.

2. Kapalan

Dampak lainnya yang akan kamu rasakan bila berolahraga tanpa alas kaki adalah kulit kaki akan menebal atau kapalan. Kapalan merupakan respon tubuh untuk melindungi diri dari kerusakan. Kapalan yang muncul pada kaki tentu akan membuatmu tidak nyaman, bahkan mengganggu saat berjalan.

3. Kaki Tertusuk Benda Tajam

Tanpa alas kaki, kakimu tidak memiliki pelindung. Hal ini akan sangat berbahaya bila kamu berolahraga di luar ruangan, karena benda-benda tajam yang ada di jalan bisa menancap dan melukai kaki. Jadi, sebaiknya gunakanlah sepatu bila ingin jogging atau berjalan santai di luar rumah.

4. Mudah Terserang Kuman Penyakit

Berolahraga di dalam ruangan pun bisa menjadi berbahaya bila kamu tidak menggunakan alas kaki. Hal ini karena lantai tempat kamu berolahraga penuh dengan kuman dan bakteri. Kuman pun dapat dengan mudah masuk melalui kaki yang tidak terlindungi alas kaki bisa menyebabkan kamu mudah terserang penyakit.

Pentingnya Menggunakan Alas Kaki yang Tepat

Jadi, agar tidak mengalami 4 bahaya di atas, kamu dianjurkan untuk selalu menggunakan sepatu setiap berolahraga. Jangan mengenakan sembarangan sepatu, tapi pilihlah sepatu yang tepat yang sesuai dengan jenis olahraga yang akan kamu lakukan. Pasalnya, beda jenis olahraga membutuhkan alas kaki yang berbeda pula. Misalnya, hindari menggunakan sepatu lari biasa untuk bermain sepakbola. Saat bermain sepakbola, sepatumu akan mengalami banyak tekanan, apalagi bila kamu bermain di permukaan yang kasar seperti lapangan dengan rumput artifisial. Jadi, kenakanlah sepatu khusus sepakbola untuk mengurangi tekanan di kakimu dan juga agar terhindar dari bahaya olahraga tanpa sepatu.

Mengenakan sepatu yang tepat juga akan menghindarkanmu dari beberapa cedera yang mungkin terjadi saat berolahraga seperti shin splints, tendonitis achilles, dan lepuhan di kaki yang menyakitkan saat kaki melangkah.

Jadi, jangan malas untuk menggunakan sepatu ya setiap berolahraga. Bila kamu terluka saat berolahraga, kamu bisa membeli obat-obatan yang kamu butuhkan lewat aplikasi Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order saja lewat fitur Apotik Antar dan pesananmu akan tiba dalam waktu satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: